PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBASIS MEDIA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KEBAKKRAMAT TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Reni Damayanti, Muzayyinah Muzayyinah, Puguh Karyanto

Abstract

This research aims to find out the effect of the implementation of Contextual Teaching and Learning approach based media towards students cognitive achievement of the class X at SMA Negeri 1 Kebakkramat. This study is a quasi-experimental studies which use Randomized Control Only Design. The independent variable in this research is the application of Contextual Teaching and Learning approach based media whereas the dependent variable is students cognitive achievement. Research population is all of students on class X at SMA Negeri 1 Kebakkramat in academic year 2010/2011. The samples are taken towards class X-2 as control group and class X-3 as treatment group. The sample is taken by using Cluster Random Sampling method. The data are collected by using test. The obtained data are analyzed by using t-test. The result shows that implementation Contextual Teaching and Learning approach based media has taken good effect toward students cognitive achievement in X at SMA Negeri 1 Kebakkramat.

Keywords: Contextual Teaching and Learning Approach, Learning Media, Cognitive Achievement


Full Text:

PDF

References

Aunurrahman.2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Arisoesilaningsih, S dan Kiswojo. Diversitas Asosiasi Inang Benalu di Kebun Raya Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur. Jurnal Natural Vol. 4 (No.3)

Arsyad, A. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persaja

Bern, G. and Ericskson, P.M.2001. Contextual Teaching and Learning: Preparing Students for The New Economy. The Highlight Zone

Budiyono. 2004. Statistika Untuk Penelitian. Surakarta : UNS Press

Gerlach, V.S; Ely, D.P; and Melnick, R. Teaching and Media: a systematic approach, New Jersey; Printice Hall inc.

Gilbert, M. 2003. Loranthaceae. Flora of China 5: 220-239

Koesnandar, A. 2003. Guru dan Media Pembelajaran. Jurnal Teknodik No. 13/VII

Lestari, E. 2007. Pengaruh Pemanfaatan Software Macromedia Flash MX sebagai Media Chemo- Edutainmet (CET) pada Pembelajaran dengan Pendekatan Chemo Entrepreneurship (CEP) terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Pokok Materi Sistem Koloid. Semarang: UNNES.

Johnson, E.B. 2002. Contextual Teaching and Learning Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Kaifa.

Mae Sri dan Subagus. 1999. Skrining Toksisitas dengan Menggunakan Brine Shrimp Lethality (BST) dari Beberapa Spesies Benalu yang Secara Tradisional Digunakan untuk Mengobati Tumor di Indonesia. Berkala Ilmu Kedokteran: Vol.31, No. 1

Mbagwu, F.N. 2009. Loranthaceae. Agricultural Journal 4 (3): 161­163

Mulyasa. 2006. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosda Karya

Muzayyinah. 2005. Keanekaragaman Tumbuhan Tak Berpembuluh. Surakarta: UNS Press

Nugraheni, T.E.2007. Pengembangan Desain Instruksional dalam Bentuk Modul Disertai Macromedia Flash terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa dengan KTSP Kelas X SMA Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2007/2008. Surakarta: UNS.

Pramono, A.2004. Berkreasi Animasi dengan Macromedia Flash MX. Yogyakarta: Persada.

Riduwan. 2004. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung : Alfabeta

_______ . 2009. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung : Alfabeta

Sadiman, A. S dkk. 2009. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Syaefudin, U.2009. Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sappaile, B. 2006. Pengaruh Metode Mengajar dan Ragam Tes terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Mengontrol Sikap Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Khusus

Sardiman.2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Steenis, V. 2008. Flora. Jakarta : PT. Pradnya Paramita

Subana dan Sudrajat. 2009. Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung : CV Pustaka Setia

Sudjana, N. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung Remaja Roesdakarya.

Sumiati dan Asra. 2007. Metode Pembelajaran. Bandung : Wacana Prima.

Sunaryo dan Rachman E. 2005. Laporan Teknik Keanekaragaman Jenis Benalu dan Tumbuhan Inangnya di Kebun Raya Purwodadi, Jawa Timur. Jakarta: LIPI

Suprijono, A. 2008. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Susiwi; Hinduan, A.A; Liliasari; Ahmad, S.2009. Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa SMA pada Model Pembelajaran Praktikum D-E-H. Jurnal Pengajaran MIPA. Vol: 14(2):1214-0917.

Tjitrosoepomo, G. Taksonomi Tumbuhan. 2007. Yogyakarta: UGM Press

Uji, Sunaryo dan Rachman. 2007. Keanekaragaman Jenis benalu Parasit Pada Tanaman Koleksi di Kebun Raya Eka Karya, Bali. Berk. Penel. Hayati: 13(1-5)

Wibawa, Basuki dan Mukti. 2001. Media Pengajaran. Bandung: CV. Maulana Winkel, W.S. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT. Gramedia

Yamin, M. 2008. Paradigma Pendidikan Kontruktivistik. Jakarta : Gaung Persada Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.