PEMANFAATAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA DALAM PENGEMBANGAN UMKM MBBAMBU, KARANGANYAR, JAWA TENGAH
Abstract
Menurut Kementrian Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (Kemenkop UMKM), UMKM merupakan salah satu penyumbang Produk Domestik Bruto atau PDB terbesar yakni 61,07% pada tahun 2021. Semakin berkembangnya era digital, UMKM memiliki potensi untuk tumbuh dan berkembang menjadi lebih maju. Pemanfaatan teknologi digital bagi kebanyakan pelaku UMKM belum dapat berjalan maksimal karena berbagai faktor seperti kurangnya waktu dan tenaga bagi pelaku UMKM untuk mengikuti perkembangan tren dan mempelajari penggunaan teknologi yang tepat guna. Untuk itu, KKN UNS 2023 memiliki program yang bertujuan membantu mengembangkan salah satu UMKM di Desa Plesungan, Karanganyar, Jawa Tengah. UMKM yang dituju yaitu MBBambu, salah satu UMKM yang fokus pada kerajinan bambu. Program KKN yang dijalankan terdiri dari serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan UMKM MBBambu dengan pemanfaatan teknologi tepat guna. Program tersebut dimulai dari tahap persiapan dan perencanaan seperti identifikasi target audiens, riset pasar, segmentasi pasar, dan penyusunan strategi. Selanjutnya, proses pelaksanaan mencakup pembaruan foto produk, pembuatan katalog produk, pengembangan online marketing, serta pembuatan website yang menampilkan profil dan katalog produk UMKM MBBambu. Hasil dari rangkaian program ini berupa pembenahan dan peluasan pemasaran UMKM MBBambu secara daring dengan teknologi tepat guna yaitu platform media sosial, website, dan e-commerce.
Full Text:
PDFReferences
BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SETDA ACEH. (2019). UMKM Harus Manfaatkan Teknologi Informasi agar Tak Kalah Saing. https://humas.acehprov.go.id/umkm-harus-manfaatkan-teknologi-informasi-agar-tak-kalah-saing/
Darmastuti, S., Juned, M., Ali, S., & Satrio, J. (2021). Pelatihan Pembuatan Konten Media Sosial dalam Strategi Marketing Bagi Karang Taruna Desa Panyirapan, Serang. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM), 1(3), 83-92. ISSN Online No. 2776-3765. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.
Gea, S. (2022). Pengaruh Segmentasi Pasar Terhadap Peningkatan Volume Penjualan. JAMANE : Jurnal Akuntansi, Manajemen, Dan Ekonomi, 1(1), 48–54. https://doi.org/10.56248/jamane.v1i1.12
Halim, A. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2), 157-172.
Limanseto, H. (2021). UMKM Menjadi Pilar Penting dalam Perekonomian Indonesia - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. Retrieved September 9, 2023, from https://ekon.go.id/publikasi/detail/2969/umkm-menjadi-pilar-penting-dalam-perekonomian-indonesia
Ningsih, Y., & Oemar, E. (2021). PERANCANGAN COMPANY PROFILE PT WIRADECON MULTI BERKAH SEBAGAI MEDIA PROMOSI. Barik - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 2(3), 97-110.
Noor Permadi, R., Retno Sari, M., & Prawitasari, N. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Platform Utama Pemasaran Produk UMKM. Avant Garde, Vol. 10(No. 01), 15-29.
Pribadi, D. A., et al. (2022). Pengembangan Application Programing Interface untuk Pemesanan Online Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Berdasarkan Radius Tertentu Menggunakan Metode Haversine Formula dan Metode Agile. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 7(1), 32-38. doi:10.32493/informatika.v7i1.15254.
Putra, A. H. (2016). Peran UMKM dalam Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Blora. Jurnal Analisa Sosiologi, 5(2), 40-52.
Putra, A. P. (2020). Efektivitas Terpaan Iklan Ads Instagram Tiket.com pada Pengguna Instagram Menggunakan Metode Pendekatan EPIC Model. Commercium, 02(02), 134-138.
Saragih, F., Harahap, R. D., & Nurlaila. (2023). Perkembangan UMKM Di Indonesia : Peran Pemahaman Akuntansi, Teknologi Informasi dan Sistem Informasi Akuntansi. Owner: Riset &Jurnal Akuntansi, 7(3), 2518-2527.
Refbacks
- There are currently no refbacks.