Ektrak Daun Pepaya Sebagai Anti DM Tipe 2

Prabandaru Esthi Pudyawanti, Mariska Dwi Astuti, Nadya Rovie Adhie, Imron Wahyu Hidayat

Abstract


Tumbuhan Pepaya (Carica Papaya L) banyak ditemukan di daerah beriklim tropis dan sudah digunakan secara empiris oleh banyak orang di Indonesia. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui potensi ekstrak daun pepaya sebagai pengobatan DM tipe 2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan metode induksi dengan glukosa yang dilakukan selama 3-4 hari. Kemudian dilakukan perlakuan kepada hewan uji selama 14 hari. Pada perlakuan dibagi menjadi 4 perlakuan yaitu control negative yang diberikan NaCMC, kontrol positif yang diberikan glibenklamid, P1 yang diberikan ekstrak dengan dosis 100 mg/kg BB, dan P2 yang diberikan esktrak dengan dosis 300 mg/kg BB. Perlakuan setelah induksi menghasilkan bahwa hewan uji mengalami kenaikan glukosa. Dan pada perlakuan hewan uji mengalami penurunan glukosadarah

Full Text:

PDF
rticle

References


WHO. Definition and diagnosis of diabetes mellitus and intermediate hyperglycemia. Report of a WHO/IDF Consultation. 2006.

Ameh., Sunday., Obodozie., Obiageri., Inyang., Uford., Abubakar., Mujibata., Garba., Makaji., 2007. A Normative Study of Nigerian Grown “Maha Tita” A. Paniculata, Int. J. Drug. Dev. & Res.2 (2) : 291-299.

Anuar NS, Zahari SS, Taib IA, Rahman MT. Effect of Green and Ripe Carica Papaya Epicarp Extracts on Wound Healing and During Pregnancy. Food and Chemical Toxicology.2008;46:2384-9.

Depkes RI., 2009, Farmakope Herbal Indonesia, Departemen

Keseharan RI, Jakarta.

Hanafiah, K.A.2005, Rancangan Percobaan, Teori dan Aplikasi, Edisi III, PT Grapindon Persada, Jakarta.

Rahayu, Septiani., Tjitraresmi,Ami.2016.Tanaman Pepaya (Carica papaya L.) dan Manfaatnya Dalam Pengobatan. Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran Jl. Raya Bandung Sumedang km 21 Jatinangor 45363.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.