PARTISIPASI ORANG TUA DALAM PENGENALAN LIERASI DIGITAL ANAK USIA DINI

Anita Handayani, Siti Wahyuningsih, Adriani Rahma Pudyaningtyas

Abstract


Literasi digital anak usia dini menjadi salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh generasi saat ini. Kemampuan ini berkaitan dengan penggunaan serta pemanfaatan teknologi yang tepat. Untuk dapat memberikan pemahaman tersebut, perlu adanya partisipasi dari orangtua. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui gambaran tingkat partisipasi orangtua dalam pengenalan literasi digital anak usia dini. penelitian ini merupakan penelitian survei. Sampel penelitian sebanyak 44 orangtua di kelurahan wonotolo dengan teknik purposive sampling dimana pengambilan sampel menggunakan kriteria tertentu. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan satu persatu pada orangtua. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan menyajikan histogram dan persentase. Partisipasi orangtua dalam pengenalan literasi digital anak usia 5-6 tahun ini memiliki 4 indikator yaitu, (1) menyesuaikan usia anak dengan kebutuhan terhadap akses teknologi (2) memasang aplikasi yang mendukung perkembangan anak (3) melakukan kegiatan edukasi dan asistensi terhadap perangkat teknologi (4) mengajarkan anak membuat konten. berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, partisipasi orangtua dalam pengenalan literasi digital anak usia 5-6 tahun dengan rincian 4,5% (2 orangtua) berada dalam kategori tinggi, 81,8% (36 orangtua) dalam kategori sedang, 13,6% dalam kategori rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat partisipasi orangtua dalam pengenalan literasi digital dalam kategori sedang. Hal tersebut dipengaruhi oleh adanya frekuensi pengenalan yang dilakukan orangtua.

Keywords


rtisipasi Orangtua; Literasi Digital; anak usia 5-6 tahun

rticle

References


Hasbi, M., Adiarti, W. S., Ritayani, U., Murtiningsih, & Rhayu, I. (2020). Toolkit Pemanfaatan Literasi Digital dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Irmayanti, Y., & Ruhaena, L. (2018). Peran orangtua dalam mendampingi penggunaan gawai pada anak usia prasekolah. (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Joyo, A. (2019). Literasi Digital Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Menulis. Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba) (pp. 245-255). Bengkulu: ejournal unib.

Karwati, L., Kurniawan, D., & Anggraeni,R. (2020). Pendampingan Orangtua pada Anak Pengguna Gawai di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Visi, 15(1), 33-40.

Kazakoff, E. R. (2014). Toward a Theory- Paradicated Definition of Digital Literacy for Early Childhood. Journal of youth development, 9(1),41-59. doi:10.5195/jyd.2014.71

Khansa. (2021, April 27). Universitas Gajah Mada. Retrieved from Universitas Gajah Mada: https://ugm.ac.id/id/berita/21063- pengasuhan-di-era-digital

Kurnia, N., & Wendratama, E. (2020). In N. Kurnia, E. Wendratama, W. M. Adiputra, & I. Poerwaningtias, Literasi Digital Keluarga Teori dan Praktik Pendampingan Orangtua terhadap Anak dalam Berinternet (pp. 118-122). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.resource for child care professionals. New Jersey: PEARSON Education, Inc.

Nasrullah, R., Aditya, W., P, T. I., Nento, M. N., Hanifah, N., Miftahussururi, & Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital: Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sujana, I. P. W. M., Sukadi, S., Cahyadi, I. M. R., & Sari, N. M.W. (2021). Pendidikan karakter untuk generasi digital native. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 518-524.

Trimuliana, I. (2022, Maret 14). Paudpedia. Retrieved from Paudpedia: https://paudpedia.kemdikbud.go.id/berita/pengenalan-literasi- digital-pada-anak-usia- dini?id=729&ix=47

Velez, A. P., Olivencia, J. J., & Zuazua,

I. I. (2017). The role of adults in children digital literacy. Procedia-Soaial and Behavioral Sciences(237), 887-892.




DOI: https://doi.org/10.20961/ecedj.v6i1.101759

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Early Childhood Education and Development Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Early Chilhood Education and Development Journal published by 

Departement of Teacher Training of Early Childhood Education 

Jalan Slamet Riyadi 449 Surakarta

Email: ecedjournal@gmail.com

Telp : (0271) 719 573

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License