STUDI PENCAPAIAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI PADA MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arun Dina Rahmawati, Ika Ratih Sulistiana, Y. F. L. (2020). Dewantara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini Volume 2 Nomor 1 Tahun 2020 e-ISSN: 26556332. 2, 2-5
Baan, A. B., Rejeki, H. S., & Nurhayati. (2020). Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Bungamputi, 6(0), 14–21.
Bungsu, P., & Saridewi. (2021). Dampak Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 5(1), 11–20.
Farida, A. (2016). Urgensi Perkembangan Motorik Kasar pada Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Raudhah, 4(2), 1–10.
Hanum, A., & Rohita, R. (2021). Kegiatan Sentra Olah Tubuh Dalam Menstimulasi Kemampuan Motorik Kasar Anak. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 2(2), 89. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v2i2.584
Kemdikbud. (2020). Penyesuaian Kebijakan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID 19.
Keputusan Bersama Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, Dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 03/Kb/2021, Nomor 384 Tahun 2021, Nomor Hk.01.08/Menkes/4242/2021, Nomor 440-717 Tahun 2021 Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Di Masa Pandemi Coronavirus Diseases 2019 (Covid-19).
Khodijah & Amel, M. (2020). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Lone, Shabir Ahmad. & Ahmad, Aijaz. (2020). COVID-19 Pandemic – An African Perspective, Emerging Microbes & Infections. 9:1, 1300-1308, doi: 10.1080/22221751.2020.1775132
Mahmud, B. (2019). Urgensi Stimulasi Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini. Jurnal Kependidikan, 12(1), 76–87. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i1.177
Marco Ciotti, Massimo Ciccozzi, Alessandro Terrinoni, Wen-Can Jiang, Cheng-Bin Wang & Sergio Bernardini. (2020). The COVID-19 pandemic, Critical Reviews in Clinical Laboratory Sciences. 57:6,365-388, DOI:10.1080/10408363.2020.1783198
Permendikbud. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 13.
Putri, N. A. N., & Wulansari, B. Y. (2021). Analisis Kegiatan Pembelajaran Tatap Muka Pendidikan Anak Usia Dini Pasca Belajar Dari Rumah. In Prosiding Seminar Nasional Unimus (Vol. 4)
Rizki, H., & Aguss, R. M. (2020). Analisis Tingkat Pencapaian Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal Of Physical Education, 1(2), 20–24. https://doi.org/10.33365/joupe.v1i2.588
Saripudin, A. (2019). Analisis Tumbuh Kembang Anak Ditinjau Dari Aspek Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. 1(1).
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kulaitatif dan R&D. Bandung: 46 Alfabeta.
Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2o2o Tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Yirus Desease (Covid-19).
Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19).
Utesch, T., dkk. (2016). Using Rasch Modeling to Investigate The Construct of Motor Competence in Early Childhood. Psychology of Sport and Exercise, 24, 179–47. https://doi.org/10.1016/j.psychsport.2016.03.00
Yahya Putra, A. (2020). Strategi Pembelajaran Motorik Kasar pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(4), 159–166. https://doi.org/10.14421/jga.2020.54-03
DOI: https://doi.org/10.20961/ecedj.v5i1.101442
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Early Childhood Education and Development Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Early Chilhood Education and Development Journal published by
Departement of Teacher Training of Early Childhood Education
Jalan Slamet Riyadi 449 Surakarta
Email: ecedjournal@gmail.com
Telp : (0271) 719 573

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License