MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MODEL DIRECT INSTRUCTION BERMEDIA FLASHCARD

Sinta Dwi Harjanti, Anayanti Rahmawati, Novita Shofiatin Zuhro

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model direct instruction bermedia flashcard terhadap kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di BA Aisyiyah Kepoh Cangkol. Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang karena selama ini model pengajaran hanya menggunakan LKA dan papan tulis. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B BA Aisyiyah Kepoh Cangkol yang berjumlah 16 anak terdiri dari 3 anak laki-laki dan 13 anak perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan membaca permulaan anak menggunakan model direct instruction bermedia flashcard. Model yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B BA Aisyiyah Kepoh. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil pratindakan anak yang tuntas hanya sebesar 12%, hasil siklus I secara klasikal anak yang tuntas sebesar 31%, dan pada siklus II secara klasikal anak yang tuntas sebesar 75%. Keberhasilan tersebut karena pengaruh penggunaan model direct instruction bermedia flashcard.

Keywords

Kemampuan Membaca Permulaan; Direct Instructio; Flashcard

Full Text:

PDF

References

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2016). Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak. Volume 1.

Chaer, Abdul. (2010). Kesantunan Berbicara. Jakarta: Rineka Cipta

Matin, R. H., Ety Rohaety, E., & Nuraeni, L. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Pop-Up Book Anak Usia Dini Pada Kelompok B Untuk Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal Di Tk Nusa Indah. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(2), 49. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i2.p49-56

Listriani, A., Hapidin, H., & Sumadi, T. (2020). Kemampuan keaksaraan anak usia 5-6 tahun dalam penerapan metode spalding di tk quantum indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 591-198.

Salmiati dan Samsuri. (2018). Penerapan Media Flash Card dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok A Paud Di Kabupaten Aceh Besar. Buah Hati, Vol.5(2), 118–126. https://buahhati.stkipgetsempena.ac.id/?journal=home&page=article&op=view&path%5B%5D=64&path%5B%5D=55

Patelin, I. B. (2014). Assessment of prereading competence. Journal of Contemporary Educational Studies. (2), 24-41

Widyaningrum, H. K., & Hasanudin, C. (2019). Kajian Kesulitan Belajar Membaca Menulis Permulaan (MMP) di Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 8(2), 189–199. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i2.2219

Setyowati, E. (2014). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulan Melalui Permainan Kotak Misteri pada Anak. Jurnal Ilmiah PG-PAUD IKIP Veteran Semarang. Semarang: IKIP Veteran.

Mahsun, M., & Koiriyah, M. (2019). Meningkatkan Keterampilan Membaca melalui Media Big Book pada Siswa Kelas IA MI Nurul Islam Kalibendo Pasirian Lumajang. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 2(1), 60. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v2i1.361

Fahrurrozi. (2017). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Pendekatan Whole Language. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(1), 165–180 https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.072

Guswarni, E. (2014). Peningkatan Kemampuan Membaca Awal Anak Melalui Permainan Kartu Gambar di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembinaan Agama. Jurnal Pesona PAUD. Padang: Universitas Negeri Padang.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional RI

Trianto. 2015. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara

Asmonah, S. (2019). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan model direct instruction berbantuan media kartu kata bergambar. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 29–37. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26682

Evaria., Abbas, A., & Muhammad, H. (2020). Efektivitas Model Direct Instruction dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa SMA Negeri 1 Batauga Memahami Nilai Folklore Wandiudiu. Hasanudin University. DOI:10.13140/RG.2.2.34205.95206.

Fathurrahman, Muhammad. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta; Ar Ruzz Media.

Hayati, F., & Hanum, C. F. (2017). Persepsi Guru PAUD terhadap Kegiatan Bermain Peran Sebagai Stimulasi Kemandirian Anak Usia Dini. Jurnal Buah Hati, 4(2).

Noviana, (2020). Analisis Media Pembelajaran Flash Card Untuk Anak Usia Dini. Journal PAUD, Vol 1 No 1. h. 39.

Arikunto, Suharsmini. (2012). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2015). Model Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Tampubolon, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga

Refbacks

  • There are currently no refbacks.