PILIHAN RASIONAL DIFABEL

Naluri Insani, Drajat Tri Kartono

Abstract


Naluri Insani. D0312056. 2017. Pilihan Rasional Difabel (Studi Deskriptif Tentang Pilihan Rasional Difabel Dalam Memilih Bekerja di Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Daksa (BBRSBD) Prof. Dr. Soeharso Surakarta). Dibimbing oleh Dr. Drajat Tri Kartono, M.Si. Skripsi. Program Studi Sosiologi. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pilihan rasional difabel dalam memilih bekerja di Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Daksa (BBRSBD) Prof. Dr. Soeharso Surakarta serta mendeskripsikan apa saja hambatan dan dorongan sumber daya yang dimiliki oleh difabel dalam memilih bekerja di BBRSBD. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pilihan rasional dari James Coleman. Metode yang dipakai peneliti dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data didapatkan dari dua sumber data yaitu data primer berupa wawancara mendalam dan data sekunder berupa dokumentasi dan dokumen-dokumen. Teknik pemilihan informan menggunakan purposive sampling. Untuk menguji keabsahan data yang telah terkumpul, peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber. Dalam analisa data, peneliti menggunakan pandangan Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga alur kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi.

Dari hasil penelitian ditemukan bahwa ketika difabel memilih suatu pekerjaan ditentukan oleh berbagai macam aspek yaitu sumber daya yang mereka miliki, keterbatasan informasi dan lembaga dimana mereka bekerja. Difabel sebagai actor tentu dapat memaksimalkan sumber daya yang mereka miliki untuk menunjang mereka agar dapat mencapai tujuan yang mereka tetapkan ketika memilih untuk bekerja di BBRSBD. Dalam menentukan pilihan yang mereka anggap rasional, difabel dihadapkan pada rasionalitas terbatas mereka yang membuat mereka tidak bisa memilih pekerjaan lain atas dasar satu dan lain hal. Rasionalitas terbatas merupakan suatu keadaan dimana difabel dibatasi oleh sumberdaya yang mereka miliki, keterbatasan informasi, keterbatasan pemikirian dan keterbatasan waktu mereka sehingga pilihan rasional mereka terbatas dalam memilih bekerja di BBRSBD.

 

Kata Kunci: Aktor, Penyandang Disabilitas, Pilihan Rasional, Sumber Daya

Full Text:

PDF
rticle

References


Buku:

Arikunto, Suharsimi. 2003. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

_________,& Cepi Safruddin Abdul Jabar, 2004, Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoritis Praktis Bagi Praktisi Pendidikan, Jakarta: PT Bui Aksara.

Damanhuri, D.S. 2009. Indonesia: Negara, Civil Society dan Pasar dalam Kemelut Globalisisasi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi, Univesitas Indonesia.

Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. 2009. Handbook of Qualitative Research. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Harsojo. 1984. Pengantar Antropologi. Jakarta: Bina Cipta

J. P. Chaplin. 1989. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Rajawali Pers.

Johnson, Doyle P. 1994. Teori Sosiologi Klasik dan Modern. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, edisi revisi.

Nazir, M. 1988. Metode Penelitian, Ghalia Indonesia: Jakarta.

Purwanta, Setia Adi dkk. 2002. Memecah Ketakutan Menjadi Kekuatan: Kisah-Kisah Advokasi di Indonesia. Yogyakarta: Insists Press.

Ritzer, George and Douglas J Goodman. 2010 Teori Sosiologi Modern .Jakarta: Kencana.

Slamet, Yulius. 2006. Metode Penelitian Sosial. Surakarta: UNS Press.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta

Soekanto, Soerjono. 2006. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

Sugiyono. 2014. Metode Penelitlian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Phil Astrid S. 1983. Pengantar Sosiologi dan Perubahan Sosial. Jakarta: Bina Cipta

Sutopo. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press.

Upe, Ambo. 2010. Tradisi Aliran dalam Sosiologi. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

Whitney, F. 1960. The Element Of Research. New York :Prentice-Hall, Inc

Jurnal:

Barnes, Colin dan Geof Mercer. 2005. Disability, Work, And Welfare: Challenging the Social Exclusion of Disabled People. BSA Publications Ltd. Volume 19(3): 527–545

Coleman, J.S. 1988. Sosial Capital in The Creation of Human Capital. American Journal of Sociology. Volume 94.

Hariyanto, Eko. 2014. Pilihan Rasional dan Modal Sosial Petani (Studi Kasus Penyewaan Lahan di Dusun Krajan Desa Pandan Sari Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang). Universitas Brawijaya.

Layliyah, Zahrotul. 2013. Perjuangan Hidup Single Parent. Jurnal Sosiologi Islam, Vol. 3, No.1, April 2013 ISSN: 2089-0192.

Mujimin, W. M.. 2007. Dinamika Pendidikan (Penyediaan Fasilitas Publik yang Manusiawi Bagi Aksesibilitas Difabel). No.1/Th.XIV/Mei 2007. Universitas Negeri Yogyakarta.

Pradhanawati, Ari. 2011. Potensi Dan Preferensi Terhadap Perilaku Memilih Pegadaian Syariah. Jurnal Bisnis & Manajemen, Vol 12 No. 1 Maret 2011 ISSN: 1412-3681

Ravaud, Jean-Francois. 1992. Discrimination Towards Disabled People Seeking Employment. Volume 35. No. 8, pp. 951-958

Ropida. 2016. Pilihan Rasional Perempuan Menikah Di Usia Dini (Studi Kasus Di Desa Mamben Daya, Kecamatan Wanasaba, Kabupaten Lombok Timur). Universitas Udayana.

Simon, Herbert A. 2000. Bounded Rationality in Social Science: Today and Tomorrow. Department of Psychology, Carnegie Mellon University, Pittsburg, PA 15213-3890. Vol. 1, pp. 25-39.

Paper dan Handbook:

Coleman, J.S. 1990. Foundation of Sosial Theory. Cambridge MA. Belknap.

ESCAP, 1995. Promotion of Non-Handicapping Physical Environments for Disabled Persons. Casestudies, ESCAP, United Nations, New York

Heilbroner, R.L. 1986. The Nature and Logic Capitalism. WW. Norton & Co. Inc. (Revised Edition).

Ikaputra, 2002. The Role of Guiding Blocks to promote Barrier-Free Environment in Indonesia. Paper presented at International Conference for Universal Desing, Yokohama, Japan.

Setyaningsih, W. 2005. Perwujudan elemen aksesibilitas pada bangunan gedung dan lingkungan: Case study in Surakarta. Paper presented at an International Seminar on Policy and regulation supporting inclusion in Indonesia, June 3rd.

Smelser J. Neil and Richard Swedberg. 2005. (“Introducing Economic Sociology”) (eds), in the Handbook of Economic Sociology. Princeton University Press.

World Health Organization. (2011), World Report on Disability 2011, Geneva.

Arsip:

Pemerintah Kota Surakarta. (2008), Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2008 tentang Kesetaraan Difabel, Surakarta.

Pemerintah Republik Indonesia. (1997), Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1997 tentang Penyandang Cacat, Jakarta.

Internet:

http://www.timlo.net/baca/68719527663/lppm-uns-4000-difabel-masuk-ke-solo/ diakses pada 31 Maret 2016, Pukul 16.37


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


p-ISSN  0215-9635