Peran Yayasan Kakak dalam Pelatihan Kewirausahaan Pada Remaja Putus Sekolah di Kelurahan Semanggi Surakarta

Syifa Pratiwi

Abstract


 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) latar belakang remaja yang mengikuti pelatihan kewirausahaan (2) peran yayasan Kakak dalam pemberdayaan remaja putus sekolah melalui pelatihan kewirausahaan (3) dampak dari adanya program ekonomi kreatif melalui kegiatan pelatiahan kewirausahaan.

Penelitian ini berjenis evaluasi kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini disajikan secara deskripsi. Teknik sampling yang digunakan yaitu dengan purposive sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi partispatoris, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan analisis model interaktif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori peran oleh Biddle dan Thomas dan dilengkapi dengan teori tindakan sosial dari Max Weber.

Hasil penelitian diperoleh yaitu : 1. Peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan kewirausahaan adalah remaja putus sekolah. Mereka diajak oleh pendamping anak di kelurahan Semanggi untuk mengikuti kegiatan pelatihan kewirausahaan. Peserta yang mengikuti kegiatan tersebut sebelumnya telah mempunyai usaha terlebih dahulu. 2) Peran dari yayasan Kakak dalam pelatihan kewirausahaan ini adalah menjadi fasilitator. Adapun fasilitator memiliki peran edukasi, peran fasilitasi, konsultasi dan peran pemantauan (monitoring) dan evaluasi. 3) hasil temuan dilapangan selama bulan Februari-Maret 2017 saat ini peserta masih melanjutkan usahanya dan memanfaatkan materi yang didapat. Selain itu, 2 orang peserta telah mempunyai usaha sampingan.

Kata Kunci : Pelatihan Kewirausahaan, Remaja, Fasilitator


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


p-ISSN  0215-9635