ANALISIS KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN

Frisma Fani Rahmawati, Anayanti Rahmawati, Novita Eka Nurjanah

Abstract


Anak usia dini disebut juga sebagai masa golden age atau masa emas yang hanya terjadi satu kali sepanjang hidup. Anak di masa golden age ini memiliki kemampuan yang perlu dikembangkan, salah satunya ialah kemandirian. Kemandirian pada anak tidak hanya berlaku untuk masa kini, akan tetapi berpengaruh penting dalam masa depan mereka saat dewasa nanti. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif untuk mengetahui kemandirian anak usia 5-6 tahun di Kampung Plaosan Kelurahan Purworejo dengan memperhatikan 7 indikator kemandirian pada anak usia dini. Populasi dan sampel pada penelitian adalah anak usia 5-6 tahun berjumlah 35 anak di Kampung Plaosan Kelurahan Purworejo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase deskriptif. Hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa secara umum kemandirian anak usia 5-6 tahun di Kampung Plaosan Kelurahan Purworejo pada kriteria BSB (Berkembang Sangat Baik) namun terdapat perbedaan skor antara data kuisioner dari orang tua dan data kuisioner dari guru. Persentase data dari orang tua 78,47% dan data dari guru 77,57%.


Keywords


Kemandirian; Anak Usia 5-6 Tahun; Kampung Plaosan

Full Text:

PDF
rticle

References


Ali, M., & Asrori, M. (2016). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Asdiqoh, S. (2018). Peran Orang Tua dalam Pemahaman Etika Sosial Anak. Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2), 307. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i2.3477

Chairilsyah, D. (2019). Analisis Kemandirian Anak Usia Dini. Paud Lectura, 3(2), 1–9. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v3i01.3351

Dzhorova, B. G. (2020). The preschool child: Initiative, active and independent. March, 215–226. https://doi.org/10.32591/coas.e-conf.04.19215d

Ellis, Masluyah, & Halida. (2015). Peningkatan Disiplin Diri melalui Metode Pembiasaan Membuang Sampah bagi Anak Usia 4-5 Tahun di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(6), 1–12. https://doi.org/10.26418/jppk.v3i6.5676

Fajriani, Citra, and Selia Dwi Kurnia. 2020. “Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia Dini Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Nurul Yaqin Desa Uloe Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone” 2 (2).

Green, C. (n.d.). A Sense of Autonomy in Young Children’s Special Places. International Journal for Early Childhood Environmental Education, 1(1).

Hurlock. (1991). Perkembangan Anak. Erlangga.

Mahfira, A., R, M., & Amalia, A. (2022). Strategi Menanamkan Peduli Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islam Al-Kautsar Pontianak Selatan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 11, 2664-2670. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i11.59347

Nasution, R. A. (2017). Penanaman Disiplin dan Kemandirian Anak Usia Dini dalam Metode Maria Montessori. Jurnal Raudhah, 05(02), 11. https://doi.org/10.30829/raudhah.v5i2.179

Nugraha, D., Apriliya, S., & Veronicha, R. K. (2017). Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 1(1), 30–39. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7158

Nurhafifah, & Nafiqoh, H. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter bagi Anak Usia Dini di TK Islam Terpadu Bina Insan Cendikia Cimahi. Jurnal Ceria, 2(2), 7–14. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i5.p251-262

Permatasari, D. I., Sholihah, I. P., & Rahayu, Y. (2023). Peranan Guru dalam Mengatasi Anak Pemalu di RA Darussalam Pangandaran. Edu Happiness (Jurnal Ilmiah Perkembangan Anak Usia Dini), 2(1), 16–22. https://ejournal.alfarabi.ac.id/index.php/jos/article/view/118

Puryanti, I. (2013). Hubungan Kelekatan Anak Pada Ibu Dengan Kemandirian Di Sekolah. Skripsi UNNES, 84. http://lib.unnes.ac.id/18687/1/1601408012.pdf (diakses pada 12/11/2018)

Rantina, M. (2015). Peningkatan Kemandirian melalui Kegiatan Pembelajaran Practical Life (Penelitian Tindakan di TK B Negeri Pembina Kabupaten Lima Puluh Kota, Tahun 2015). Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(2), 181–200. https://doi.org/10.21009/JPUD.091

Ratana, V., Sukodoyo, & Dewi, S. (2020). Pembentukan Budi Pekerti di Taman Kanak-Kanak Vidya Dharma Kabupaten Semarang. Jurnal Pencerahan, 13(1), 1–52. https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukatin, Karmila, P., Marini, Hidayah, R. N., Nursavitri, R., & Pratiwi, S. V. (2019). Mendidik Kemandirian Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Bunayya, VI, 172–184. https://doi.org/10.22373/bunayya.v6i2.7344

Wiyani, N. A. (2012). Bina Karakter Anak Usia Dini: Panduan Orangtua dan Guru dalam Membentuk Kemandirian dan Kedisiplinan Anak Usia Dini. Ar-Ruzz Media.

Wong, M. S., Mangelsdorf, S. C., & Charney, S. L. (2020). Independence/Dependence. In Encyclopedia of Infant and Early Childhood Development. Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-809324-5.21209-1

Yamin, M., & Sanan, J. S. (2012). Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. Gaung Persada Press Group.




DOI: https://doi.org/10.20961/ecedj.v5i1.101722

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Early Childhood Education and Development Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Early Chilhood Education and Development Journal published by 

Departement of Teacher Training of Early Childhood Education 

Jalan Slamet Riyadi 449 Surakarta

Email: ecedjournal@gmail.com

Telp : (0271) 719 573

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License