Pemberdayaan UMKM Fashion Berbasis Literasi Digital dan Media Branding di Syirka Ecoprint, Desa Cangkol, Kecamatan Mojolaban
Abstract
Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu sektor yang memiliki peran yang besar dalam menggerakkan perekonomian Negara Indonesia. Seiring berjalannya waktu, UMKM kini berkembang semakin luas hingga mencapai ke desa, salah satunya adalah Desa Cangkol. Syirka Ecoprint merupakan salah satu UMKM yang berfokus dalam memproduksi pakaian berbahan dasar alami tanpa menggunakan bahan yang merusak lingkungan. Literasi digital dan media branding menjadi permasalahan yang dihadapi oleh Syirka Ecoprint. Kelompok Hibah MBKM 1163 menghadirkan program seperti pelatihan produksi konten, pengelolaan akun media sosial dan e-commerce, rebranding serta pemaparan materi. Program bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pelaku UMKM dalam membuat konten & branding produk yang menarik dan memberikan kesan profesional. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam program ini meliputi survei dan identifikasi masalah, perancangan kegiatan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak dalam meningkatkan pemahaman mengenai literasi digital keterampilan pelaku UMKM, serta memperkuat strategi pemasaran dan branding produk mereka. Adanya program ini mampu memberikan manfaat bagi kemandirian ekonomi serta meningkatkan daya saing UMKM.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2006). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
BPS. (2024). Banyaknya UMKM Menurut Kriteria (Unit), 2022-2023, diakses melalui https://sukoharjokab.bps.go.id/id/statistics-table/2/MjAzIzI=/banyaknya-umkm-menurut-kriteria.html
Dharmmesta, B. S. (1999). LOYALITAS PELANGGAN: SEBUAH KAJIAN KONSEPTUAL SEBAGAI PANDUAN BAGI PENELITI. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, 14(3).
Fadillah, S. N., & Setyorini, R. (2021). ANALISIS IMPLEMENTASI STRATEGI CONTENT MARKETING DALAM MENCIPTAKAN CUSTOMER ENGAGEMENT DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM WAKAF DAARUT TAUHIID BANDUNG. MENARA Ilmu, 15(2), 100-116.
Fauzi, F., Antoni, D., & Suwarni, E. (2020). Women entrepreneurship in the developing country: The effects of financial and digital literacy on SMEs’ growth. Journal of Governance & Regulation, 9(4), 106-115. https://doi.org/10.22495/jgrv9i4art9
Kader, M. A. (2024). Digitalisasi UMKM Melalui Literasi Digital dan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kualitas Produk dan Volume Penjualan. Journal of Community Development, 5 (2), 349-362.
KADIN Indonesia. (2023). UMKM Indonesia, diakses melalui https://kadin.id/data-dan-statistik/umkm-indonesia/
Kasali, R. (2013). Camera Branding. Gramedia Pustaka Utama.
Kusumaningsih, S. (2021). Buku Panduan Marketplace. Jawa Timur: CV. Global Aksara Pres.
Lestari, Arsiyanti & Yenni, Siswantini. (2019). Social Media Branding Strategy in StartUp Business. Journal of Secretary and Business Administration, 3(1). 10.31104/jsab.v3i1.7
Mayasari, I., Haryanto, H. C., Hutagaol, O. D., Ramadhan, A. R., & Amir, I. (2023). Examining the Role of Social Media Marketing on Brand Love and Its Impact on Brand Centrality: The Study of Local Fashion Brands for the Millennials. Journal of Indonesian Economy and Business, 38(2), 147 -. https://doi.org/10.22146/jieb.v38i2.53642.
Naredia, S. P. (2024). Mengeja Kembali Desa di Solo Raya. Surakarta: Selaklali.
Naufal, H. A. (2021). LITERASI DIGITAL. Perspektif, 1(2), 195–202. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32
Noor, M. A. H. H., & Sriyono. (2024). Memberdayakan UMKM secara Global dengan Literasi Digital dan Strategi Ketahanan Finansial. Indonesian Journal of Law and Economics Review, 19(2). https://doi.org/10.21070/ijler.v19i2.1124
Saragih, J. F. L., Faradilla, A. J., Nasution, R. A., Adelina, D. F., Pitaloka, D., Amelia, B., & Dongoran, D. (2024). Menutup Kesenjangan Digital: Studi tentang Meningkatkan Kehidupan UMKM Melalui Literasi Digital. Jurnal Kolaboratif Sains, 7(5), 1788-1795.
Septinawati, P., Ekawati, T. O., Kusuma, Y. S., Laurenshia, D. V., & Astungkara, A. (2023). Pelatihan Pemasaran Digital Pada UMKM Di Desa Segaran Kecamatan Delanggu Kabupaten Klaten Jawa Tengah. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen, 2(3).
SI Desa. (2024). Data Indeks Desa Membangun (IDM) Kecamatan Mojolaban, Desa Cangkol, diakses melalui https://sidesa.jatengprov.go.id/pemkab/idmdes/33.11.08.2005
Suriadiman, N., Harimurti, D. A., & Andry. (2023). Pemanfaatan Literasi Digital Marketing Untuk Meningkatkan UMKM Penjualan Es Teh Anak Rantau Kota Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Inovasi Dan Teknologi Kepada Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.58794/jdt.v3i2.600
Susetyarsi. (2012). KEMASAN PRODUK DITINJAU DARI BAHAN KEMASAN, BENTUK KEMASAN DAN PELABELAN PADA KEMASAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK MINUMAN MIZONE DI KOTA SEMARANG. Jurnal STIE Semarang, 4(3), 19-28.
Triana, M. (2012). Media Massa dan Public Sphere. Jurnal Scentia Indonesia, 1(2).
Yanuarsari, R., Asmadi, I., Muchtar, H. S., & Sulastini, R. (2021). Peran Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dalam Meningkatkan Kemandirian Desa. Jurnal Basicedu, 5(6), 6307–6317. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1828.
Yuspin, W., Zuhdi, S., Prakoso, A. L., Putriana, F. A., & Ariyani, A. P. (2023). Increasing Community Legal Awareness Through Registration of Land Ownership Rights for the Cangkol Village Community. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 2(9), 719–732. https://doi.org/10.55927/jpmb.v2i9.5608
Refbacks
- There are currently no refbacks.