EFEKTIVITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN STEAM TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA ANAK USIA DINI

Vera Risqi, Anayanti Rahmawati, Nurul Shofiatin Zuhro

Abstract


Pendekatan pembelajaran STEAM adalah pendekatan pembelajaran yang memadukan berbagai bidang ilmu yaitu science, technology, engineering, arts, dan mathematic yang dapat mendorong anak untuk selalu ingin mencari tahu dan sifatnya dekat dengan diri anak, serta membantu anak memperoleh keterampilan  berpikir kritis, memecahkan masalah, dan kerjasama. pendekatan pembelajaran ini dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan bekerjasama anak. Kemampuan kerjasama merupakan aktivitas bekerja secara bersama-sama dalam sebuah kelompok untuk mencapai tujuan bersama. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan pembelajaran STEAM terhadap kemampuan kerjasama anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan pre-experimental designs dengan bentuk one group before-after (pretest-posttest) design. Teknik uji validitas dalam penelitian ini menggunakan uji validitas konstruksi. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan statistic parametrik Uji T dengan paired sample t-test. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pendekatan pembelajaran STEAM efektif dalam meningkatkan kemampuan kerjasama anak usia 5-6 tahun, terlihat pada peningkatan nilai rata-rata pretest dan posttest. Hasil yang awalnya sebesar 20,07 meningkat menjadi 42,67. Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa pendekatan pembelajaran STEAM dapat  meningkatkan kemampuan kerjasama anak usia 5-6 tahun.

Keywords


Kerjasama; Pendekatan Pembelajaran STEAM; Anak Usia 5-6 tahun

rticle

References


Astuti, T. Y. (2014). Meningkatkan kemampuan kerjasama melalui permaianan puzzle berkelompok di Rhaudhatul Athfal Masyithoh Kantongan kelompok A. Universitas Negeri Yogyakarta, 19.

Azzahro, N. L. (2019). implementasi model pembelajaran sentra balok dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal anak usia dini di tkit 1 qurrota a’yun ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Hidayati, N. (2022). Pembelajaran STEM Di Sekolah Dasar. Primary, 1, 83–85.

Maharani, C. (2021). Implementasi Metode Steam Di Taman Kanak-Kanak. 3, 1–10.

Novitasari, N. (2022). abad ke 21 . Keterampilan disiplin ilmu STEAM yang dikenal dengan bagaimana penyesuaian. 6(1), 69–82.

Nurinayah, A. Y., Nurhayati, S., & Wulansuci, G. (2021). Penerapan pembelajaran STEAM. Jurnal Ceria, 4(5), 504–511.

Putri, S. U., & Taqiudin, A. A. (2021). Steam-PBL: Strategi Pengembangan Kemampuan Memecahkan Masalah Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 856–867. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1270

Rochmawati, I., Sutarto, J., & Anni, catharina tri. (2020). Pengembangan Model Cooperative Learning Melalui Chained Games untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Anak Usia 5-6 Tahun. PRESCHOOL: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 22–31. https://doi.org/10.35719/preschool.v1i1.3

Septiani, I., & Kasih, D. (2021). Implementasi metode STEAM terhadap kemandirian anak usia 5-6 tahun di Paud Alpha Omega School. Jurnal Jendela Pendidikan, 01(September), 192–199.

Sjöberg, J., & Brooks, E. (2022). Collaborative interactions in problem-solving activities: School children’s orientations while developing digital game designs using smart mobile technology. International Journal of Child-Computer Interaction, 33, 100456. https://doi.org/10.1016/j.ijcci.2022.100456

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RnD. Alfabeta CV.

Tabiin, A. (2020). Implementation of steam method (science, technology, engineering, arts and mathematics) for early childhood developing in kindergarten mutiara paradise pekalongan. Early Childhood Research Journal (ECRJ), 2(2), 36-49.

Thuneberg, H. M., Salmi, H. S., & Bogner, F. X. (2018). How creativity, autonomy and visual reasoning contribute to cognitive learning in a STEAM hands-on inquiry-based math module. Thinking Skills and Creativity, 29(April), 153–160. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2018.07.003

Veldman, M. A., Doolaard, S., Bosker, R. J., & Snijders, T. A. B. (2020). Young children working together. Cooperative learning effects on group work of children in Grade 1 of primary education. Learning and Instruction, 67(July 2019), 101308. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2020.101308




DOI: https://doi.org/10.20961/ecedj.v5i3.101743

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Early Childhood Education and Development Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Early Chilhood Education and Development Journal published by 

Departement of Teacher Training of Early Childhood Education 

Jalan Slamet Riyadi 449 Surakarta

Email: ecedjournal@gmail.com

Telp : (0271) 719 573

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License