Pemanfaatan Potensi Digitalisasi Melalui Literasi Digital Pada Masyarakat Desa Jeruksawit, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar

Eksa Rusdiyana

Abstract

Desa Jeruksawit merupakan terletak di Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar yang memiliki banyak potensi yang dapat ditingkatkan melalui konsep literasi digital. Potensi itu dapat dilihat dari sumber daya manusia serta UMKM yang bervariasi. Sayangnya potensi digitalisasi UMKM dan literasi digital masih rendah sehingga kegiatan pengabdian masyarakat melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 68 Universitas Sebelas Maret ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan praktek masyarakat terkait literasi digital serta digitalisasi potensi UMKM. Metode pelaksanaan kegiatan dilaksanakan dengan memilih kelompok mitra yaitu pelaku UMKM dan Karang Taruna, kegiatan dilaksanakan dalam bentuk sosialisasi dan pelatihan pemasaran digital serta bijak berkonten digita dengan menggunakan aplikasi yang mudah. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman mitra dalam menggunakan media digital untuk meningkatkan pemasaran produk UMKM serta peningkatan ketrampilan dalam pemanfaatan konten digital (pembuatan video, editing, dan upload) untuk pengenalan potensi desa maupun personal branding. 

Full Text:

PDF

References

Ahmad, I. F. (2022). Urgensi Literasi Digital di Indonesia pada Masa Pandemi COVID-19: Sebuah Tinjauan Sistematis. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 1–18. https://doi.org/10.14421/njpi.2022.v2i1-1

Al Umar, A. U. A., Savitri, A. S. N., Pradani, Y. S., Mutohar, & Khamid, N. (2021, Januari). Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Wujud Pengabdian Kepada Masyarakat Di Tengah Pandemi Covid-19(Studi Kasus Iain Salatiga Kkn 2021). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 01(01), 39-44.

Amaly, N., dan Armiah, A. 2021. Peran Kompetensi Literasi Digital Terhadap Konten Hoaks dalam Media Sosial. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 20(2), 43-52. DOI: http://dx.doi.org/10.18592/alhadharah.v20i2.6019

Amanda, M. (2022, Agustus 25). Sosialisasi Pentingnya Pembukuan UMKM di Desa Jeruksawit, Karanganyar. Kumparan.com. https://kumparan.com/marsella-amanda/sosialisasi-pentingnya-pembukuan-umkm-di-desa-jeruksawit-karanganyar-1yiQZbX5yVt/full

Candrasari, Y. C., Dyva Claretta, dan Sumardjiajti. (2020). Pengembangan Dan Pendampingan Literasi Digital UntukPeningkatan Kualitas Remaja Dalam Menggunakan Internet . Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 611-618. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i4.4003

Darmayanti, E. F., Thresia, F., Anggoro, D., Rahayu, S. R., & Kurniawan, A. (2022). Pendampingan Membatik dan Digitalisasi Marketing dalam Upaya Peningkatan dan Pengembangan Daya Tarik Wisata Di Desa Banjarrejo. SINAR SANG SURYA: Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat. 6(2), 293-299. DOI: http://dx.doi.org/10.24127/sss.v6i2.2184

Desi, Y. P. (2020). Gerakan literasi digital berbasis sekolah: Implementasi dan strategi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 17(1), 51-59. DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v17i1.3510

Husna, A. N., Yuliani, D., Rachmawati, T., Anggraini, D. E., Anwar, R., dan Utomo, R. (2021). Program literasi digital untuk pengembangan perpustakaan berbasis inklusi sosial di desa sedayu, muntilan, magelang. Community Empowerment, 6(2), 156-166. DOI: https://doi.org/10.31603/ce.4259

Istyanto, N. P., Nasrullah, M., Insani, R., Verdiana, Y. Q., Sa’diyah, R. A., & Emerulloh, M. D. (2022). Pemanfaatan Digitalisasi Untuk Mencetak Wirausaha Muda Di Sepanjang Asri Paska Pandemi Covid-19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(6), 4736-4744. DOI: https://doi.org/10.31764/jmm.v6i6.11109

Jaelani, J., dan Suhaemi, B. 2021. Digitalisasi Marketing Sebagai Strategi Dalam Meningkatkan Penjualan Umkm Di Desa Rancabango Pada Masa Pandemi Covid-19 . Proceedings Uin Sunan Gunung Djati Bandung, 1(23), 99–121. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/297

Kurnia, N., dan Astuti, S. I. (2017). Peta gerakan literasi digital di Indonesia: studi tentang pelaku, ragam kegiatan, kelompok sasaran dan mitra. Informasi, 47(2), 149-166.

