PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBASIS MEDIA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KEBAKKRAMAT TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
This research aims to find out the effect of the implementation of Contextual Teaching and Learning approach based media towards students cognitive achievement of the class X at SMA Negeri 1 Kebakkramat. This study is a quasi-experimental studies which use Randomized Control Only Design. The independent variable in this research is the application of Contextual Teaching and Learning approach based media whereas the dependent variable is students cognitive achievement. Research population is all of students on class X at SMA Negeri 1 Kebakkramat in academic year 2010/2011. The samples are taken towards class X-2 as control group and class X-3 as treatment group. The sample is taken by using Cluster Random Sampling method. The data are collected by using test. The obtained data are analyzed by using t-test. The result shows that implementation Contextual Teaching and Learning approach based media has taken good effect toward students cognitive achievement in X at SMA Negeri 1 Kebakkramat.
Keywords: Contextual Teaching and Learning Approach, Learning Media, Cognitive Achievement
Full Text:
PDFReferences
Aunurrahman.2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, S. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Arisoesilaningsih, S dan Kiswojo. Diversitas Asosiasi Inang Benalu di Kebun Raya Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur. Jurnal Natural Vol. 4 (No.3)
Arsyad, A. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persaja
Bern, G. and Ericskson, P.M.2001. Contextual Teaching and Learning: Preparing Students for The New Economy. The Highlight Zone
Budiyono. 2004. Statistika Untuk Penelitian. Surakarta : UNS Press
Gerlach, V.S; Ely, D.P; and Melnick, R. Teaching and Media: a systematic approach, New Jersey; Printice Hall inc.
Gilbert, M. 2003. Loranthaceae. Flora of China 5: 220-239
Koesnandar, A. 2003. Guru dan Media Pembelajaran. Jurnal Teknodik No. 13/VII
Lestari, E. 2007. Pengaruh Pemanfaatan Software Macromedia Flash MX sebagai Media Chemo- Edutainmet (CET) pada Pembelajaran dengan Pendekatan Chemo Entrepreneurship (CEP) terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Pokok Materi Sistem Koloid. Semarang: UNNES.
Johnson, E.B. 2002. Contextual Teaching and Learning Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Kaifa.
Mae Sri dan Subagus. 1999. Skrining Toksisitas dengan Menggunakan Brine Shrimp Lethality (BST) dari Beberapa Spesies Benalu yang Secara Tradisional Digunakan untuk Mengobati Tumor di Indonesia. Berkala Ilmu Kedokteran: Vol.31, No. 1
Mbagwu, F.N. 2009. Loranthaceae. Agricultural Journal 4 (3): 161163
Mulyasa. 2006. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosda Karya
Muzayyinah. 2005. Keanekaragaman Tumbuhan Tak Berpembuluh. Surakarta: UNS Press
Nugraheni, T.E.2007. Pengembangan Desain Instruksional dalam Bentuk Modul Disertai Macromedia Flash terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa dengan KTSP Kelas X SMA Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2007/2008. Surakarta: UNS.
Pramono, A.2004. Berkreasi Animasi dengan Macromedia Flash MX. Yogyakarta: Persada.
Riduwan. 2004. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung : Alfabeta
_______ . 2009. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung : Alfabeta
Sadiman, A. S dkk. 2009. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
Syaefudin, U.2009. Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sappaile, B. 2006. Pengaruh Metode Mengajar dan Ragam Tes terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Mengontrol Sikap Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Khusus
Sardiman.2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Steenis, V. 2008. Flora. Jakarta : PT. Pradnya Paramita
Subana dan Sudrajat. 2009. Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung : CV Pustaka Setia
Sudjana, N. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung Remaja Roesdakarya.
Sumiati dan Asra. 2007. Metode Pembelajaran. Bandung : Wacana Prima.
Sunaryo dan Rachman E. 2005. Laporan Teknik Keanekaragaman Jenis Benalu dan Tumbuhan Inangnya di Kebun Raya Purwodadi, Jawa Timur. Jakarta: LIPI
Suprijono, A. 2008. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.
Susiwi; Hinduan, A.A; Liliasari; Ahmad, S.2009. Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa SMA pada Model Pembelajaran Praktikum D-E-H. Jurnal Pengajaran MIPA. Vol: 14(2):1214-0917.
Tjitrosoepomo, G. Taksonomi Tumbuhan. 2007. Yogyakarta: UGM Press
Uji, Sunaryo dan Rachman. 2007. Keanekaragaman Jenis benalu Parasit Pada Tanaman Koleksi di Kebun Raya Eka Karya, Bali. Berk. Penel. Hayati: 13(1-5)
Wibawa, Basuki dan Mukti. 2001. Media Pengajaran. Bandung: CV. Maulana Winkel, W.S. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT. Gramedia
Yamin, M. 2008. Paradigma Pendidikan Kontruktivistik. Jakarta : Gaung Persada Press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.