EFEKTIVITAS NUMBER BOARD GAMES (NBG) TERHADAP KEMAMPUAN MATEMATIKA ANAK

Dita Ayu Cahyaning Utami, Upik Elok Endang Rasmani, Muhammad Munif

Abstract


Kemampuan matematika awal harus dimiliki sejak usia dini yang merupakan pondasi bagi ilmu pengetahuan dan menentukan hasil kemampuan matematika pada jenjang berikutnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas Number Board Games (NBG) terhadap kemampuan Matematika anak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design berbentuk Non Equivalent Control Grup Design. Penelitian dilaksanakan selama satu bulan dengan 6 kali pertemuan pada setiap kelompok. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Subyek penelitian ini adalah 43 anak kelompok B yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu 22 anak di TK Aisyiyah 33 Purwodiningratan sebagai kelompok eksperimen dan sejumlah 21 anak di TK Aisyiyah 53 Petoran untuk kelompok kontrol. Analisis data terdiri dari uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil uji prasyarat menggunakan Shapiro Wilk dan Levene Test for Equality of Variance yang menunjukkan bahwa data bersifat normal dan homogen. Sedangkan uji hipotesis menggunakan t- test menunjukkan hasil bahwa penggunaan number board games berpengaruh terhadap kemampuan matematika anak (p<0,05). Treatment yang telah dilakukan berpengaruh positif terhadap kemampuan matematika anak dengan rata-rata dari hasil posttest pada kelompok eksperimen mengalami peningkatan secara signifikan. Anak-anak sudah mampu membilang, menghubungkan, dan mengurutkan bilangan dengan baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan number board games (NBG) efektif meningkatkan kemampuan matematika pada anak usia 5-6 tahun.


Keywords


kemampuan matematika; perkembangan kognitif; number board games; anak usia 5-6 tahun

Full Text:

PDF
rticle

References


Tascı, B. G. (2015). Project Based Learning from Elementary School to College, Tool: Architecture. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 186, 770–775. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.130

Suyanto, S. (2005). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Yus, A. (2011). Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Permendikbud No. 137. (2014). Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Menejemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan TK dan SD.

Nurhazizah. (2014). Peningkatan Kemampuan Matematika Awal Melalui Strategi Pembelajaran Kinestetik. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8 (2), 328.

Oates, J. D., & Robinson, C. (2012). Preschoolers’ Mathematics Skills and Behavior: Analysis of a National Sample. School Psychology Review. 41 (4), 371-386.

Fuson, K. C. (1992). Research on learning and teaching addition and subtraction of whole numbers. In G. Leinhardt, R. T. Putnam, & R. A. Hattrup (Eds.), Analysis of arithmetic for mathematics teaching (pp. 53–187). Lawrence Erlbaum Associates, Inc

Gasteiger, H. (2012). Fostering Early Mathematical Competencies in Natural Learning Situations-Foundation and Challenges of a Competence-Oriented Concept of Mathematics Education in Kindergarten. Journal Für Mathematik-Didaktik, 33, 181-201.

https://doi.org/10.1007/s13138-012-0042-x

Ramani, B. Geetha., Siegler, S. Robert., & Hitti, A. (2012). Taking It to the Classroom: NBG as a Small Group Learning Activity. Journal of Educational Phsycholog. DOI: 10.1037/a0028995.

Duncan, dkk. (2007). Bullying (perundungan) (A Hand For Educators and Parents).

Cross, T Christopher, dkk. 2009. Mathematics Learning in Early Childhood: Paths Toward Excellence and Equity. Washington, D.C: The National Academies Press.

Östergren, R., & Träff, U. (2013). Early number knowledge and cognitive ability affect early arithmetic ability. Journal of Experimental Child Psychology, 115(3), 405–421. https://doi.org/10.1016/j.jecp.2013.03.007

Triharso, A. (2013). Permainan Kreatif & Edukatif Untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Andi Offset.

Seefeldt, C. & Wasik, B. A. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat dan Lima Tahun Masuk Sekolah. Terj. Pius Nasar. Jakarta: Indeks.

Witzel, B. S., Ferguson, C. J., & Mink. D. V. (2012). Number Sense Strategies For Helping Preschooll through Grade 3 Children Develop Math Skills. NAEYC.

Mussolin, C., dkk. (2014). Symbolic Number Abilities Predict Later Approximate Number System Acuity in Preschool Children. Symbolic Number Knowledge and ANS. 9 (3).

Laily, A., & Jalal, F. (2019). Peningkatan Kemampuan Konsep Matematika Awal Anak Usia 4-5 Tahun melalui Media Papan Semat. 3(2), 396–403. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.214

Parviainen, P. (2019). Pengembangan keterampilan matematika awal – Kerangka teoritis untuk model holistik. Jurnal Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 8 (1), 162–191.

Andika, D. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Holistika, 1- 6

Edens, K. M., & Potter, E. F. (2013). An Exploratory Look at the Relationships Among Math Skills, Motivational Factors and Activity Choice. Early Childhood Education Journal, 41(3), 235–243. https://doi.org/10.1007/s10643-012-0540-y

Siegler, R. S., & Ramani, G. B. (2009). Playing linear number board games—but not circular ones— improves low-income preschoolers’ numerical understanding. Journal of Educational Psychology, 101, 545560. Doi:10.1037/a0014239.

Siegler, R. S., & Booth, J. L. (2004). Development of numerical estimation in young children. Child Development, 75, 428 444. doi:10.1111/j.14678624.2004.00684.

Laski, E. V., & Siegler, R. S. (2007). Is 27 a big number? Correlational and causal connections among numerical categorization, number line estimation, and numerical magnitude comparison. Child Development, 78(6), 17231743. https://doi.org/10.1111/j.14678624.2007.01087.x

Munawaroh, S, dkk. (2019). Pengaruh Game Board terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Islam Fatmah Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa. Universitas Riau. https://jnse.ejournal.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/26052

Vilkomir, T., & O’Donoghue, J. (2009). Using components of mathematical ability for initial development and identification of mathematically promising students. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 40(2), 183199.https://doi.org/10.1080/0020739080

Koshy, V., Ernest, P., & Casey, R. (2009). Mathematically gifted and talented learners: theory and practice. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 40(2), 213–228.https://doi.org/10.1080/00207390802566907

Lerman, S. (2014). Encyclopedia of Mathematics Education. London: Department of Education Centre for Mathematics Education London South Bank University.

Asmawati, L. (2014). Perencanaan Pembelajaran PAUD. Bandung: Rosdakarya.

Elofsson, J; Gustafson, S; Samuelsson, J; & Traff, U. (2015). Playing Number Board Games Supports 5-Year-Old Children’s Early Mathematical Development. The Journal of Mathematical Behavior, 43, 134–147

Azwar, Saifuddin. (2015). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.20961/ecedj.v1i3.101453

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Early Childhood Education and Development Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Early Chilhood Education and Development Journal published by 

Departement of Teacher Training of Early Childhood Education 

Jalan Slamet Riyadi 449 Surakarta

Email: ecedjournal@gmail.com

Telp : (0271) 719 573

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License