HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian anak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak berusia 5-6 tahun dan orang tua di PAUD IT Nur Hidayah Surakarta. Sedangkan untuk sampelnya merupakan seluruh populasi. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yakni non probability sampling dengan jenis sampling jenuh. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara dan kuesioner. Validitas instrumen berdasarkan pertimbangan expert judgement dan bantuan SPSS 25 for Windows. Reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha. Uji hipotesis menggunakan uji korelasi Spearman Rank dengan taraf signifikansi sebesar 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pola asuh demokratis, otoriter, permisif dengan kemandirian anak yang ditunjukkan dari hasil uji korelasi masing-masing sebesar 0,844, 0,764, 0,780 dengan signifikansi kurang dari 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa ketiga pola asuh memiliki hubungan dengan kemandirian anak. Sehingga bisa dikatakan bahwa pola asuh merupakan satu dari beberapa faktor yang mempengaruhi kemandirian anak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Daviq, C. (2019). Analisis Kemandirian Anak Usia Dini. Paud Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 1–9. Http://Proceedings.Kopertais4.Or.Id/Index.Php/Ancoms/Article/View/68
Dilanti, M. R. F., Sari, D. N., & Nasution, A. S. (2020). Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Sosialisasi Dan Kemandirian Anak Usia 3-6 Tahun. Jurnal Bidan Pintar, 1(1), 1. Https://Doi.Org/10.30737/Jubitar.V1i1.746
Hendri. (2019). Peran Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Konsep Diri Pada Anak. At-Taujih : Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(2), 56. Https://Doi.Org/10.22373/Taujih.V2i2.6528
Malik, L. R., Kartika, A. D. A., & Saugi, W. (2020). Pola Asuh Orang Tua Dalam Menstimulasi Kemandirian Anak Usia Dini. Southeast Asian Journal Of Islamic Education, 3(1), 97–109. Https://Doi.Org/10.21093/Sajie.V3i1.2919
Manurung, K. (2022). Menelisik Kontribusi Ayah Dalam Mengajarkan Kemandirian Pada Anak. Edulead: Journal Of Christian Education And Leadership, 3(1), 61–77. Https://Doi.Org/10.47530/Edulead.V3i1.95
Nurfitri, T. (2021). Pola Asuh Demokratis Dalam Menumbuhkan Kemandirian Anak. 7(1), 2581–0413.
Rahmawati, A., Fajrianthi, F., & Purwono, U. (2022). The Psychometric Properties Of Parenting Styles And Dimensions Questionnaire-Short Form In Indonesia. International Journal Of Evaluation And Research In Education, 11(1), 42–50. Https://Doi.Org/10.11591/Ijere.V11i1.21650
Rakhmawati, I. (2015). Peran Keluarga Dalam Pengasuhan Anak. Jurnalbimbingan Konseling Isla, 6(1), 1–18.
Rujiah, R., Rahman, I. K., & Sa’diyah, M. (2023). Pembelajaran Kemandirian Untuk Anak Usia Dini. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 238–246. Https://Doi.Org/10.51169/Ideguru.V8i2.491
Silpasari, I. (2020). Hubungan Pola Asuh Otoriter Dengan Kemandirian Anak Usia Dini Di Jorong Atas Mesjid Bukit Sileh Kabupaten Solok. Seling Jurnal Program Studi Pgra , 6(1), 41–51.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.
Sunarty, K., & G. Dirawan. (2015). Development Parenting Model To Increase The Independence Of Children. International Education Studies, Viii, 107–113.
Yamin, M., & Sanan, J. (2013). Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. Gaung Persada (Gp) Press.
Yulion, M. M. (2014). Memahami Pengalaman Komunikasi Pengasuhan Anak Dalam Extended Family. 2(1).
Refbacks
- There are currently no refbacks.