MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI ALAT PERMAINAN EDUKATIF FLANNEL BOARD

Anisa Setya Karlina Ningsih, Nurul Kusuma Dewi, Nurul Shofiatin Zuhro

Abstract


Kemampuan mengenal huruf ialah kemampuan dasar yang diperlukan anak pada aspek perkembangan bahasa. Penelitian dengan tujuan yaitu meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal huruf melalui alat permainan edukatif (APE) flannel board. Penelitian dilakukan di TK Ngargoyoso 02 dengan subyek anak usia 4-5 tahun berjumlahkan 15 anak. Penelitian dilaksanakan pada bulan September. Jenis penelitian merupakan penelitian tindakan kelas dengan metode kualitatif dan kuantitatif menerapkan model Kemmis dan Mc Taggart. Sumber data penelitian yaitu sumber data primer terdiri dari anak. Sumber data sekunder terdiri dari guru, dokumentasi dan perangkat pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk data kualitatif yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, selanjutnya untuk data kuantitatif yaitu menggunakan tes. Teknik uji validitas diperoleh dari tringulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif komparatif dan teknik analisis data kualitatif dengan model interaktif. Indikator dalam penelitian ini meliputi: 1) Mengucapkan bunyi huruf; 2) Mengidentifikasi simbol huruf; 3) Menulis huruf.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan mengenal huruf mengalami peningkatan secara klasikal pada pratindakan diperoleh hasil 33,3%. Pada siklus I meningkat persentasenya yaitu 58%. Meningkat kembali pada siklus II yaitu 82,3%. Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan anak mampu mengucapkan huruf, mampu mengidentifikasi simbol huruf dan mampu menulis huruf, dalam hal ini adanya perbedaan kegiatan pembelajaran mengenal huruf vokal terlebih dahulu lalu dilanjutkan huruf konsonan awal dan konsonan akhir. Kesimpulan pada penelitian ini bahwa melalui alat permainan edukatif (APE) flannel board dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak usia 4-5 tahun.


Keywords


anak usia dini; kemampuan mengenal huruf; APE flannel board

Full Text:

PDF
rticle

References


Arikunto, S., & Safruddin, A.J. Cepi. (2018). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Fahmi, Chamidah, dkk. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Panduan Lengkap dan Praktis (A. H. Prasetyo, Ed.). CV. Adanu Abimata. https://penerbitadab.id

Fazriah, S. N., Darmiyanti, A., & Riana, N. (2021). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui APE Permainan Kotak Huruf Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 86–95. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.7376

Hasanah, L., & Nurhasanah, A. (2018). Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penggunaan Media Papan Flanel Anak Usia 4-5 Tahun. Bekasi: Bani Saleh

Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu APE Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press

Jones, C. D., Clark, S. K., & Reutzel, D. R. (2013). Enhancing Alphabet Knowledge Instruction: Research Implications and Practical Strategies for Early Childhood Educators. Early Childhood Education Journal, 41(2), 81–89. https://doi.org/10.1007/s10643-012-0534-9

Madyawati, L (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Kencana

Mulyasa, E (2012). Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosda Karya

Mutiah, Diana. (2015). Psikologi bermain anak usia dini. Jakarta: Prenada Media Group

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 146 Tahun 2014 tentang kurikulum 2013 PAUD

Rahardjo, R. (2011). Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo

Seefeldt, C., & Wasik, B.A., (2008). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Index Jakarta

Sulistyo, E.T, Sunarmi & Widodo, J. (2017). Media Pendidikan dan Pembelajaran Kelas. Surakarta: UNS

Suryana, Dadan. (2021). Pendidikan Anaka Usia Dini: Pendidikan Anak Usia Dini Teori & Praktik Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Sutjipto, Bambang. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Zaini, A. (2019). Bermain sebagai Metode Pembelajaran bagi Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 3(1), 118. https://doi.org/10.21043/thufula.v3i1.4656.

Zaman, B., dkk. (2012). Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: UT




DOI: https://doi.org/10.20961/ecedj.v4i2.101478

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Early Childhood Education and Development Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Early Chilhood Education and Development Journal published by 

Departement of Teacher Training of Early Childhood Education 

Jalan Slamet Riyadi 449 Surakarta

Email: ecedjournal@gmail.com

Telp : (0271) 719 573

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License