Pengaruh Tekanan Kompresi pada Tablet Vitamin C dengan Avicel Ph 102 dan Dikalsium Fosfat Anhidrat sebagai Filler-Binder dan Disintegran

Nanda Dwi Jayanti, Sholichah Rohmani

Abstract


Dalam pembuatan tablet dengan metode kempa langsung sangat cocok untuk bahan yang tidak tahan panas dan lembab. Namun, diperlukan bahan-bahan dengan sifat alir dan kompaktibilitas yang baik. Salah satu bahan dengan kompaktibilitas dan sifat alir yang baik adalah Avicel 102 dan Dikalsium Fosfat Anhidrat. Selain memperhatikan sifat bahan yang digunakan juga harus memperhatikan tekanan kompresi pada saat pengempaan karena berpengaruh pada kekompakan dan waktu hancur tablet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi tekanan kompresi pada sifat fisik dan profil pelepasan tablet Vitamin C. Tablet dibuat dengan metode kempa langsung menggunakan satu formula dibagi tiga variasi tekanan kompresi masing-masing yang menghasilkan kekerasan pada 3 kg, 6 kg dan 9 kg. Sebelum campuran serbuk dikempa dengan variasi tekanan kompresi, diuji waktu alir dan sudut diam. Setelah dikempa, kemudian diuji sifat fisik tablet yang meliputi : keseragaman bobot, kekerasan, kerapuhan dan waktu hancur tablet serta profil pelepasan tablet. Data kemudian dianalisis menggunakan uji statistik dan dibandingkan dengan parameter standar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi tekanan kompresi berpengaruh pada sifat fisis tablet meliputi kerapuhan, profil pelepasan dan waktu hancur tablet, dimana semakin tinggi tekanan kompresi semakin lama waktu hancur dan semakin rendah nilai kerapuhannya namun tidak berpengaruh pada keseragaman bobot

Full Text:

PDF
rticle

References


Aldeborn, G., Nystrom, C., 1996. Pharmaceutical Powder Compaction Technology, Marcel Dekker Inc, New York.

Ansel, H. C., 2008. Pengantar Bentuk Sediaan Farmasi, Diterjemahkan oleh Farida Ibrahim, ED IV, Universitas Indonesia, Jakarta.

Amrita B, Jagtap S, Rina M, Jain D, 2012. Development of directly compressible ascorbic acid tablets using novel excipients. Journal of Advanced Scientific Research 3.

Bandelin, F.J., 1980. Compressed Tablets by Wet Granulation. Dalam Lieberman H.A, Lachman, L., and Schartz, J.B. (Eds). Pharmecutical Dosage Form Tablet Vol.I Marcel Dekker, New York.

Banker, G. S., and Anderson, N. R., 1986. Tablet In The Theory and Practice of Industrial Pharmacy, Ed III, diterjemahkan oleh Siti Suyatmi, 643-704, UI- Press, Jakarta.

Banne, Yos, Selfie P. J Ulaen, dan Fifiliane Lombeng, 2012. Uji Kekerasan, Keregasan, Dan Waktu Hancur Beberapa Tablet Ranitidin, Jurnal Ilmiah Farmasi

Bolhuis, G.K. and Z.T. Chowhan, 1996. Material for Direct Compaction in:

Pharmaceutical Powder Compaction Technology, G. Alderborn and C. Nystrom (eds.), Marcel Dekker, Inc. Basel, New York

Depkes, 1995. Farmakope Indonesia Edisi IV, Depkes RI, Jakarta.

Harbir K., 2012. Processing Technologies for Pharmaceutical Tablet : A review. International research Journal of Pharamacy Vol 3 No 7.

Kemkes RI, 2016. farmasi fisik, http://bppsdmk.kemkes.go.id/pusdiksdmk/wpcontent/uploads/2017/08/Farmasi-Fisik-Komprehensif.pdf. Diakses 7 Juni 2018.

Lestari, Nova, 2013. Pengaruh Kondisi Penyimpanan Obat Terhadap Kualitas Tablet Vitamin C Di Puskesmas Kecamatan Pontianak Kota, Skripsi, Fakultas Kedokteran, Universitas Tanjungpura, Pontianak.

Parrot, E.L., 1980. Solid Dosage Form, In : Sprowl, J.B., editor, Prescription Pharmacy, 2nd ed, J.B Lippincott Company, Philadelpia.

Ramadhana, B., 2005. Analisis Disolusi dan Waktu Hancur Tablet Salut dan Non Salut Asam Mefenamat 500 , Tugas Akhir, Akademi Kimia Analisa, Bogor.

Rowe, R.C., Sheskey, P. J., and S.O. Owen., 2006. Handbook Of Pharmaceutical Excipients Fifth Edition, Pharmaceutical Press, London.

Siregar, C.J.P., & Wikarsa, S., 2010. Teknologi Farmasi Sediaan Tablet. EGC, Jakarta.

Sulaiman TNS, 2007. Teknologi dan Formulasi Sediaan Tablet, Laboratorium Teknologi Farmasi Fakultas Farmasi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Voigt, R., 1984. Buku Pelajaran Teknologi Farmasi Ed IV, diterjemahkan oleh Soendani Noerno Soewandhi, R., UGM Press, Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.