PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA ANAK KELOMPOK B DI TK BA AISYIYAH SIDOWAYAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai penerapan pembelajaran matematika yang ada di TK BA Aisyiyah Sidowayah Tahun Ajaran 2022/ 2023. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskiptif dengan desain penelitian fenomenologi. Responden dalam penelitian ini adalah guru kelompok B dan Kepala sekolah. Teknik pengambilan data yang diterapkan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran matematika pada anak usia 5-6 tahun di TK BA Aisyiyah Sidowayah memiliki berbagai komponen yang diperhatikan oleh guru mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan penialain pembelajaran anak yang dipantau setiap minggu oleh guru dan kepala sekolah melalui hasil laporan minguan. Guru juga memperhatikan terkait cakupan dalam pembelajaran matematika yang berkaitan dengan materi pembelajaran, media, dan metode yang langsung memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah. Peran guru dan sekolah sangatlah penting dalam pengelolaan kelas dan mengkomunikasikan kebutuhan anak dengan tuntutan dari orang tua. Sehingga penerpan pembelajaran yang diberikan kepada anak dapat memaksimalkan potensi dan kemampuan matematika anak tanpa adanya paksaan dan tekanan terhadap capaian yang harus anak capai.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afriyanti, I., Wardono, & Kartono. (2018). Pengembangan Literasi Matematika Mengacu PISAMelalui Pembelajaran Abad Ke-21 Berbasis Teknologi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, PRISMA 1 (2018).
Ariyana, I.K.S. (2022). Pentingnya Membelajarkan Konten Aljabar dan Keterampilan Berpikir Aljabar Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika (PEMANTIK), Vol. 2 (1) (1 Maret 2022), ISSN: 2797-9547.
Fitrianingtyas, A. (2021). Konsep Dasar Matematika Anak Usia Dini. Kampus Merdeka, Kemendikbud.
Hanline, M.F., Milton, S. & Phelps, P.C. (2014). The Relationship Between Preschool Block Play and Reading and Maths Abilities in Early Elementary School: A Longitudinal Study Of Children With And Without Disabilities. Early Child Development and Care, Vol. 180, No. 8, September 2010, 1005–1017.
Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.
Kemendikbud. (2021). Buku Saku Pengembangan Numerasi Untuk Anak Usia 5-6 Tahun.
Mutiara, S. & Agustin, M. (2017). Profil Kompetensi Early Math Usia 5-6 Tahun (Studi Deskriptif Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Az-Zahra Kota Bandung). Golden Age, Vol. 1, No.1, Juni 2017.
Nguyen, T., Watts, T., W., Duncan, G.J., Clements, D. H., Sarama, J.S., Wolfe, C. & Spitler, M.E. (2016). Which preschool mathematics competencies are most predictive offifth grade achievement?. Early Childhood Research Quarterly, 36 (2016), 550–560.
Papandreou, M. & Tsiouli, M. (2020). Noticing and Understanding Children’s Everyday Mathematics During Play In Early Childhood Classrooms. International Journal of Early Years Education, ISSN: 0966-9760.
Purnama, S. & Multahada, A. (2016). Variasi Media dalam Mengajarkan Calistung di Raudlatul Athfal Babul Jannah Sambas. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 2 (2), 2016.
Rahayu, N. (2018). Pembelajaran Calistung bagi Anak Usia Dini Learning of “Calistung” (Reading, Writing, and Calculating) for Early Childhood. Aṭfāluna: Journal of Islamic Early Childhood Education, Vol. 1 (2), Desember 2018.
Rosenfeld, D., Dominguez, X., Liorente, C., Pasnik, S., Moorthy, S., Hupert, N., Gerard, S., & Vidiksis, R. (2019). A curriculum supplement that integrates transmedia to promote earlymath learning: A randomized controlled trial of a PBS KIDS intervention. Early Childhood Research Quarterly, 49 (2019) 241–253.
Sari, S.I. (2016). Studi Eksperimen Kemampuan Penjumlahan dan Pengurangan Sederhana Melalui Metode Jarimatika Usia 5-6 Tahun di TK Pertiwi 07.1 Kudus. Skripsi Universitas Negeri Semarang.
Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. CV. Alfabeta: Bandung.
Utoyo, S. (2017). Metode Pengembanagan Matematika Anak Usia Dini. Ideas: Gorontalo.
Refbacks
- There are currently no refbacks.