PEMBELAJARAN ANAK TUNA RUNGU DENGAN METODE KOMUNIKASI VISUAL

Naning Juniarti, Adriani Rahma Pudyaningtyas, Nurul Kusuma Dewi

Abstract

Komunikasi visual diartikan sebagai proses penyampaian informasi menggunakan elemen-elemen visual, seperti gambar, grafik, diagram, peta, simbol, warna, dan elemen visual lainnya, tanpa ketergantungan pada kata-kata atau teks. Tujuan dari komunikasi visual adalah untuk menyampaikan pesan atau informasi dengan jelas, efektif, dan mudah dipahami melalui elemen-elemen visual. Penelitian ini meneliti komunnikasi visual yang digunakan untuk pembelajaran anak tuna rungu di KB Smart Preshool Solo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengumpulkann data dari anak tuna rungu, guru dan kepala sekolah. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Uji validitas penelitian ini meggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teori. Hasil dari penelitian ini yaitu implementasi meode komunikasi visual di KB Smart Preschool Solo sangat membantu anak tuna rungu untuk memahami materi pembelajaran dan meningkatkan kemampuan bahasa, kognitif dan soaial anak.

Keywords

Komunikasi Visual; Pembelajaran Anak Tuna Rungu; Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References

Aisyah Siti, D. (2010). Perkembangan Dan Konsep Dasar Perkembangan Anak. Universitas Terbuka.

Dewantara, K. (2013). Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Yogyakarta: UST Press

Fadlillah, M. (2014). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Isjoni. (2011). Cooperative Learning: Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Bandung: Alfabeta.

Jannah, M., & Hasanah , U. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B Di Paud Terpadu Teratai Unm Makassar. Jurnal Instruksional.

Kenney, K. (2021). Visual Communication Research Designs. New York: Routledge.

Rahardjo, M. (2012). Triangulasi Dalam Penelitian Kualitatif. Http://Mudjiarahardjo.Com/Artikel/270.Html?Task=View

Smith, E, Thavamani, P, Ramadass, K, Naidu, R, Srivastava, P, & Megharaj, M. (2015). Remediation trials for hydrocarbon-contaminated soils in arid environments: evaluation of bioslurry and biopiling techniques. Int Biodeterior Biodegradation

Sofia, H. (2011). Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departeen Pendidikan Nasional.

Supriyanto, A. (2012). Efektivitas Penggunaan Model Kooperatif Dengan Model Bamboo Dancing (Tari Bambu) Untuk Peningkatan Hasil Belajarsiswa Materi Ekosistem Kelas VII B SMP Negeri 2 Toroh Tahun Ajaran 2012/2013. Abstrak Hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah.

Wardani, D. (2015). Pengantar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Tangerang: Universitas Terbuka.

Wiyani, N. A., & Barnawi. (2012). Format PAUD Konsep, Karakteristik & Implementasi Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.