PENERAPAN LIVING VALUES EDUCATIONAL PROGRAM (LVEP) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB ANAK

Fitri Nur Saktiyani, Ruli Hafidah, Nurul Kusuma Dewi

Abstract


Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun tidak disengaja. Tanggung jawab merupakan sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dilakukan terhadap diri sendiri, masyarakat, dan lingkungan (alam, sosial, dan budaya), negara, dan Tuhan YME. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tanggung jawab pada anak usia 5-6 tahun TK AISYIYAH 41 Tegalharjo. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus dengan setiap siklusnya terdiri atas tiga pertemuan. Subjek dalam penelitian anak usia 4-5 tahun jumlah 14 anak yang terdiri 8 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik uji validitas kualitatif menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan Living Values Educational Program (LVEP) dapat meningkatkan tanggung jawab anak dalam proses pembelajaran. Hasil peningkatan tanggung jawab pada siklus I diperoleh ketuntasan yang baik kemudian mengalami peningkatan pada siklus II yang tinggi dalam indikator mengerjakan tugas sampai tuntas, mampu meminta maaf ketika bersalah, dan menaati aturan kelas. Uraian tersebut disimpulkan bahwa penggunaan Living Values Educational Program (LVEP) dapat meningkatkan tanggung jawab anak usia 5-6 tahun TK AISYIYAH 41 Tegalharjo.

Keywords


Tanggung jawab; Living Values Educational Program (LVEP); anak usia 5-6 tahun

Full Text:

PDF
rticle

References


Kurniawan, S. (2013). Pendidikan Karakter: Konsepsi & Implementasi Secara Terpadu diLingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi & Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Williams, D. D., Yanchar, S. C., Jensen, L. C., & Lewis, C. (2003). Character education in a public high school: A multiyear inquiry into unified studies. Journal of Moral Education, 32(1), 3-33.

Depdiknas. (2014). Permendiknas Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Diane Tillman dan Diana Hsu. Living Values Education for Children. Jakarta: Grasindo, 2004.

Rahayu. (2020). Analisis Pendidikan Karakter Melalui Living Values Education (LVE) Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Penelitian, 07, 1305–1312

Arafik, M., 2010. Living Values Education Program dalam Pembelajaran Sastra Anak untuk Meningkatkan Nilai-Nilai Budi Pekerti Siswa SD. Tesis, tidak diterbitkan. Yogyakarta: PPs UNY.

Hassan K. and Kahil, R. (2005). The effect of “Living Values: An Educational Program” on behaviors and attitudes of elementary students in a private school in Lebanon. Early Childhood Education Journal, 33(2), 81-90.

Waidi. 2006. On Becoming A Personal Excellent. Jakarta: Grafindo.

Diane T & Pilar Quera C. (1994). Living values activities for children ages 3-7. Gramedia, Jakarta




DOI: https://doi.org/10.20961/ecedj.v2i3.101467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Early Childhood Education and Development Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Early Chilhood Education and Development Journal published by 

Departement of Teacher Training of Early Childhood Education 

Jalan Slamet Riyadi 449 Surakarta

Email: ecedjournal@gmail.com

Telp : (0271) 719 573

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License