KUALITAS PRODUK WISATA DI KAWASAN PEMANDIAN AIR PANAS PADUSAN PACET MOJOKERTO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan menganalisis kualitas produk wisata di Kawasan Pemandian Air Panas Padusan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Indonesia. Kualitas produk wisata menjadi faktor kunci dalam menarik wisatawan ke destinasi tertentu, dan penelitian ini berfokus pada empat objek wisata di kawasan tersebut, yaitu Padusan Ganjaran, De Qoem - Qoem, Pemandian Air Panas, dan Jacuzzi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan analisis deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi lapangan, wawancara, dan survei dengan kuesioner yang diberikan kepada responden yang pernah mengunjungi objek wisata tersebut. Hasil penelitian menunjukkan variasi dalam penilaian kualitas produk wisata di setiap objek wisata, dengan De Qoem - Qoem mendapatkan penilaian tertinggi dan Pemandian Air Panas mendapatkan penilaian terendah. Variabel yang dinilai meliputi fasilitas dan atraksi, keterjangkauan, kenyamanan, dan ketersediaan informasi. Hasil ini memberikan wawasan yang berharga bagi pihak terkait dalam meningkatkan kualitas layanan dan fasilitas di Kawasan Pemandian Air Panas Padusan Pacet untuk menarik lebih banyak wisatawan dan meningkatkan kepuasan mereka. Penelitian ini juga mengukur validitas dan reliabilitas data yang diperoleh, memastikan bahwa data yang digunakan dalam penelitian ini dapat diandalkan dan sah. Dengan demikian, penelitian ini dapat menjadi panduan bagi pihak yang berkepentingan dalam pengembangan pariwisata di kawasan ini.
Full Text:
PDFReferences
Agus, A., & Ridwan, M. (2019). Pemetaan Objek Wisata Alam Kabupaten Kepulauan Selayar Berbasis Sistem Informasi Geografis Arcgis 10.5. Pusaka: Journal of Tourism, Hospitality, Travel and Business Event, 1(1), 45–50. Al-Ababneh, Mukhlas. 2013. Service Quality and Its Impact on Tourist Satisfaction. Interdisciplinary Journal of Contemporary Research Business. Vol 4. Al Hazmi, Nalina Nuha. 2019. Pendekatan Memorable Tourism Experiences terhadap Minat Berkunjung Kembali di Wisata Seribu Batu Songgo Langit. Skripsi. Program Studi Pariwista Universitas Gadjah Mada. Baritelli, Pietro, et al. 2014. The New Frontiers of Destination Management: Applying Variable Geometry as a Function Based Approach. Journal of Travel Research. Vol 53(4) 403-417. Buhari, Gusniyati. 2018. “Persepsi Wisatawan Terhadap Kualitas Produk Wisata Fort Rotterdam di Makassar”. Tesis. Program Studi Magister Teknik Arsitektur, Konsentrasi Arsitektur Pariwisata, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada. Dardak, E., Jadikan, B., Kertosusilo, G., & Kawasan, S. (2019). Sugiyono, “ Emil Dardak Bakal Jadikan Gerbang Kertosusilo Sebagai Kawasan Megapolitan ". Deng, Weijaw. 2006. Using a Revised Importance-Performance Analysis Approach: The Case of Taiwanese Hot Springs Tourism. Tourism Management, 1274 -1284. Efendi, M. J., Huda, K., Eko, S., Waluyo, Y., Jahratu, Y., Santy, N., Permatasari, O., & Fitriyani, Z. A. (2022). Pendampingan identifikasi potensi wisata dalam mendukung tata kelola destinasi wisata di kota mojokerto. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1), 283–292. Hou, Pingping et al. 2023. Employees’ Perception of Tourism Enterprise Integrity: Dimensions and scale Development. International Journal of Hospitality Management, 103495. Kabupaten Mojokerto Dalam Angka 2022. Kristanti, D. D. (2022). Resources Support Strategy Department of Tourism , Youth and Sports in the Development of Tourism Objects : Strategi Dukungan Sumber Daya Dinas Pariwiata , Kepemudaan dan Olahraga Dalam Pengembangan Objek Wisata. Indonesian Journal of Public Policy Review, 20, 1–5. Latul, D. A. P., Fianto, A. Y. A., & Bahruddin, M. (2014). Perancangan Branding Wisata Pemandian Air Panas Padusan Pacet. Desain Komunikasi Visual, 2(1). Lestari, N. R. (2018). KOLABORASI PENGELOLAAN WANA WISATA PADUSAN DESA PADUSAN KECAMATAN PACET KABUPATEN MOJOKERTO. In Digital Repository Universitas Jember. Jember. Mansour Ghazi, karam. Et al. 2023. Does Performance Appraisal Legitimacy Predict Employee Sabotage and Innovative Behavior? The mediating role of Performance Appraisal Satisfaction. Tourism management Perspective. 101117. Rachmawati, Desy Dwi. 2019. Persepsi Pengunjung Terhadap Kualitas Produk Wisata di The Village, Kabupaten Banyumas. Skripsi. Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada. Rasovska, Ida, et al. (2021) Importance-performance analysis approach to destination management. Tourims Economics: Vol 27(4) 777-784. Seakhoa-King, Arthur. 2007. Conceptualising ‘Quality of a Tourism Destination’: An Investigation of The Attributes and Dimensions of Quality of a Tourism Destination”. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta. Suwantoro, Gamal. 2004. Dasar-Dasar Pariwisata. Yogyakarta: Penerbit Andi. Tazkia, F. O. (2012). Analisis Permintaan Obyek Wisata Air Panas Guci, Kabupaten Tegal dengan Pendekatan Travel Cost. Diponegoro. Telles, S., Reddy, S. K., & Nagendra, H. R. (2019). Teori Objek Wisata. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. Wiseza, F. C. (2017). Faktor-faktor yang mendukung pengembangan obyek wisata Bukit Khayangan di Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi. Nur El-Islam, 4(1), 89–106
Refbacks
- There are currently no refbacks.