PENEREAPAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN VERBAL LINGUISTIK ANAK

Anisa Esti Rosalia, Upik Elok Endang Rasmani, Adriani Rahma Pudyaningtyas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan verbal linguistik anak melalui mind mapping pada anak kelompok B TK Mojokerto 1 Kedawung Sragen tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari tiga pertemuan yang terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan dan observasi, dan refleksi dengan subjek 16 anak usia 5-6 tahun pada kelompok B pada TK tersebut. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui pemberian tugas, tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kecerdasan verbal linguistik anak pada setiap siklusnya. Data ketuntasan pada pratindakan kecerdasan anak sebesar 45,8% dan setelah dilakukan tindakan pada siklus I, ketuntasan meningkat menjadi 50%, kemudian ketuntasan pada siklus II meningkat menjadi 81,25%. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa mind mapping dapat meningkatkan kecerdasan verbal linguistik pada anak.


Keywords


Kecerdasan Verbal Linguistik; Mind Mapping; Anak Usia Dini

Full Text:

PDF
rticle

References


Yus, A. (2011). Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana.

Goodnough, K., & Long, R. (2002). SCINCE SCOPE. Mind Mapping: A Graphic Organizer for the Pedagogical Toolbox, 25(8), 20–24.

Herdin, T. (2017). Tujuh Rahasia Mind Mapping Membuat Anak Genius. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Budiyawati, L. (2016). Implementasi Metode Mind Map untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita Anak Kelass B di PAUD Sarin Rare Mas Ubud. Jurnal FKIP Universitas Jember, 5 No 3, 1–16.

Ramdani, L. A. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Melalui Metode Mind Mapping Pada Anak Kelompok B TK Islam Bakti IX Surakarta Tahun Ajaran 2014/ 2015.

Sefrina, A. (2013). Deteksi Minat Bakat Anak. Yogyakarta : Media Pressindo.

Hurlock, E, B. (2007). Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta : Erlangga.

Buzan, T. (2012). Buku Pintar Mind Map. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Zampetakis, L. A., & Tsironis, L. (2007). Creativity development in engineering education: the case of mind mapping. Journal of Management Development., 26, 04.

Aqib, Z. (2013). Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Konteksual (Inovatif). Bandung : Yrama Widya.

Silberman, M. L. (2001). Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Bandung : Nuansa Media

Masyudiyah, R., & Mas’udah. (2018). Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islam Al- Karomah. Jurnal Universitas Negeri Surabaya, 05,03.




DOI: https://doi.org/10.20961/ecedj.v1i3.101454

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Early Childhood Education and Development Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Early Chilhood Education and Development Journal published by 

Departement of Teacher Training of Early Childhood Education 

Jalan Slamet Riyadi 449 Surakarta

Email: ecedjournal@gmail.com

Telp : (0271) 719 573

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License