STUDI PENCAPAIAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI PADA MASA PANDEMI COVID-19

Akhmadi Putro Aji Pangestu, Siti Wahyuningsih, Upik Elok Endang Rasmani

Abstract


Pandemi covid-19 yang melanda seluruh dunia termasuk Indonesia memberi dampak yang luar biasa terhadap banyak sektor salah satunya yaitu sektor pendidikan. Pembelajaran yang pada mulanya dilaksanakan di sekolahan, karena adanya pandemi covid-19 berubah menjadi pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran dalam jaringan (daring). Penerapan pembelajaran jarak jauh ini tidak mudah dilaksanakan, banyak kendala yang dihadapi seperti kesulitan guru dalam mengelola pembelajaran jarak jauh, kesulitan komunikasi guru dengan orangtua, tidak semua orangtua mampu mendampingi anak belajar, siswa kesulitan konsentrasi belajar. Kendala yang dialami berbagai pihak ini berdampak kepada kemampuan anak dalam menerima materi yang diberikan oleh guru, terutama aspek motorik kasar anak yang memerlukan praktek secara langsung, maka dari itu peneliti ingin mencari tahu bagaimana perkembangan motorik kasar anak selama masa pandemi. Penelitian dilaksanakan di TK Nawa Kartika XXXI dengan tujuan untuk mendeskripsikan perkembangan motorik kasar anak usia 4-5 tahun pada masa pandemi covid-19. Sampel berjumlah 22 anak yang diambil dengan sampling jenuh sesuai dengan jumlah anak di TK. Penelitian termasuk ke dalam penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi untuk mengetahui perkembangan motorik kasar anak. Penelitian dilakukan menggunakan pengujian validitas konstruk dan konsultasi expert judgement dengan landasan teori sebagai pengukuran instrumen. Penelitian ini tidak menggunakan hipotesis dikarenakan penelitian bersifat survei deskriptif. Hasil yang didapat dari penelitian ini yaitu perkembangan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di TK Desa Sumberbening sesuai dengan harapan, walaupun pada masa pandemi pemberian materi dari guru kepada anak tidak optimal.

Keywords


Perkembangan Motorik Kasar; Pandemi Covid-19; Anak Usia Dini

Full Text:

PDF
rticle

References


Arun Dina Rahmawati, Ika Ratih Sulistiana, Y. F. L. (2020). Dewantara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini Volume 2 Nomor 1 Tahun 2020 e-ISSN: 26556332. 2, 2-5

Baan, A. B., Rejeki, H. S., & Nurhayati. (2020). Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Bungamputi, 6(0), 14–21.

Bungsu, P., & Saridewi. (2021). Dampak Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 5(1), 11–20.

Farida, A. (2016). Urgensi Perkembangan Motorik Kasar pada Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Raudhah, 4(2), 1–10.

Hanum, A., & Rohita, R. (2021). Kegiatan Sentra Olah Tubuh Dalam Menstimulasi Kemampuan Motorik Kasar Anak. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 2(2), 89. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v2i2.584

Kemdikbud. (2020). Penyesuaian Kebijakan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID 19.

Keputusan Bersama Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, Dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 03/Kb/2021, Nomor 384 Tahun 2021, Nomor Hk.01.08/Menkes/4242/2021, Nomor 440-717 Tahun 2021 Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Di Masa Pandemi Coronavirus Diseases 2019 (Covid-19).

Khodijah & Amel, M. (2020). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Lone, Shabir Ahmad. & Ahmad, Aijaz. (2020). COVID-19 Pandemic – An African Perspective, Emerging Microbes & Infections. 9:1, 1300-1308, doi: 10.1080/22221751.2020.1775132

Mahmud, B. (2019). Urgensi Stimulasi Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini. Jurnal Kependidikan, 12(1), 76–87. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i1.177

Marco Ciotti, Massimo Ciccozzi, Alessandro Terrinoni, Wen-Can Jiang, Cheng-Bin Wang & Sergio Bernardini. (2020). The COVID-19 pandemic, Critical Reviews in Clinical Laboratory Sciences. 57:6,365-388, DOI:10.1080/10408363.2020.1783198

Permendikbud. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 13.

Putri, N. A. N., & Wulansari, B. Y. (2021). Analisis Kegiatan Pembelajaran Tatap Muka Pendidikan Anak Usia Dini Pasca Belajar Dari Rumah. In Prosiding Seminar Nasional Unimus (Vol. 4)

Rizki, H., & Aguss, R. M. (2020). Analisis Tingkat Pencapaian Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal Of Physical Education, 1(2), 20–24. https://doi.org/10.33365/joupe.v1i2.588

Saripudin, A. (2019). Analisis Tumbuh Kembang Anak Ditinjau Dari Aspek Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. 1(1).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kulaitatif dan R&D. Bandung: 46 Alfabeta.

Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2o2o Tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Yirus Desease (Covid-19).

Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19).

Utesch, T., dkk. (2016). Using Rasch Modeling to Investigate The Construct of Motor Competence in Early Childhood. Psychology of Sport and Exercise, 24, 179–47. https://doi.org/10.1016/j.psychsport.2016.03.00

Yahya Putra, A. (2020). Strategi Pembelajaran Motorik Kasar pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(4), 159–166. https://doi.org/10.14421/jga.2020.54-03




DOI: https://doi.org/10.20961/ecedj.v5i1.101442

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Early Childhood Education and Development Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Early Chilhood Education and Development Journal published by 

Departement of Teacher Training of Early Childhood Education 

Jalan Slamet Riyadi 449 Surakarta

Email: ecedjournal@gmail.com

Telp : (0271) 719 573

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License