MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA ANAK KELOMPOK B MELALUI KEGIATAN STRING ART
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B di TKIT Al Falaah Simo melalui kegiatan String Art. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah anak kelompok B kelas Abu Bakar yang berjumlah 22 anak. Objek penelitian adalah kemampuan motorik halus anak pada kemampuan meniru bentuk, menggunakan alat tulis dengan benar, dan eksplorasi berbagai media dan kegiatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, unjuk kerja, dan dokumentasi. Teknik uji validasi dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Indikator kemampuan motorik halus dalam penelitian ini adalah meniru bentuk, menggunakna alat tulis dengan benar, dan eksplorasi berbagai media dan kegiatan. Penelitian ini dinyatakan berhasil apabila 75% dari subyek penelitian mencapai nilai 3 atau BSH. Hasil keseluruhan kemampuan motorik halus anak kelompok B kelas Abu Bakar TKIT Al Falaah Simo berada pada nilai 3 dalam kategori BSH (Berkembang Sesuai Harapan) sejumlah 8 anak dan nilai 4 dalam kategori BSB (Berkembang Sangat Baik) sejumlah 9 anak dari total 22 anak maka 17 anak mampu memenuhi indikator keberhasilan penelitian.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asmariani, A. (2016). Konsep media pembelajaran paud. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1). https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.108
College Board. (2012). Child Development and Arts Education: A review of Current Research and Best Practices.
Darwati, D.-, & Hanita, H.-. (2018). Meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan kolase dengan bahan bulu ayam di tk tunas harapan tenggarong seberangtahun pembelajaran 2016/2017. Jurnal Warna : Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 2(1), 16–24. https://doi.org/10.24903/jw.v2i1.185
Ervin, A. (2020). String Art. The Ohio State University. https://ohio4h.org/sites/ohio4h/files/imce/books_resources/Self-Determined/e365-02%20String%20Art.pdf
Farhana, H. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Harapan Cerdas, 134.
Fitria, D., Wulan, D. S. A., & Yarshal, D. (2018). Pengaruh kegiatan handicraft terhadap motorik halus anak tk kelompok b di tk karunia kecamatan tuntungan. Jurnal Tarbiyah, 25(2). https://doi.org/10.30829/tar.v25i2.369
Ilahi, A. K. (2020). Perkembangan motorik halus pada anak usia dini melalui cipta karya. 6.
Khairi, H. (2018). Karakteristik perkembangan anak usia dini dari 0-6 tahun. 2, 14.
Sakre, T. (2020). Stimulasi seni dalam merangsang lima aspek perkembangan anak usia dini melalui permainan tradisional gedrik. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 16(29), 99–105. https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no29.a2597
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. ALFABETA.
Syamsudin, A., & Pamungkas, J. (2021). Implementasi Pembelajaran Seni Rupa PAUD di Masa Pandemi Covid-19. 10, 9.
DOI: https://doi.org/10.20961/ecedj.v3i3.101470
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Early Childhood Education and Development Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Early Chilhood Education and Development Journal published by
Departement of Teacher Training of Early Childhood Education
Jalan Slamet Riyadi 449 Surakarta
Email: ecedjournal@gmail.com
Telp : (0271) 719 573

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License