REFLEKSIVITAS FORUM ANAK SURAKARTA TERHADAP RESIKO PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL

Fitriana Ekawati Hujanto Putri, Th. A. Gutama

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Refleksivitas dari Forum Anak Surakarta terhadap adanya resiko penggunaan media sosial pada anak. Lokasi penelitian adalah di kota Surakarta yaitu Forum Anak Surakarta. Teori yang digunakan dalam penelitian ini Risk Society (Masyarakat Risiko) oleh Ulrich Beck dan Tindakan Sosial oleh Max Weber. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Informan penelitian adalah Forum Anak Surakarta, Dinas PP, PA & PM kota Surakarta,Pendamping Forum Anak Surakarta dan orangtua. Teknik pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles Hubermas dari tahap reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber.

Hasil penelitian menunjukan bahwa arus globalisasi yang terjadi saat ini mengikutsertakan anak-anak didalamnya. Arus globalisasi teknologi informasi dan komunikasi salah satunya adalah hadirnya media sosial sebagai media untuk berinteraksi, bekerjasama, berbagi, berkomunikasi dengan pengguna lain dan membentuk ikatan sosial secara virtual. Ruang virtual media sosial menjadi tempat adanya interaksi sosial. Hubungan sosial yaitu interaksi sosial dapat dilakukan melalui media atau perantara salah satunya adalah media sosial. Penggunaan media sosial sebagai media anak untuk berpartisipasi, diskusi, rapat, berbagi informasi-informasi mengenai anak seperti hak-hak anak maupun mengenai kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Forum Anak Surakarta, serta sebagai media untuk kampanye. Hubungan sosial saat ini dapat dilakukan melalui media atau perantara yang salah satunya adalah media sosial. Forum Anak Surakarta sebagai pengguna dari media sosial menyadari akan adanya resiko penggunaan media sosial pada anak. Adanya resiko penggunaan media sosial pada anak yaitu resiko fisik, resiko sosial dan resiko mental. Dari adanya resiko penggunaan media sosial tersebut, ada cara-cara yang dilakukan untuk mencegah, mengurangi, meminimalkan atau menghilangkan adanya resiko tersebut. Adanya resiko penggunaan media sosial pada anak, mendorong Forum Anak Surakarta untuk melakukan tindakan. Tindakan sosial yang dilakukan oleh Forum Anak Surakarta dari adanya resiko penggunaan media sosial disini adalah tindakan rasionalitas tujuan bahwa tindakan tersebut dilakukan karena adanya tujuan. Tindakan sosial dilakukan dengan memberikan sosialisasi yaitu pemahaman kepada anak-anak mengenai adanya resiko-resiko dalam penggunaan media sosial oleh anak serta cara yang seharusnya dilakukan agar dapat mencegah, mengurangi,menimalkan atau menghilangkan adanya resiko penggunaan media sosial pada anak. 

Kata kunci: Anak, Media Sosial, Resiko


Full Text:

PDF
rticle

References


Beck, Ulrich.2015.” Masyarakat Risiko, Menuju Modernitas Baru”. Jogja:Kreasi Wacana

Bungin, Burhan. 2011. “Sosiologi Komunikasi”. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Hastjaryo, Widodo. 2013. “Bijak Bermedia Sosial”. Jakarta: Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik

Humas Kementerian Perdagangan RI. 2014. “Panduan Optimalisasi Media Sosial Untuk Kementerian Perdagangan RI”.Jakarta: Pusat Hubungan Masyarakat

J.Goodman, Douglas & George Ritzer. 2008. “Teori Sosiologi Modern”. Jakarta:Kencana Media Group

Nasrullah, Rulli. 2015.” Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi”. Bandung: Remaja Rosdakarya

Paul Johnson, Doyle.1994.” Teori Sosiologi Klasik dan Modern”. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Ritzer, George. 2010. “Teori Sosial Postmodern”. Yogyakarta: Kreasi Wacana

Soekanto, Soerjono. 2012.“Sosiologi Suatu Pengantar”. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Sugiyono. 2009. “Metode Penelitian Kuantitatif dan kualitatif dan R&D”. Bandung: Alfabeta

Susanto. 2006.”Metode Penelitian Sosial”. Surakarta: UNS Press

Susanto, Astrid S. 1993.” Globalisasi dan Komunikasi”. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Soekanto, Soerjono. 2005. “ Sosiologi Suatu Pengantar”. Jakarta: Raja Grafindo Persada


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


p-ISSN  0215-9635