MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA ANAK KELOMPOK B MELALUI KEGIATAN STRING ART

Ratnamuslihah Ratnamuslihah, Adriani Rahma Pudyaningtyas, Nurul Shofiatin Zuhro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B di TKIT Al Falaah Simo melalui kegiatan String Art. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah anak kelompok B kelas Abu Bakar yang berjumlah 22 anak. Objek penelitian adalah kemampuan motorik halus anak pada kemampuan meniru bentuk, menggunakan alat tulis dengan benar, dan eksplorasi berbagai media dan kegiatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, unjuk kerja, dan dokumentasi. Teknik uji validasi dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Indikator kemampuan motorik halus dalam penelitian ini adalah meniru bentuk, menggunakna alat tulis dengan benar, dan eksplorasi berbagai media dan kegiatan. Penelitian ini dinyatakan berhasil apabila 75% dari subyek penelitian mencapai nilai 3 atau BSH. Hasil keseluruhan kemampuan motorik halus anak kelompok B kelas Abu Bakar TKIT Al Falaah Simo berada pada nilai 3 dalam kategori BSH (Berkembang Sesuai Harapan) sejumlah 8 anak dan nilai 4 dalam kategori BSB (Berkembang Sangat Baik) sejumlah 9 anak dari total 22 anak maka 17 anak mampu memenuhi indikator keberhasilan penelitian.


Keywords


Motorik halus; Anak; String Art

Full Text:

PDF
rticle

References


Asmariani, A. (2016). Konsep media pembelajaran paud. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1). https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.108

College Board. (2012). Child Development and Arts Education: A review of Current Research and Best Practices.

Darwati, D.-, & Hanita, H.-. (2018). Meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan kolase dengan bahan bulu ayam di tk tunas harapan tenggarong seberangtahun pembelajaran 2016/2017. Jurnal Warna : Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 2(1), 16–24. https://doi.org/10.24903/jw.v2i1.185

Ervin, A. (2020). String Art. The Ohio State University. https://ohio4h.org/sites/ohio4h/files/imce/books_resources/Self-Determined/e365-02%20String%20Art.pdf

Farhana, H. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Harapan Cerdas, 134.

Fitria, D., Wulan, D. S. A., & Yarshal, D. (2018). Pengaruh kegiatan handicraft terhadap motorik halus anak tk kelompok b di tk karunia kecamatan tuntungan. Jurnal Tarbiyah, 25(2). https://doi.org/10.30829/tar.v25i2.369

Ilahi, A. K. (2020). Perkembangan motorik halus pada anak usia dini melalui cipta karya. 6.

Khairi, H. (2018). Karakteristik perkembangan anak usia dini dari 0-6 tahun. 2, 14.

Sakre, T. (2020). Stimulasi seni dalam merangsang lima aspek perkembangan anak usia dini melalui permainan tradisional gedrik. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 16(29), 99–105. https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no29.a2597

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. ALFABETA.

Syamsudin, A., & Pamungkas, J. (2021). Implementasi Pembelajaran Seni Rupa PAUD di Masa Pandemi Covid-19. 10, 9.




DOI: https://doi.org/10.20961/ecedj.v3i3.101470

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Early Childhood Education and Development Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Early Chilhood Education and Development Journal published by 

Departement of Teacher Training of Early Childhood Education 

Jalan Slamet Riyadi 449 Surakarta

Email: ecedjournal@gmail.com

Telp : (0271) 719 573

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License