PENGARUH KEGIATAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN COLOR BY NUMBERS TERHADAP KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK
Abstract
Color by numbers adalah kegiatan belajar dan bermain dengan cara memberi warna pada setiap bagian sesuai dengan angka yang sudah diatur. Media yang digunakan dalam memberi warna tidak hanya menggunakan alat pewarna seperti pensil warna atau krayon, tetapi juga dapat menggunakan alat yang menghasilkan warna lainnya seperti kertas origami, cat warna, sedotan warna, pasir warna, dan masih banyak lagi. Kegiatan pembelajaran ini dapat memberi pengaruh dalam peningkatan kecerdasan visual spasial anak usia dini. Kecerdasan visual spasial adalah proses anak dalam berpikir melalui imajinasi visual seperti gambar, bentuk, dan warna yang kemudian diolah dan ditampilkan kembali dalam bentuk gambar untuk menyelesaikan masalah. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu adakah pengaruh dari kegiatan pembelajaran yang menggunakan color by numbers terhadap kecerdasan visual spasial anak. Penelitian menggunakan within-subject design dengan sampel sebanyak 22 anak di kelompok B. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dengan cara memberi nilai melalui checklist. Peneliti dalam melakukan uji hipotesis menggunakan paired sample t-test serta uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini bahwa adanya pengaruh yang signifikan dalam kegiatan pembelajaran menggunakan color by numbers terhadap kecerdasan visual spasial dengan nilai rata-rata pretest 61,5 dan posttest 79,2, sedangkan untuk hasil hipotesis menunjukan signifikan p < 0,05. Peningkatan kecerdasan visual spasial ini ditunjukan ketika anak mampu membedakan jenis-jenis warna, mengenal angka, mengurutkan angka, mengaplikasikan warna, memberi warna sesuai dengan urutan nomor, memberi warna dengan rapi, menebak gambar, dan menyelesaikan gambar. Oleh karena itu hipotesis dapat diterima dan penelitian dapat dikatakan berhasil.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afifah, E. N., Lita, & Hidayanti, M. (2020). Meningkatkan kecerdasan visual spasial anak melalui kegiatan menggambar bebas di kober mia husada kecamatan kertajati kabupaten majalengka. Seminar Nasional Pendidikan , 1032 - 1045 .
Amini, N. (2022). Penerapan permainan balok dalam mengembangkan kecerdasan visual spasial anak usia dini. Jurnal El-Audi , 91-105.
Anggraini, A., Sit, M., & Basri, M. (2022). Mengembangkan kecerdasan visual spasial anak melalui kegiatan kolase pada anak usia dini. Jurnal Pelita PAUD, 248–254.
Armstrong, T. (2017). Multiple intelligences in the classroom (4rd ed.). Alexandria, VA: Association for Supervision & Curriculum Development.
Fasrita, Salmina, M., & Nurtiani, A. T. (2020). Efektivitas kegiatan menggambar terhadap kecerdasan visual Spasial anak kelompok Tk B di Paud Mina Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 21-27.
Gardner, H. (2011). Frames of mind: the theory of multiple intelligences. New York: Basics.
Haas, S. C. (2003). Algebra for gifted visual-spatial learners, gift. Educ. Commun, 30–31,42–43.
Heuvel, J. v., & Kierstead, H. (2021). Uniform Ordering for Generalized Coloring Numbers. European Journal of Combinatorics, 91-104
Kahl, T., Segerer, R., Grob, A., & M¨ohring, W. (2022). Bidirectional associations among executive functions, visual-spatial skills, and mathematical achievement in primary school students: insights from a longitudinal study. Cognitive Development, 101-149.
Liu, S.,Wei, W., Hugo, Y. C., & Zhao, J. (2021). Visual-spatial ability predicts academic achievement throught arithmetic and reading abilities. Froniers in Psychology, 308-319
Margara, D. (2020). Geometric color by number: ocean life. Meneola, New York:Dover Publications.
Masruroh, Mawarsari, V. D., & Purnomo, E. A. (2020). Pengembangan Media Pop-up Book Geometri untuk Meningkatkan KEcerdasan Visual Spasial dan Logika Matematika Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Unimus, 1625.
Putriana, Dini and Sit, Masganti and Basri, Muhammad. (2022). Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Melalui Kegiatan Bermain Maze. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6 (1). pp. 7-14. ISSN 2580-5843.
Roberta, Majidatun, Tasdin, Uswatun, D. M., Rahmawida, et al. (2021). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Media Sains Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.20961/ecedj.v4i2.101479
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Early Childhood Education and Development Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Early Chilhood Education and Development Journal published by
Departement of Teacher Training of Early Childhood Education
Jalan Slamet Riyadi 449 Surakarta
Email: ecedjournal@gmail.com
Telp : (0271) 719 573

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License