ANALISIS KEMAMPUAN GERAK DASAR ANAK PADA PEMBELAJARAN ASPEK MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI
Abstract
Kemampuan gerak dasar adalah gerakan khusus yang berkembang pada masa kanak-kanak meliputi gerak lokomotor, nonlokomotor dan manipulatif. Keterampilan gerak dasar menjadi bekal bagi anak untuk melakukan keterampilan olahraga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan gerak dasar anak pada pembelajaran aspek motorik kasar anak usia 5-6 tahun di Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif survei. Teknik sampling yang digunakan adalah sesuai dengan keputusan kemendikbud dengan rasio 1:15 antara pendidik dan siswa dengan teknik simple random sampling. Sampel penelitian adalah 137 anak dengan usia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik uji validitas menggunakan validitas isi dan uji coba dengan taraf signifikansi 5% dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan nilai > 0,6. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif denskriptif dengan bantuan SPPS Statistics 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan kemampuan gerak dasar anak pada pembelajaran aspek motorik kasar anak usia 5-6 tahun di Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta berada pada kategori BSH (Berkembang Sesuai Harapan).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Beaty, J. J. (2013). Observasi Perkembangan Anak Usia Dini (7th ed.). Kencana Prenadamedia Group
Decaprio, R. (2013). Aplikasi Teori Pembelajaran Motorik Di Sekolah . DIVA Press.
Hendra, J., & Putra, G. I. (2019). Mengembangkan Keterampilan Gerak Dasar Manipulatif bagi Anak Melalui Permainan Olahraga di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 438–444. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/miki/article/download/8739/6697
Indrijati, H., Dkk. (2017). Psikologi Perkembangan & Pendidikan Anak Usia Dini. Kencana
Irsakinah, & Yaswinda. (2021). Gambaran Keterampilan Gerak Dasar Anak di Taman Kanak-Kanak Sani Ashilla II Padang. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(2), 99–108. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia
Jukic, I., Prnjak, K., Zoellner, A., Tufano, J. j, Sekulic, D., & Salaj, S. (2019). The Importance of Fundamental Motor Skills in Identifying Di ff erences in Performance Levels of U10 Soccer Players. Sport 2019, 7(178), 1–11. https://doi.org/doi:10.3390/sports7070178
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Permendikbud No. 137 Tahun 2014. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kostelnik, M. J, Soderman, A.K., Whiren, A.P (2017). Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Perkembangan Anak: (Developmentall Appropriate Practices). Kencana
Nahriyah, S. (2018). Tumbuh Kembang Anak Di Era Digital. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 4(1), 65–74. https://doi.org/10.5281/zenodo.3552008
Nugroho, I. F., Abidin, R., & Veronica, N. (2022). Pengaruh Tari Giring-Giring untuk Meningkatkan Motorik Kasar pada Anak Kelompok A TK Aisyiyah Butanul Athfal Bereng Bengkel. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 8(2), 118–130.
Palmer, K. K., Chinn, K. M., & Robinson, L. E. (2019). The effect of the CHAMP intervention on fundamental motor skills and outdoor physical activity in preschoolers. Journal of Sport and Health Science, 8(2), 98–105. https://doi.org/10.1016/j.jshs.2018.12.003
Papalia, D. E., Old, S. W.,& Feldman, R. D. (2013). Human Development (Psikologi perkembangan) (Edisi Kesembilan). Kencana Prenada Media Group
Platvoet, S., Pion, J., de Niet, M., Lenoir, M., Elferink-Gemser, M., & Visscher, C. (2020). Teachers’ perceptions of children’s sport learning capacity predicts their fundamental movement skill proficiency. Human Movement Science, 70(February), 102598. https://doi.org/10.1016/j.humov.2020.102598
Rismayanthi, C. (2013). Mengembangkan Keterampilan Gerak Dasar Sebagai Stimulasi Motorik Bagi Anak Taman Kanak-Kanak Melalui Aktivitas Jasmani. 9(April).
Robinson, L. E., Palmer, K. K., & Meehan, S. K. (2017). Dose-response relationship : The Effect of Motor Skill Intervention Duration on Motor Performance. Journal of Motor Learning and Development, 0 https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1123/jmld.2016-0004
Sultoni, K., Suherman, A., & Wibowo, R. (2018). Increasing Gross Motor Skill Through Fundamental Skill Development Program. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 7(1), 39–43. https://doi.org/10.15294/active.v7i1.21415
Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak (Edisi Kesebelas). Erlangga
Shafizadeh, M., Parvinpour, S., Balali, M., Pazhuh, F. S., & Broom, D. (2021). Effects of locomotion task constraints on running in boys with overweight/obesity: The mediating role of developmental delays. Gait and Posture, 86(43), 354–359. https://doi.org/10.1016/j.gaitpost.2021.04.012
Wasenius, N. S., Grattan, K. P., Harvey, A. L. J., Naylor, P., Goldfield, G. S., & Adamo, K. B. (2018). The effect of a physical activity intervention on preschoolers ’ fundamental motor skills — A cluster RCT. Journal of Science and Medicine in Sport, 21(7), 714–719. https://doi.org/10.1016/j.jsams.2017.11.004
Webster, E. K., Martin, C. K., & Staiano, A. E. (2019). Fundamental motor skills, screen-time, and physical activity in preschoolers. Journal of Sport and Health Science, 8(2), 114–121. https://doi.org/10.1016/j.jshs.2018.11.006
Wick, K., Nico, C. S. L., Thomas, D. M., Ott, L. V, Rebholz, C. E., Cruz, S., Gerber, N., Schmutz, E. A., Puder, J. J., Munsch, S., Kakebeeke, T. H., Wick, K., Radtke, T., & Gerber, N. (2017). Interventions to Promote Fundamental Movement Skills in Childcare and Kindergarten : A Systematic Review and Meta-Analysis. Sports Medicine. https://doi.org/10.1007/s40279-017-0723-1
Wulandari, M., & Asmawi, M. (2021). Hubungan Status Gizi dan Aktivitas Bermain melalui Keterampilan Gerak Dasar Anak Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1706–1717. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.965
Zeng, N., Johnson, S. L., Boles, R. E., & Bellows, L. L. (2019). Social-ecological correlates of fundamental movement skills in young children. Journal of Sport and Health Science, 8(2), 122–129. https://doi.org/10.1016/j.jshs.2019.01.001
DOI: https://doi.org/10.20961/ecedj.v4i1.101477
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Early Childhood Education and Development Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Early Chilhood Education and Development Journal published by
Departement of Teacher Training of Early Childhood Education
Jalan Slamet Riyadi 449 Surakarta
Email: ecedjournal@gmail.com
Telp : (0271) 719 573

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License