PENGARUH PENERAPAN PRACTICAL LIFE SKILL TERHADAP SIKAP TANGGUNG JAWAB ANAK

Cindy Natasha, Anayanti Rahmawati, Jumiatmoko Jumiatmoko

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan practical life skill terhadap sikap tanggung jawab anak usia 56 tahun di TK Kristen Kerten Surakarta. Metode dalam penelitian ini adalah pre experiment dengan desain one group pretestposttest design. One group pretest-posttest design yang merupakan desain pra eksperimen dengan menggunakan satu kelompok observasi pada tahap pretest kemudian dilanjutkan pemberian treatment oleh peneliti dan dilakukan posttest untuk mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah diberikan treatment. Pengumpulan data menggunakan tes dan analisis data menggunakan Statistical Product and Service Solution (SPSS) 22 for windows teknik shapiro wilk dengan nilai signifikansinya > 0,05. Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Kristen Kerten Surakarta dengan jumlah sampel yang diambil yaitu 22 anak. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan antara hasil pretest dan posttest terdapat peningkatan sebesar 10,5% dari nilai rata-rata berkaitan dengan penerapan practical life skill terhadap sikap tanggung jawab anak usia 5-6 tahun di TK Kristen Kerten Surakarta.

Keywords


penerapan practical life skill; sikap tanggung jawab; anak usia 5-6 tahun

rticle

References


Aynur Gici Vatanseveri, E. A. (2019). A WAY TO TEACH PRACTICAL LIFE SKILLS IN SPECIAL EDUCATION: MONTESSORI PEDAGOGY. European Journal of Special Education Research.

Ernawati, N. (2018). Pembentukan Karakter Tanggung Jawab dan Kreativitas Melalui Ekstrakurikuler Marching Band. Universitas Islam Negeri Walisongo.

Gutek, G. L. (2013). Metode Maria Montessori. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Hastuti D. D., S. S. (2019). Tanggung Jawab Siswa dalam Pembelajaran Matematika SMA.

Khairiah, D. (2018). Assesmen Perkembangan Sosioemosional Anak Usia Dini. . Al Athfal : Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Usia Dini.

Lie, A. d. (2004). 101 Cara Membina Kemandirian dan Tanggung Jawab Anak.




DOI: https://doi.org/10.20961/ecedj.v6i1.101757

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Early Childhood Education and Development Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Early Chilhood Education and Development Journal published by 

Departement of Teacher Training of Early Childhood Education 

Jalan Slamet Riyadi 449 Surakarta

Email: ecedjournal@gmail.com

Telp : (0271) 719 573

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License