PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI PEMBUATAN HANDICRAFT DENGAN KERTAS KOKORU

Nur Widya Dwi Astutik, Adriani Rahma Pudyaningtyas, Nurul Shofiatin Zuhro

Abstract


Keterampilan abad 21 memiliki pengertian yang menekankan pada pola pikir yang kompleks, komunikasi, kolaborasi serta kreativitas dan inovasi. Keterampilan tersebut sangat penting diajarkan pada anak dalam pembelajaran di abad 21 ini. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses dan hasil belajar melalui kegiatan pembuatan handicraft menggunakan kertas kokoru guna meningkatkan kreativitas anak pada kelompok B TK Pertiwi Japanan 1. Subjek penelitian ini yaitu delapan anak yang terdiri dari tiga anak laki-laki dan lima anak perempuan. Metode penelitian ini mengacu pada model Penelitian Tindakan Kelas Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kreativitas anak melalui kegiatan pembuatan handicraft menggunakan kertas kokoru, dibuktikan dengan adanya peningkatan presentase ketuntasan kemampuan kreativitas yaitu pada pratindakan terdapat tiga anak tuntas atau setara dengan 37,5%, kemudian pada siklus I terdapat lima anak tuntas atau setara dengan 62,5%, dan pada siklus II terdapat sebanyak enam anak tuntas atau setara dengan 75%.

Keywords


kemampuan kreativitas; handicraft; anak usia 5-6 tahun

rticle

References


Asmariani, A. (2016). KONSEP MEDIA PEMBELAJARAN PAUD. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban. https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.108

Astuti, R., & Aziz, T. (2019). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Integrasi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta. 3(2), 294–302. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.99

Asuhan, P., & Taman, A. G. (2017). Pengembangan Kreativitas Anak Asuh melalui Handycraft. Engagement : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 65–76.

Hendraningrat, D., & Fauziah, P. Y. (2019). Implementasi Kegiatan Menggulung, Menggunting, Menempel (3M) Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Bermain Kertas Kokoru Pada Kelompok B1 Di Paud Seroja Iman Samarinda. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 109–116. https://doi.org/10.17509/cd.v10i2.17381

Ie, M., & Tunjungsari, H. K. (2020). Kreativitas dan Inovasi Bidang Kerajinan untuk Mengembangkan Jiwa Wirausaha Siswa Creativity and Innovation in Making Handicraft Products for Developing Students Entrepreneurship Spirit. 4(1), 93–100.

Kenedi, K. (2017). Pengembangan Kreativitas Siswa Dalam Proses Pembelajaran di Kelas II SMP Negeri 3 Rokan IV Koto. Suara Guru, 3(2), 329-348.

Kusumawardani, R., Rosidah, L., Wardhani, R. D. K., & Raharja, R. M. (2018). Profil Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 13(1), 11–16. https://doi.org/10.21009/jiv.1301.2

Munandar, U. (2009). Pengembangan Kreatifitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurjanah, N. E. (2020). Pembelajaran stem berbasis loose parts untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini. Jurnal audi: jurnal ilmiah kajian ilmu anak dan media informasi paud, 5(1), 19-31.

Nursisto, Kiat Menggali Kreativitas(Mitra Gama Widya, Yogyakarta, 2015)

Potensia, J. I. (2019). Accepted: July 4. 4(2), 78–86.

Rawat, A. (2016). Assessing the needs of the learner through maslow’s model of self-actualization. The International Journal of Humanities & Social Studies,4(10), 132-135. http://theijhss. com/2016-2/october-16

Suryani, R. (2014). Kerajinan Kokoru untuk Anak. Yogyakarta: Arcitra.

USAID. (2009). Final Report Of Handicrafts Market Demand Analysis, United States Agency for International Development Alaa Qattan, Market Analyst, SABEQ March 12, 2009

Zubaidah, S., & Malang, U. N. (2017). Keterampilan abad ke-21: keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. June.




DOI: https://doi.org/10.20961/ecedj.v6i1.101752

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Early Childhood Education and Development Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Early Chilhood Education and Development Journal published by 

Departement of Teacher Training of Early Childhood Education 

Jalan Slamet Riyadi 449 Surakarta

Email: ecedjournal@gmail.com

Telp : (0271) 719 573

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License