IDENTIFIKASI SEKTOR PERTANIAN DI KABUPATEN BOYOLALI DENGAN PENDEKATAN TIPOLOGI KLASSEN

Rhina Uchyani Fajarningsih, Endang Siti Rahayu, Nuning Setyowati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sektor pertanian termasuk sektor perekonomian lainnya di Kabupaten Boyolali menjadi 4 kelompok: sektor Prima, sektor Berkembang, sektor Potensial dan sektor Terbelakang sebagai dasar untuk mengembangkan sektor pertanian di Kabupaten Boyolali. Metode dasar yang digunakan adalah metode deskriptif analitik dengan menggunakan data sekunder berupa data Produk Domestik Regional Bruto Kabupaten Boyolali dan Propinsi Jawa Tengah Tahun 2004-8. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Tipologi Klassen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Kabupaten Boyolali terdapat dua sektor Prima yaitu sektor Konstruksi dan Bangunan serta sektor Jasa-Jasa. Sektor Berkembang meliputi sektor Pertambangan dan Penggalian serta sektor Listrik, Gas dan Air Bersih. Sektor potensial meliputi sektor Pertanian, Industri Pengolahan dan sektor Perdagangan, Hotel dan Restoran. Sektor pertanian belum merupakan sektor prima sehingga diperlukan berbagai upaya dan strategi pengembangan untuk meningkatkan kinerja sektor pertanian.

Keywords

boyolali; sektor pertanian; tipologi klassen

Full Text:

PDF

References

Anonim. 2008. Klassen Typology. http://www.scribd.com/broce. Diakses pada tanggal 5 November 2008.

Arsyad, L. 1992. Ekonomi Pembangunan. Bagian Penerbitan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN. Yogyakarta.

Dumairy. 1997. Perekonomian Indonesia. Erlangga. Jakarta.

Emilia. 2008. Ekonomi Regional. http://lenpfeuja.files.wordpress.com. Diakses pada tanggal 17 Oktober 2008.

Chasanah. 2005. Analisis Sektor Industri, Pertanian, dan Pariwisata (INTANPARI) dalam Penentuan Sektor Unggulan Di Wilayah Kabupaten Karanganyar dengan Pendekatan Ekonomi Basis. Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta. (Tidak Dipublikasikan).

Susilowati. 2009. Identifikasi Komoditi Pertanian Unggulan di Kabupaten Sukoharjo. Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta. (Tidak Dipublikasikan).

Setyowati, N. 2004. Analisis Ekonomi Basis Sektor Pertanian di Kecamatan Delanggu Kabupaten Klaten.

Todaro. 2000. Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga. Erlangga. Jakarta.

Widjaya, T. 2006. Perencanaan Pembangunan: Aplikasi Komputer (Era Otonomi Daerah). UPP STIM YKPN. Yogyakarta.

Wiranto, T. 2007. Pembangunan Wilayah Pesisir dan Laut dalam Kerangka Pembangunan Perekonomian Daerah. http://www.bappenas.go.id. Diakses pada tanggal 9 September 2008.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.