HUBUNGAN BIMBINGAN BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN ANAK KELOMPOK B
Abstract
Penelitian ini tujuannya untuk mengetahui hubungan bimbingan belajar dengan kemampuan menulis permulaan anak kelompok B. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi antar 2 variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelompok B di TK Aisyiyah Se-Kecamatan Delanggu Kabupaten Klaten yang berjumlah 196 anak dan 196 orang tua. Sampel yang terpilih dalam penelitian ini adalah 127 anak dan 127 orang tua. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Validitas instrument menggunakan uji validitas konstruk. Analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan pearson product moment. Dengan taraf signifikansi sebesar 0,05 menggunakan bantuan SPSS 25 for Windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan dari bimbingan belajar dengan kemampuan menulis permulaan anak kelompok B. Ditunjukkan dari hasil koefisien korelasi senilai 0,576 dan nilai signifikansi pada uji hipotesis adalah 0,000 < 0, 05. Hal ini dapat diartikan bahwa setiap kenaikan nilai bimbingan belajar makan akan diikuti dengan kenaikan nilai kemampuan menulis permulaan, sehingga dapat digunakan untuk menjelaskan bahwa bimbingan belajar merupakan salah satu faktor dari kemampuan menulis permulaan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Mulyasa. (2012). Manajamen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Otto, B. (2015). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. (Terjemahan: Tim Prenadamedia). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Kusumawati, A., & Sunaria. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan Plastisin (Penelitian Tindakan Kelas di Taman Kanak-Kanak Al-Faruqiyah Cipondoh Tangerang). Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 7–13. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/1717
Prayitno, dkk. 2014. Pembelajaran Melalui Pelayanan BK di Satuan Pendidikan. Padang: Uiversitas Negeri Padang.
Yasa, G. S. (2014). Bimbingan Belajar. Yogyakarta: Graha Ilmu
Hamalik, O. (2012). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Yus, A. (2015). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana.
Puranik, C. d. (2017). Examining Alphabet Writing Fluency in Kindergarten: Exploring the Issue of Time on Task. SAGE, 42(2), 81-96.
Freeman, L. (2017). The importance of explicitly teaching language and literacy to English language learners. Practical Literacy: The Early and Primary Years, 22(2), 37-40
Musfiroh, T. (2012). Menumbuh-kembangkan Baca- Tulis Anak Usia Dini. Jakarta: Grasindo.
Sugiono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta Bandung.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta
Berk, Laura. 2012. Development Trough the Lifespan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susanto, A. (2015). Bimingan dan Konseling di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Prenadamedia Group.
Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
DOI: https://doi.org/10.20961/ecedj.v2i3.101463
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Early Childhood Education and Development Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Early Chilhood Education and Development Journal published by
Departement of Teacher Training of Early Childhood Education
Jalan Slamet Riyadi 449 Surakarta
Email: ecedjournal@gmail.com
Telp : (0271) 719 573

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License