PELATIHAN RANGKAIAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA DAN AIR SEDERHANA PADA MATERI ENERGI BARU TERBARUKAN DI SDN 3 KISMOYOSO, BOYOLALI

Kiranda Dinata, Muhammad Dafa Kurniawan, Intan Dhewayani Kusumaningtyas, Nanda Putri Andrian, Shalli Dyangrosa Permatanurani Balqis, Devi Wulandari, Alifia Fitriana, Maulida Salsa Fi Armadina, Arlin Devia Ningrum, Rafikha Tuzz Zahro

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pembelajaran energi terbarukan pada siswa sekolah dasar melalui program pelatihan rangkaian sederhana dari pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) dan pembangkit listrik tenaga air (PLTA). Program pelatihan dilaksanakan di SD Negeri 3 Kismoyoso, Boyolali, dengan target pelatihan yakni siswa kelas VI. Pelatihan dilakukan selama 5 pertemuan dalam 3 pekan, terdiri dari pengenalan konsep, pemaparan materi, perakitan PLTS dan PLTA sederhana, serta pameran karya. Metode pelatihan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam penggunaan energi baru dan terbarukan (EBT). Evaluasi dilakukan menggunakan angket pretes dan postes dengan skala Guttman. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa tentang EBT, dari 23,15% pada pretes menjadi 87,22% pada postes, dengan peningkatan sebesar 64,07%. Penelitian ini menunjukkan bahwa program pelatihan interaktif berbasis proyek efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap energi terbarukan dan keterampilan teknis dalam merakit pembangkit listrik sederhana. Program ini diharapkan dapat menjadi awal yang strategis untuk dilanjutkan dalam rangka meningkatkan keterampilan siswa di bidang energi baru dan terbarukan.

Full Text:

PDF

References

Al Hakim, R. R. (2020). Model energi Indonesia, tinjauan potensi energi terbarukan untuk ketahanan energi di Indonesia: Sebuah ulasan. ANDASIH Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.57084/andasih.v1i1.374

Bhansali, A., Narasimhulu, N., Pérez de Prado, R., Divakarachari, P. B., & Narayan, D. L. (2023). A review on sustainable energy sources using machine learning and deep learning models. Energies, 16(17), 6236. https://doi.org/10.3390/en16176236

Corbos, R.-A., Bunea, O.-I., & Jiroveanu, D.-C. (2023). The effects of the energy crisis on the energy-saving behavior of young people. Energy Strategy Reviews, 49, 101184. https://doi.org/10.1016/j.esr.2023.101184

García-Ferrero, J., Merchán, R. P., Roco, J. M. M., Medina, A., & Santos, M. J. (2021). Towards a sustainable future through renewable energies at secondary school: An educational proposal. Sustainability, 13(22), 12904. https://doi.org/10.3390/su132212904

Haq, S. R., Dewi, R. M., Erfiandri, L., Kasih, P. H., & Ardian, A. (2022). Covid-19 and coal industry in Indonesia: A preliminary analysis. Jurnal Mineral, Energi, Dan Lingkungan, 5(2), 60. https://doi.org/10.31315/jmel.v5i2.6787

Herawati, A. (2023). Sosialisasi penggunaan sistem PLTS melalui pembuatan alat peraga instalasi sistem penerangan menggunakan panel surya untuk media pembelajaran energi terbarukan di SD Sab Mahira Bengkulu. Abdi Reksa, 4(1), 38–43. https://doi.org/10.33369/abdireksa.v4.i1.38-43

Logayah, D. S., Rahmawati, R. P., Hindami, D. Z., & Mustikasari, B. R. (2023). Krisis energi Uni Eropa: Tantangan dan peluang dalam menghadapi pasokan energi yang terbatas. Hasanuddin Journal of International Affairs, 3(2), 102–110. https://doi.org/10.31947/hjirs.v3i2.27052

Nurseto, T., Wahyuni, D., Baroroh, K., Ngadiyono, N., & Sulasmi, S. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Berbasis 4C1L untuk Kemandirian Riset Siswa SMAN 3 Yogyakarta. Jurnal Anugerah, 5(2), 219–231. https://doi.org/10.31629/anugerah.v5i2.6333

Poae, M., & Manangka, T. M. (2023). Kinerja tingkat pengembalian saham batu bara dalam isu krisis energi. Riset Akuntansi Dan Manajemen Pragmatis, 1(1), 18–27. https://doi.org/10.58784/ramp.76

Prayoga, B., Dinata, K., Zuhro, S., & ... (2024). Training on Arduino-based Automation Basics for Students of MA Al Madinah Boyolali. Dinamisia: Jurnal …, 8(1), 229–238. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/dinamisia.v8i1.18534

Tahir, A. H. (2023). Analisis strategi kebijakan ekonomi politik preventif Indonesia menghadapi krisis energi tahun 2021. MANDAR: Social Science Journal, 2(2), 61–80. https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/mandarssj/article/view/3254%0Ahttps://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/mandarssj/article/download/3254/1548

van Schuur, W. H. (2003). Mokken Scale Analysis: Between the Guttman Scale and Parametric Item Response Theory. Political Analysis, 11(2), 139–163. https://doi.org/10.1093/pan/mpg002

Waruwu, B. M. (2023). Krisis energi dan harga minyak stabilitas pasar dan dampak terhadap ekonomi dunia. Circle Archive, 1(2), 1–13. http://circle-archive.com/index.php/carc/article/view/42%0Ahttp://circle-archive.com/index.php/carc/article/download/42/46

Widodo, S., Ladyani, F., Asrianto, L. O., & ... (2023). Buku Ajar Metode Penelitian. CV Science Techno Direct.

Yao, Z., Lum, Y., Johnston, A., Mejia-Mendoza, L. M., Zhou, X., Wen, Y., Aspuru-Guzik, A., Sargent, E. H., & Seh, Z. W. (2022). Machine learning for a sustainable energy future. Nature Reviews Materials, 8(3), 202–215. https://doi.org/10.1038/s41578-022-00490-5

Refbacks

  • There are currently no refbacks.