HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA DENGAN KEMANDIRIAN ANAK DINI

Dyah Kesuma Ratri, Siti Wahyuningsih, Warananingtyas Palupi

Abstract


Kemandirian anak usia dini bukan dibawa sejak lahir melainkan dibentuk, diantara banyak faktor yang berpengaruh pola asuh yang diterapkan orang tua menjadi salah satunya. Tingkat kemandirian anak dipengaruhi oleh pola asuh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pola asuh demokratis orang tua dengan kemandirian anak usia dini. Penelitian ini dilaksanakan bulan Mei hingga Juni 2022 dengan 76 sampel anak dan guru kelompok B di Gugus Dewi Sartika, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen. Pengambilan data menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada orang tua dan guru kelas. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Uji prasyarat dan uji hipotesis merupakan dua komponen teknik analisis data. Uji prasyarat terdiri dari uji normalitas dan uji linieritas. Uji hipotesis menggunakan pengujian Spearman Rank Corelation. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola asuh demokratis orang tua berpengaruh terhadap kemandirian anak. Hasil uji hipotesis Spearman Rank Corelation sebesar 0,043 < 0,05, artinya hipotesis diterima yaitu adanya hubungan antara pola asuh demokratis orang tua dengan kemandirian anak usia 5-6 tahun di Gugus Dewi Sartika, Kebumen.

Keywords


Pola Asuh Demokratis; Kemandirian Anak; Anak Usia 5-6 Tahun

Full Text:

PDF
rticle

References


Asrori, & Ali. (2015). Psikologi remaja: perkembangan peserta didik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Baumrind, D. (1967). Child care practices anteceding three patterns of preschoolbehavior. Genetic Psychology Monographs, 43-88.

Damayanti, D. (2014). Panduan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Araska.

Ekawati, A. V. (2018). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kecerdasan Emosi Anak usia 5-6 Tahun. Skripsi.

Enterprise, J. (2014). MySQL. untuk Pemula. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Harlock, B. E. (1978). Perkembangan anak jilid 2. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kanisius. (2006). Membuat prioritas, melatih anak mandiri. Yogyakarta: Pustaka Familia.

Komala. (2015). Mengenal dan mengembangkan kemandirian anak usia dini melalui pola asuh orang tua dan guru. Tunas Siliwangi, 31-45.

Krisdiantini, A., Setyoboedi, B., & Krisnana, I. (2020). The Relationship Between Parenting Style and Children's Development Aged Pre-School. Inddonesian Midwifery and Healty Sciences Journal, Vol 4 No.4, 386-394.

Marrison, G. (2012). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Edisi Kelima. (F. Dewi, T. Indeks, Eds., S. Romadhona, & A. Widiastuti, Trans.) Jakarta Barat: PT Indeks.

Muslich, H. (2011). Pendidikan karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Papalia. (2015). Human development. Jakarta: Pernadamedia Group.

Permendikbud. (2014). Tentang kurikulum 2013 pendidikan anak usia dini. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Puspitasari, D. (2014). Strategi peningkatan kemandirian anak usia dini di TK Dharma Wanita Brumbung. UIN Maulana Ibrahim Malang.

Rahmawati, A., Fajrianthi, & Purwono, U. (2022). The psychometric properties of parenting styles and dimensions questionnaire-Short from (PSDQ-SF) in Indonesia. International Journal of Evaluation and Research in Eduational (IJERE), Vol.11(1), 42-50.

Robinson, C. (1995). Authoritative, Authoritarian, And Permissive Parenting Practice: Development Of A New Measure. Psycological Report, Vol 77, 819-830.

Ruswaraditra, C. (2008). Pola Asuh Pembina Terhadap Santri di Pondok Pesantren Darul Arqom Muhammadiyah Garut. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Santrock, J.W. (2007). Child development. New York: McGraw-hill.

Smith, H. (1986). Personality Development. USA: Mc.Graw-Hill, Inc.

Soetjiningsih, C. (2014). Perkembangan anak sejak pembuahan sampai dengan masa kanak-kanak akhir. Jakarta: Prenada.

Sunarty, K., & Dirawan, G. (2015). Development Parenting Model to Increase the independence of children. International Education Studies, VIII, 107-113.

Tridhonanto. (2014). Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini (Strategi Membangun Karakter Di Usia Emas). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Wiyani, N. (2014). Bina Karakter Anak Usia Dini: Panduan Orang Tua dan Guru Dalam Membentuk Kemandirian dan Kedisiplinan Anak. . Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Yamin, M., & Sanan, J. (2013). Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.




DOI: https://doi.org/10.20961/ecedj.v5i2.101709

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Early Childhood Education and Development Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Early Chilhood Education and Development Journal published by 

Departement of Teacher Training of Early Childhood Education 

Jalan Slamet Riyadi 449 Surakarta

Email: ecedjournal@gmail.com

Telp : (0271) 719 573

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License