Perencanaan Strategis Pengembangan Usaha Kecil Menengah Agroindustri Jamu
Abstract
Pengembangan agroindustri jamu merupakan upaya strategis bila dilihat dari potensi Indonesia sebagai Negara yang mempunyai keanekaragaman hayati yang tinggi, sheingga merupakan keunggulan komparatif yang dapat dikembangkan menjadi keunggulan kompetitif. Perencanaan strategis merupakan salah satu alternatif dalam menghadapi kondisi lingkungan yang semakin cepat berubah dengan semakin kompleksnya permasalahan serta situasi kedepan yang semakin tidak pasti.
Kajian ini membahas perencanaan strategis dalam pengembangan agroindustri jamu yang meliputi: analisis stakeholder, identifikasi isu strategis dan hambatan dalam perencanaan strategis. Dari hasil kajian dapat disimpulkan bahwa pengembangan agroindustri jamu harus dapat memenuhi kepuasan semua stakeholder yang terlibat. Identifikasi isu-isu strategis adalah merupakan jantung dalam perencanaan strategis, dengan identifikasi isu-isu ini maka akan dihasilkan suatu rumusan strategis.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Barnes, M.C., et al. 1984. Organisasi Perusahaan: Teori dan Praktek, terjemahan Bambang Kussriyanto. Pustaka Binaman Pressindo.
Bryson, J.M. 1999. Perencanaan Strategis Bagi Organisasi Sosial, terjemahan M. Miftahuddin. Pustaka Pelajar Offset. Yogyakarta.
Dirgantoro, C. 2001. Manajemen Stratejik: Konsep Kasus dan Implementasi. Pt. Gramedia Widiasarana Indonesia. Jakarta.
Ditjen POM. 1991. Laporan Tahunan Direktorat Pengawasan Obat Tradisional 1990/1991. Depkes RI. Ditjen POM. Jakarta.
McGregor, D. 1988. Aspek Manusia dalam Dunia Usaha. Terjemahan Arlina G. Latif. Penerbit Erlangga.
Pramono, S. 2000. Pengembangan Pemanfaatan Obat Tradisional. Seminar PERHIBA, Surakarta.
Sa’id, E.G., dan Intan, A.H. 2001. Manajemen Agribisnis. PT. Ghalia Indonesia dengan MMA-IPB.
Sjaifudian, H., Haryadi, D., dan Maspiyati. 1995. Strategi dan Agenda Pengembangan Usaha Kecil. Akatiga. Bandung.
Refbacks
- There are currently no refbacks.