UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA BUSY BOOK

Disa Septiana Rahmadewi, Upik Elok Endang Rasmani, Vera Sholeha

Abstract


Kemampuan motorik halus memiliki peran penting dalam perkembangan anak usia dini. Untuk mendukung perkembangan ini, penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki efektivitas penggunaan media busy book dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Al Islam 4 Sondakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan melibatkan 16 anak usia 5-6 tahun sebagai partisipan. Penelitian dilakukan selama dua minggu dengan melibatkan media busy book yang telah dirancang secara khusus untuk meningkatkan kemampuan motorik halus. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi anak, catatan pengamatan, dan wawancara dengan guru. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun setelah menggunakan media busy book. Anak menunjukkan peningkatan dalam kemampuan memegang dan menggunakan alat tulis dengan lebih baik, memasukkan tali sepatu, menempelkan gambar huruf menggunakan perekat, serta menggunting pola garis sederhana dan pola gambar geometri dari pratindakan, siklus I, hingga siklus II bahwa pada pratindakan memiliki persentase ketuntasan 6,25% atau 1 orang anak yang mendapat nilai tuntas. Siklus I mengalami peningkatan sebesar 18,75% menjadi 25% atau 4 orang anak yang mendapat nilai tuntas. Peningkatan pada siklus II dengan peningkatan sebesar 50% menjadi 75% atau 12 orang anak yang mendapat nilai tuntas. Persentase ketuntasan secara keseluruhan setelah diterapkan melalui media busy book sebesar 68,75%. Selain itu, anak juga menunjukkan tingkat keaktifan yang tinggi dan kegembiraan saat berkegiatan menggunakan media busy book. Penelitian ini memberikan wawasan penting tentang penggunaan media busy book dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun. Hasil penelitian ini memiliki implikasi praktis yang relevan untuk lembaga pendidikan, guru, dan orang tua dalam memperkaya metode pembelajaran dan mendukung perkembangan motorik halus anak.

Keywords


Pendidikan Anak Usia Dini; Kemampuan Motorik Halus; Media Busy Book

Full Text:

PDF
rticle

References


Agustina, S., M. Nasirun, & D, D. (2018). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Bermain Dengan Barang Bekas. Vol. 3. https://doi.org/10.33369/jip.3.1.24-33

Budiwaluyo, H., & Muhid, A. (2021). Manfaat Bermain Papercraft Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Pada Anak Usia Dini. Volume 7. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pedagogi/article/view/6889/3917

Hurlock, E. B. (2013). Perkembangan Anak (M. Tjandrasa & M. Zarkasih, Trans.). Jakarta: Erlangga.

Kostelnik, M. J., Soderman, A. K., & Whiren, A. P. (2017). Kurikulum pendidikan anak usia dini berbasis perkembangan anak (developmentally appropriate practices) (Edisi Kelima ed.). Kencana. http://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1177123

Lin, Q., Luo, J., Wu, Z., Shen, F., & Sun, Z. (2015). Characterization of fine motor development: Dynamic analysis of children’s drawing movements. 40, 163-175. https://doi.org/10.1016/j.humov.2014.12.010

Mufliharsi, R. (2017). Pemanfaatan Busy Book Pada Kosakata Anak Usia Dini di PAUD Swadaya PKK. Volume V. https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/185

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Ramadhani, S. N., & Sudarsini. (2018). Media Quiet Book dalam Meningkatkan Keterampilan Memakai Baju Berkancing Bagi Tunagrahita. Volume 4. http://dx.doi.org/10.17977/um031v4i12018p12-16

Samsidar. (2019). Kegiatan Merobek dengan Media Kertas dapat Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus pada Anak Usia Dini di Kelompok B TK Pertiwi I Kota Jambi. VOLUME 2.

Saraswati, A. M. (2018). Penerapan Permainan Busy Book Terhadap Motorik Halus Anak Autis. Vol 10.

Simamora, Y. S. (2018). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi peristiwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student team achievement division) di kelas V MIS YPI Batang Kuis. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/5761

Sukamti, E. R. (2018). Perkembangan Motorik (Edisi Pertama ed.). UNY Press.

Ulfah, A. A., & Rahmah, E. (2017). Pembuatan dan Pemanfaatan Busy Book dalam Mempercepat Kemampuan Membaca untuk Anak Usia Dini di PAUD Budi Luhur Padang. Vol 6. https://doi.org/10.24036/8121-0934




DOI: https://doi.org/10.20961/ecedj.v5i1.101447

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Early Childhood Education and Development Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Early Chilhood Education and Development Journal published by 

Departement of Teacher Training of Early Childhood Education 

Jalan Slamet Riyadi 449 Surakarta

Email: ecedjournal@gmail.com

Telp : (0271) 719 573

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License