EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS ANAK USIA DINI

Lisa Fauziah, Ruli Hafidah, Nurul Kusuma Dewi

Abstract


Higher Order Thinking Skills (HOTS) merupakan aspek yang sangaat penting dalam kehidupan. Penelitian eksperimen ini bertujuan unuk menguji efektivitas pembelajaran Problem Based Learning terhadap Higher Order Thinking Skills anak usia 5-6 tahun. Higher Order Thinking Skills (HOTS) adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi yang perlu dimiliki anak dalam menanalisis, mengevaluasi, dan menciptakan yang sangat berguna bagi anak. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 90 anak usia 5-6 tahun di gugus II kecamatan Sawit. Sampel penelitian berjumlah 40 anak di TK Pertiwi Tegal Rejo dan TK Aisiyah Kemasan degan teknik pengambilan sampel purpossive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk mengukur HOTS anak. Uji normalitas dan homoenitas menggunakan Shapiro Wilk dan levene test for equality of variance. Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik parametrik dinyatakan data memenuhi taraf singnifikansi > 0,05 pada uji normalitas dan homogenitas. Uji hipotesis menggunakan independent sampel t-test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat efektivitas Problem Based Learning terhadap Higher Order Thinking Skills anak usia 5-6 tahun yang dibuktikan dengan adanya perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (ρ<0,05).


Keywords


problem based learning; HOTS; anak usia dini

Full Text:

PDF
rticle

References


Abosalem, Y. (2016). Assessment techniques and students’ higher-order thinking skills. International Journal of Secondary Education. Vol. 4, No. 1, 2016, pp. 1-11.

Afandi & Sajidan. (2018). Stimulasi keterampilan berpikir tingkat tinggi: konsep dan implementasinya dalam pembelajaran abad 21. Surakarta: UNS Press.

Aqib, Zainal. 2014. Model-model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Arends, R. I. (2012). Learning to teach. Edisi ke-9. New York: McGraw-Hill.

Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan. (2018). Buku pegangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

OECD (2018). PISA 2018 Result. Paris: OECD Publishing.

Ersoy, E., & Baser, N. (2013). The effects of problem-based learning method in higher education on creative thinking. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116(2014) 3494 – 3498.

Hidayati, A. U. (2017). Melatih keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam pembelajaran matematika pada siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Volume 4 Nomor 2 Oktober 2017.

Jailani,J., Sugiman, S., & Apirno, Ezi. (2017). Implementing the problem-based learning in order to improve the students hots and characters. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, Volume 4 Nomor 2 Halaman 247-259.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (2015). Buku pedoman kurikulum 2013 PAUD. Jakarta.

Kwangmuang, Parama., Jarutkamolpong, Suwisa., & Sangboongraung, Watcharee. (2021). The development of learning innovation to enhance higher order thinking skills for students in thailand. Heliyon, 7 (2021).

Noma, L. D., Prayitno, B. A., & Suwarno. (2016). Problem based learning to improve hots of high school students. BIOEDUKASI ,Volume 9, Nomor 2 Halaman 62-66

Nugroho, R. A. (2018). Hots: kemampuan berpikir tingkat tinggi: konsep, pembelajaran, penilaian dan soal-soal. Jakarta: Grasindo

Ramli, M. (2015). Implementasi riset dalam pengembangan higher order thinking skills pada pendidikan sains. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS) 2015.

Sa’ida, N., Kurniawati, T., & Wahono. (2017). Problem based learning sebagai upaya pengenalan konsep pengukuran pada anak usia dini. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 3 Nomor 3c Desember 2017.

Saifer, S. (2018). High order thinking skill: develop higher-order thinking on young learner. St. Paul: Redleaf Press.

Siegler, R. S., & Alibali, M. W. (2005). Children’s thinking. New Jersey: Pearson.




DOI: https://doi.org/10.20961/ecedj.v3i3.101472

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Early Childhood Education and Development Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Early Chilhood Education and Development Journal published by 

Departement of Teacher Training of Early Childhood Education 

Jalan Slamet Riyadi 449 Surakarta

Email: ecedjournal@gmail.com

Telp : (0271) 719 573

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License