EFEKTIVITAS KEGIATAN KIRIGAMI TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI
Abstract
Tujuan dari penelitian adalah guna mengetahui efektivitas dari kegiatan kirigami pada motorik halus anak 5-6 tahun. Jenis penelitian memakai jenis kuantitatif dengan desain quasi experimental design dengan tipe non equivalent control group design. Sampel gunakan di penelitian ada 46 anak yang terbagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kontrol. Sedangkan pengujian hipotesis memakai uji Independent Sample T-Test. Dari hasil penelitian mengungkapkan bahwa motorik halus anak di usia 5-6 tahun TK Al-Furqoon untuk kelompok eksperimen hasilnya lebih tinggi jika dibandingkan kelompok kontrolnya. Kelompok eksperimen mendapatkan rata-rata 8,14, untuk kelompok kontrol reratanya adalah 7,47. Hasil uji Independent Sample T-Test posttest sebagai uji hipotesis di kelompok eksperimen dan kontrol nilai t-hitungnya yaitu -2,920 dan lebih tinggi dari nilai t-tabel 2,015. sehingga hasilnya yang signifikan. Dapat dikatakan bahwa terdapat efektivitas pengaruh kegiatan kirigami terhadap kemampuan motorik halus di TK Al-Furqoon untuk anak 5-6 tahun.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dewi, M. M., Manuaba, I. B. S., & Agustika, G. N. S. (2019). Pengaruh Kirigami Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B1 Di TK Ikal Widya Kumara Sidakarya Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(1), 90. https://doi.org/10.23887/paud.v7i1.18762
Hasan. (2012). Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press.
Martyana, R., & Diana. (2018). The Effectiveness of the Application of Batik Jumputan Skill to Improve Fine Motor Skill of Mild Intellectually Disabled Children in Special Schools throughout Semarang City. BELIA: Early Childhood Education Papers, 7(2), 120–126.
Ningsih, A. S., & Simatupang, D. (2021). Pengaruh Penerapan Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5 – 6 Tahun di PAUD Harapan Kita. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 6(1), 26.
Rakimahwati, R., Lestari, N. A., & Hartati, S. (2018). Pengaruh Kirigami Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 102–110.
Setyorini, E., Hafidah, R., Pudyaningtyas, A. R. (2015). Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kirigami Pada Anak Kelompok B2 TK ABA Thoyibah Banyuanyar Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal UNS, 1(1), 1-10.
Slamet., Suwarto. (2007). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian. Surakarta: UNS Press.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Metods). Bandung: Alfabeta.
Ulfa, A. (2021). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Berbagai Kegiatan. Skripsi. Banda Aceh: UIN Ar-Raniry Darussalam.
Refbacks
- There are currently no refbacks.