DAYA TARIK KAWASAN COYUDAN SEBAGAI DESTINASI WISATA BELANJA DI KOTA SURAKARTA (Studi Kasus : Kawasan Coyudan, Kecamatan Pasar Kliwon, Surakarta)

Aditya Charisma Pradana, Istijabatul Aliyah

Abstract

Belanja telah menjadi kegiatan wisata utama dan menyumbang cukup banyak pengeluaran pariwisata. Kawasan Coyudan adalah salah satu kawasan di Surakarta yang terletak di tengah kota dan terkenal untuk kegiatan belanja. Ada banyak tempat belanja yang dapat ditemukan di sini, pengunjung dapat menemukan berbagai barang dengan harga murah. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mencoba mengetahui bagaimana kegiatan wisata belanja dan wisata budaya dari perspektif pengunjung dan pedagang. Strategi analisis data kualitatif dipekerjakan melalui wawancara pribadi bersama dengan pengunjung. Temuan menunjukkan bahwa kebanyakan orang mengunjungi kawasan Coyudan karena mereka dipengaruhi oleh berbagai daya tarik. Sementara itu, kegiatan perdagangan di kawasan Coyudan adalah motivasi yang memikat pengunjung dan pemborong ke kota Surakarta. Bagian penutup dari makalah ini menunjukkan bahwa kawasan Coyudan akan mendapat manfaat dari dukungan konkret yang diberikan oleh pemerintah dan investor swasta. Kerja sama ini pasti akan membantu meningkatkan zona belanja dengan memfasilitasi pembangunan infrastruktur belanja yang efisien, tidak hanya bagi pengunjung, tetapi juga bagi masyarakat setempat secara keseluruhan.

Kata Kunci: Wisata, Daya Tarik Wisata, Wisata Belanja

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.