MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR MELALUI LOMPAT KATAK PADA ANAK KELOMPOK A
Abstract
Keterampilan motorik kasar merupakan suatu bentuk aktifitas yang melibatkan otot besar seperti gerak dasar lokomotor, non lokomotor serta manipulative. Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatan keterampilan motorik kasar dengan gerakan lompat katak pada anak TK Marsudisiwi Surakarta. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas melalui pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Sampel penelitian anak A memiliki 10 anak termasuk 4 laki-laki dan 6 perempuan. Sumber penelitian berasal dari guru dan anak-anak. Dalam mengumpulkan data digunakan analisis, observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian validitas digunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Metode penelitian ini melalui eksperimen berbasis kelas dan model Kemmis dan Taggart dengan cara latihan praktik berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi, serta refleksi yang dilakukan dengan rentang waktu dua siklus. Hasil penelitian yang dilakukan pada dua siklus mengembangkan motorik kasar melalui gerakan lompat katak anak kelompok A mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hasil pengujian menunjukkan bahwa gerakan lompat katak yang dimainkan, anak dapat mencapai indicator sesuai target yang ditetapkan. Data penelitian yang telah dianalisis menunjukkan adanya peningkatan persentase ketuntasan perkembangan motorik kasar anak siklus I didapatkan 60% atau setara 6 anak dengan arti sudah terdapat peningkatan namun belum mencapai batas ketuntasan dan siklus II didapatkan 80% atau 8 anak dengan artian terdapat peningkatan dan mencapai batas ketuntasan. Ditinjau dari data yang ditelaah dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan gerakan lompat katak dapat meningkatkan perkembangan motorik kasar pada anak kelompok A TK Marsudisiwi Surakarta.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003. tentang system pendidikan nasional.
Stodden, D. F., Goodway, J. D., Langendorfer, S. J., Roberton, M. A., Rudisill, M. E., Garcia, C., & Garcia, L. E. (2008). Developmental perspective on the role of motor skill competence in physical activity: An emergent relationship. Quest, 60, 290-360.
Sciences, G. E. (2006). 李宇庆 1 陈玲 2 赵 建 夫 2 (1. Environmental Sciences, 1, 28–29.
Andini & Rachma Hasibuan. 2016. “Pengaruh Kegiatan Montase Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Pada Kelompok A”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol.05 No.03. Halaman 2.
Peraturan Menteri: Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Nugroho, I. H., Psi, M., Lestariningrum, A., & Pd, M. (2017). Artikel Kelompok A TK Dharma Wanita Juwet Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017 Oleh: Sely Dibimbing Tri Novianti Oleh: Surat Pernyataan Artikel Skripsi Tahun 2017.01(10).
Apriendy, E. (2013). Pengaruh Loncat Katak Terhadap Hasil Lompat Jauh Siswa Putra SMA Negeri 4 Singkawang. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/1148/1163
Yoyo Bahagia, Adang Suherman. (2000). Prinsip-prinsip Pengembangan dan Modifikasi Cabang Olahraga. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Sutapa, P Suharjana. (2019). Improving Gross Motor Skills By KinaestheticnAnd Contemporary Based Physical ActivityIn Early Childhood. Jurnal Pendidikan. 3(38), 540-551
DOI: https://doi.org/10.20961/ecedj.v1i3.101455
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Early Childhood Education and Development Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Early Chilhood Education and Development Journal published by
Departement of Teacher Training of Early Childhood Education
Jalan Slamet Riyadi 449 Surakarta
Email: ecedjournal@gmail.com
Telp : (0271) 719 573

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License