PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN DI MASA COVID-19

Latifah Andriyani, Ruli Hafidah, Adriani Rahma Pudyaningtyas

Abstract

Pendidikan anak usia dini saat belajar di rumah di masa pandemi Covid-19 terlihat kurang bersemangat, anak inginnya bermain dan bermain, malas mengerjakan tugas dari yang diberikan oleh guru. Guru harus memiliki strategi yang tepat untuk membelajarkan anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran pada anak usia dini di masa pandemi Covid-19, kendala yang dihadapi dan solusinya. Penelitian ini dilaksanakan di TK Pertiwi 1 Cepokosawit Boyolali. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif yang dilaksanakan di lapangan. Sumber data primer diperoleh dari narasumber atau informan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang dimulai dari proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan strategi pembelajaran pada anak usia dini di masa pandemi Covid-19 di kelas B TK Pertiwi 1 Cepokosawit adalah dengan strategi pembelajaran daring dan luring. Strategi pembelajaran daring dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi Zoom dan Whatsapp. Zoom digunakan untuk menjelaskan materi pelajaran, Whatsapp digunakan untuk berkomunikasi dengan peserta didik dan orang tua mengenai jadwal, koordinasi, dan informasi lainnya. Selanjutnya guru menggunakan video pembelajaran yang diupload dan dibagikan melalui Whatsapp grup kelas. Penerapan strategi pembelajaran luring adalah dengan home visit yaitu kunjungan rumah yang dilaksanakan dua kali dalam seminggu dengan menerapkan protokol kesehatan; 2) Kendala yang dihadapi guru dalam penerapan strategi pembelajaran pada anak usia dini di masa pandemi dibagi menjadi dua yaitu kendala internal dan kendala eksternal. Kendala internal adalah kendala yang ada pada peserta didik, antara lain peserta didik malas belajar dan sering terlambat mengikuti pembelajaran daring dan pengumpulan tugas serta kendala dalam melaksanakan penilaian. Kendala eksternal datang dari luar sekolah yaitu: jaringan internet dan peran orang tua yang kurang maksimal. Solusi untuk mengatasi kendala yang muncul antara lain adalah: Solusi atas kendala internal: dengan memaksimalkan fungsi guru dan orang tua dalam menjalankan perannya sebagai motivator. Solusi atas kendala eksternal: meminta peserta didik bergabung dengan peserta didik lainnya lain yang daerahnya memiliki jaringan internet yang bagus kemudian berkomunikasi dengan orang tua agar tidak hanya menyerahkan tanggungjawab pendidikan anak kepada sekolah, namun bekerja sama dengan guru dalam mendampingi dan mengarahkan peserta didik untuk belajar.

Keywords

Strategi Pembelajaran; Anak Usia Dini; Covid-19

Full Text:

PDF

References

Ariadhy, S.Y., Nurohman, S, Arkum, D., Handini, W., & Ferdiana. (2020). Pelatihan pembelajaran jarak jauh di era pandemi covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat.3 (1).

Djaali. (2007). Psikologi pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Fadlilah, Azizah Nurul. (2021). Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 5 Issue 1 (2021)

Irasma., Maharani, Winarni Putri., & Fahira, Winda. (2021). Strategi menghidupkan motivasi belajar siswa selama pandemi covid-19. Riau Education Journal (REJ).1(1)

Kurniati, E. D. (2021). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241-255. doi:10.31004/obsesi.v5i1.541

Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Rosda Karya

Malyana, A. (2020). Pelaksanaan pembelajaran daring dan luring dengan metode bimbingan berkelanjutan pada guru sekolah dasar di teluk belitung utara bandar lampung, Jurnal Padagogia Jurnal IImiah Pendidikan Dasar Indonesia, 1 (2)

Masitoh,. Djoehaeri, Heny,. & Setiasih, O. (2007). Strategi pembelajaran TK. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka

Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi Dan Kominukasi. Bandung: Penerbit Alfabeta

Rosyid, Zaiful. (2018). Reward dan Punishment Dalam Pendidikan. Malang: Literasi Nusantara.

Rumbewas, S.S. (2018). Peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di sd negeri seribi. Jurnal EduMatSains, 2 (22)

Safriyani, Rizka., Wakhidah, Elfa Wahyu., & Supriyanto, Catur. (2021). Strategi pembelajaran daring anak usia dini pada masa pandemi covid-19. Musamus Journal of Primary Education, 2 (3).

Sardiman, AM. (2012). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Simanjuntak, S.Y dan Kismartini. (2020). Respon pendidikan dasar terhadap kebijakan pembelajaran jarak jauh selama pandemi covid-19 di jawa tengah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. 3 (6), DOI: 10.5281/zenodo.3960169

Shaleh, Abdul Rachman. (2005). Pendidikan Agama dan Pembangunan Watak Bangsa. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sofiana & Abdul. (2019). Pembelajaran daring kombinasi berbasis whatsapp pada kelas karyawan prodi teknik informatika universitas pgri madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika. 1 (8)

Slavin, Robert, E. (2011). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Jakarta: Indeks.

Suhendro, Eko. (2020). Strategi pembelajaran pendidikan anak usia dini di masa pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Din: Golden Age (JGA),5(3), DOI: https://doi.org/10.14421/jga.2020.53- 05

Uno, Hamzah B. (2019). Teori motivasi dan pengukurannya: analisis di bidang pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Wantah, J. Maria. (2005). Pengembangan Disiplin dan Pembentukan Moral Pada Anak Usia Dini. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional

Widyastuti, Ana. (2021). Optimalisasi pembelajaran jarak jauh (PJJ), Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Widyawati. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Educhild, Vol. 2 No. 1 Juni 2020.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.