ANALISIS KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA ANAK USIA DINI

Ayu Putri Nurjanah, Ruli Hafidah, Vera Sholeha

Abstract


Kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia dini adalah kemampuan anak mengenal, menunjuk, menyebut serta mengumpulkan benda yang ada di sekitar anak berdasarkan bentuk geometri. Kemampuan mengenal bentuk geometri dapat dikembangkan dimulai dari kemampuan mengenali bentuk, menyelidiki bangunan, memisahkan gambar, serta belajar konsep spasial atau letak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun serta menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Penelitian ini termasuk kategori deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di TK Gugus Matahari Colomadu Karanganyar pada anak usia 4-5 tahun. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling total atau sensus. Populasi dan sampel penelitian adalah anak usia 4-5 tahun dengan jumlah 36 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, observasi, dan wawancara dengan guru dan orang tua. Teknik uji validitas instrumen penelitian menggunakan validitas isi dan konstruk berupa uji validitas dan reliabilitas instrumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif persentase yaitu untuk mendeskripsikan status variabel kemudian menyajikannya dalam bentuk persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun di TK Gugus Matahari Colomadu Karanganyar termasuk pada kriteria BSH (Berkembang Sesuai Harapan) namun terdapat perbedaan skor antara data kuesioner guru dan orang tua. persentase data guru 74.04% dan data orang tua 71.03%.

Keywords


Kemampuan Mengenal Bentuk; Bentuk Geometri; Anak Usia 4-5 Tahun

rticle

References


Afriani, D., Febrialismanto, & Puspitasari, E. (2021). Pengembangan media cacing magnet geometri game untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2013), 1890–1899.

Cania, S., Novianti, R., & Chairilsyah, D. (2020). Pengaruh media glowing city terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 3(1), 53–60. https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.54

Dewi, E. Y. P. (2019). Kemampuan mengenal bentuk geometri melalui permainan balok anak usia dini. Journal on Early Childhood Education Research (JOECHER ), 1(1), 32–45.

Hasbi, M. (2016). Cerdas bermain matematika (edithole (ed.)). PP PAUD dan DIKMAS JAWA BARAT.

Isnawati, A. N. A., Jayanti, D. D., & Luthfillah, M. (2020). Pengaruh penggunaan media menara geometri dalam meningkatkan kemampuan mengenal warna dan bentuk geometri anak usia dini. SAWABIQ: JURNAL KEISLAMAN, 1, 1–10.

Kemendikbud. (2014). Permendikbud no. 146 tahun 2014. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2014). pendidikan dan kebudayaan no 137, 2014. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Markovits, Z., & Patkin, D. (2020). Preschool in-service teachers and geometry: attitudes, beliefs and knowledge. International Electronic Journal of Mathematics Education, 16(1), em0619. https://doi.org/10.29333/iejme/9303

Pangastuti, R. (2019). Media puzzle untuk mengenal bentuk geometri. Journal of Early Childhood Education and Development, 1, 50–59.

Reys, R. E., Roggers, A., Bennett, S., Cooke, A., Robson, K., & Ewing, B. (2017). Helping children learn mathematics (second). John Wiley & Sons Australia, Ltd.

Rusdiyanti, A., Solfiah, Y., & Kurnia, R. (2020). Pengembangan media getar (geometri putar) untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 145–152. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp

Sa’ida, N. (2021). Pemahaman konsep geometri aud pada pembelajaran berbasis steam. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(1), 1–7.

Safira, & Fidesrinur. (2018). Peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri melalui maze geometri pada anak usia 4-5 tahun. Jurnal AUDHI, 1(1), 1–9.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d (Sutopo (ed.); Kedua). Alfabeta.

Triharso, A. (2013). Permainan kreatif dan edukatif untuk anak usia dini. CV Andi Offset.

Ubaidillah, U. (2020). Pengembangan minat belajar kognitif pada anak usia dini. JCE (Journal of Childhood Education), 3(1), 41. https://doi.org/10.30736/jce.v2i2.66




DOI: https://doi.org/10.20961/ecedj.v5i3.101742

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Early Childhood Education and Development Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Early Chilhood Education and Development Journal published by 

Departement of Teacher Training of Early Childhood Education 

Jalan Slamet Riyadi 449 Surakarta

Email: ecedjournal@gmail.com

Telp : (0271) 719 573

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License