HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA 4-5 TAHUN

Dinda Maria Jairomarta, Nurul Kusuma Dewi, Vera Sholeha

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan hubungan antara perkembangan sosial anak antara usia 4-5 dengan pengasuhan demokratis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi antara dua variable. Populasi penelitian ini terdiri dari anak usia 4-5 tahun kelompok A di TK Aisyiyah Kecamatan delanggu Kabupaten Klaten sebanyak 114 anak dan 114 orang tua. Sampel yang dipilih dalam penelitian ini terdiri dari 89 anak dan 89 orang tua. Pengambilan sampel menggunakan metode proporsional random sampling dan metode pengumpulan data berbasis kuesioner. Uji validitas konstruk digunakan untuk mengetahui validitas instrumen. Analisis data untuk pengujian hipotesis dengan pearson product moment. Pada tarag signifikasi 0,05 dengan menggunakan spss 25 for windows, studi ini menemukan hubungan positif dan signifikan antara pola asuh demokratis dan perkembangan sosial anak antara usia 4 dan 5 tahun. Dari hasil terlihat koefisien korelasi sebesar 0,472 dan nilai signifikasi dalam uji hipotesis sebesar 0,000<0,05 hal ini dapat diartikan bahwa setiap kali pola asuh diterapkan maka perkembangan social anak akan meningkat. Sehingga dapat dijelaskan bahwa pola asuh demokratis merupakan salah satu faktor perkembangan social anak.


Keywords


Pola asuh demokratis; Perkembangan Sosial; Anak usia dini

Full Text:

PDF
rticle

References


Mansur (2009). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Jakarta: Pustaka Belajar.

Septiari, Betty Bea. (2012). Mencetak Balita Cerdas dan Pola Asuh Orang Tua. Yogyakarta: Nuha Medika.

Sugiono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D, Penerbit Alfabeta Bandung

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Suteja, Jaja. Yusriah. (2018). Dampak pola asuh orang tua Terhadap perkembangan sosial-emosional Anak. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 3 No. 1

Syahrul, S., & Nurhafizah, N. (2022). Analisis Pola Asuh Demokratis terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5506–5518. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.1717

Syamsu Yusuf. (2012). Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.20961/ecedj.v4i3.101485

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Early Childhood Education and Development Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Early Chilhood Education and Development Journal published by 

Departement of Teacher Training of Early Childhood Education 

Jalan Slamet Riyadi 449 Surakarta

Email: ecedjournal@gmail.com

Telp : (0271) 719 573

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License