Kurnianingsih, I., Rosini, R., & Ismayati, N. (2017). Upaya peningkatan kemampuan literasi digital bagi tenaga perpustakaan sekolah dan guru di wilayah Jakarta pusat melalui pelatihan literasi informasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 61-76.

Marpaung, A. P., Hafiz, M. S., Koto, M., dan Dari, W. 2021. Strategi Peningkatan Kapasitas Usaha Pada Umkm Melalui Digital Marketing. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan. Vol. 2(1): 294-300. DOI: http://dx.doi.org/10.30596%2Fsnk.v2i1.8273

Mustofa, M., & Budiwati, B. H. (2019). Proses Literasi Digital terhadap Anak: Tantangan Pendidikan di Zaman Now. Pustakaloka, 11(1), 114-130. DOI: https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v11i1.1619

Nasrulloh, M. U., Lailiyah, I. N., Ngaeni, K., Febriyanti, N., Nugroho, G. A., Ajji ZR, W. A., Khairudin, A., Imamah, I. A., Amelia, R., Agustina N., dan Suyono, N. A. 2023. Gandeng Para Remaja dalam Digitalisasi Pengembangan Pemasaran Produk UMKM di Desa Pucungbedug, Kecamatan Purwanegara, Kabupaten Banjarnegara Melalui Program “Muda Berkarya”. JIPM: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat, 1(1), 6–11. https://doi.org/10.55903/jipm.v1i1.24

Padilah, A. R., Khofifah, A. N., Izzulhaq, E. N., Natasya, S. N., Nisa, S. N., dan Khumaeroh, M. S. 2022. Strategi Pengembangan Umkm melalui Digitalisasi Promosi Produk di Desa Melati Wangi Rw. 08 Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung. Proceedings Uin Sunan Gunung Djati Bandung, 1(41), 91–103. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/710

Rumata, Vience Mutiara dan Dimas Aditya Nugraha,). (2020). Rendahnya tingkat perilaku digital ASN kementerian kominfo: Survei literasi digital pada instansi pemerintah. Jurnal Studi Komunikasi, 4(2), 467-484. https://doi.org/10.25139/jsk.v4i2.2230

Safitri, I., Marsidin, S., & Subandi, A. (2020). Analisis kebijakan terkait kebijakan literasi digital di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 176-180. DOI: 10.31004/edukatif.v2i2.123

Sari, N., & Andjasmara, T. C. (2023). Penanaman Tanaman Obat Keluarga (TOGA) untuk Mewujudkan Masyarakat Sehat. Jurnal Bina Desa, 5(1), 124-128.

Setiawan, B., & Fadillah, A. (2020). Pendampingan Penerapan Strategi Promosi Berbasis Digital Bagi UMKM Di Wilayah Kota Bogor. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 1(1), 29–36. https://doi.org/10.37641/jadkes.v1i1.320

Syardiansah. (2019). Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian Dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Manajemen (JIM), 07(01), 57-68.

Waslah, W., Ulum, M. F., Mardiana, A. M., dan Setiowati, H. (2023). Optimalisasi Era Digitalisasi Bagi Remaja untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Gabusbanaran Tembelang Jombang. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 13–15. https://doi.org/10.32764/abdimasekon.v4i1.3109

Wibowo, E. (2023). Inovasi Produk Dan Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Home Industry Kroso, Desa Jeruksawit, Kec Gondangrejo Karanganyar. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(1), 39-42.

Wijayanto, G., Jushermi, J., Restu, R., Pramadewi, A., & Rama, R. (2022). Pemulihan Ekonomi Pada Masa Pandemi Covid-19 Melalui Digitalisasi Markeing Pada Sektor UMKM. Jurnal Sosial Teknologi, 2(7), 630–635. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i7.378

Wijoyo, Hadion, Hamzah Vensuri, Widiyanti, Denok Sunarsi, Haudi, Dodi Prasada, Lily Setyawati Kristianti, Asep Muhammad Lutfi, Irfan Rizka Akbar dan Musnaini. 2020. Digitalisasi UMKM. Solok: ICM Publisher

Refbacks

  • There are currently no refbacks.