PEMANFAATAN MEDIA BELAJAR SCRATCHJR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH ANAK KELOMPOK B
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media belajar ScratchJr terhadap kemampuan pemecahan masalah pada anak usia 5-6 Tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Populasi anak dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelompok B yang berusia 5-6 tahun di TK Kristen Kerten, Laweyan, Surakarta. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 10 anak. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan total sampling, sedangkan untuk pengumpulan data menggunakan unjuk kerja dan validasi instrumen menggunakan teknik analisis expert judgment. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran menggunakan media ScratchJr dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada anak kelompok B TK Kristen Kerten. Penggunaan media belajar ScratchJr pada siklus 1 menunjukkan hasil yang positif dibandingkan dengan hasil pra tindakan dimana persentase kemampuan anak untuk aktif mengamati saat demonstrasi kegiatan pembelajaran meningkat sebanyak 10%, aktif bertanya mengenai kegiatan pembelajaran meningkat sebanyak 10%, aktif bereksperimen saat kegiatan pembelajaran meningkat sebanyak 10%, memiliki banyak ide dalam pemecahan masalah meningkat sebanyak 30%, serta menerapkan ide baru dalam pemecahan masalah meningkat sebanyak 40%. Penggunaan media belajar ScratchJr pada siklus 2 menunjukkan hasil yang positif dibandingkan dengan hasil dari siklus 1 dimana persentase kemampuan anak untuk aktif mengamati saat demonstrasi kegiatan pembelajaran meningkat sebanyak 20%, aktif bertanya mengenai kegiatan pembelajaran meningkat sebanyak 30%, aktif bereksperimen saat kegiatan pembelajaran meningkat sebanyak 40%, memiliki banyak ide dalam pemecahan masalah meningkat sebanyak 30%, serta menerapkan ide baru dalam pemecahan masalah meningkat sebanyak 30%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Beaty, J. J. (2013). Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. (A. K. Anwar, Ed.) (7th ed.). Jakarta: Kencana.
Fessakis, G., Gouli, E., & Mavroudi, E. (2013). Computers & Education Problem solving by 5 – 6 years old kindergarten children in a komputer programming environment : A case study. Komputers & Education, 63, 87–97. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2012.11.016
Hasbi, M., Nugraha, A., Mumpuni, N. D., Mudarwan, Warsito, I. H., Koesomawardani, L., & Widiyawati, E. (2020). Konsep Pembelajaran Coding serta Peran PTK, Orang Tua, Mitra dan Komunitas dalam Penerapan Pembelajaran Coding di Satuan PAUD. Jakarta: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kalogiannakis, M., & Papadakis, S. (2017). A proposal for teaching scratchjr programming environment in preservice kindergarten teachers. ESERA 2017 Conference, hlm. 1–4. Dublin : University of Crete Diperoleh 7 Oktober 2021, dari http://www.academia.edu/downl oad/54775692/ESERA2017_027 7_paper.pdf%0Ahttps://www.res earchgate.net/publication/320546 761
Nikiforidou, Z., & Pange, J. (2010). “Shoes and squares”: A computer-based probabilistic game for preschoolers. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 3150–3154. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.480
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Perlman, R. (1976). Using Computer Technology to Provide a Creative Learning Environment for Preschool Children. MIT. Retrieved from http://18.7.29.232/handle/1721.1/5784
Rohani. (2019). Media Pembelajaran. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Smith, E. E., & Kosslyn, S. M. (2014). Psikologi Kognitif: Pikiran dan Otak. (Setyaningrum, Ed.) (1st ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Strawhacker, A., & Bers, M. U. (2018). Promoting Positive Technological Development in a Kindergarten Makerspace : A Qualitative Case Study. European Journal of STEAM Education, 3 (3), 1-21. DOI: 10.20897/ejsteme/3869
Syaodih, E., Setiasih, O., Romadona, N. F., & Handayani, H. (2018). Pengembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia Dini Dalam Pembelajaran Proyek di Taman Kanak-kanak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(1), 29–36.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Usman, M. B., & Asnawir. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Delia
Citra Utama.
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016, 1, 263–278. https://doi.org/ISSN 2528-259X
Zubaidah, S. (2017). Keterampilan abad ke-21: keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. In Isu-isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21 (pp. 1–17). Sintang: Universitas Negeri Malang. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/318013627%0AKETERAMPILAN
DOI: https://doi.org/10.20961/ecedj.v4i3.101486
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Early Childhood Education and Development Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Early Chilhood Education and Development Journal published by
Departement of Teacher Training of Early Childhood Education
Jalan Slamet Riyadi 449 Surakarta
Email: ecedjournal@gmail.com
Telp : (0271) 719 573

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License