KULIAH KERJA NYATA (KKN): PENGABDIAN MASYARAKAT MELALUI KEGIATAN “PAHAM LITERASI DIGITAL, PACU DIGITALISASI UMKM” DI KAMPUNG BOTHOKAN

Triana Rejekiningsih, Yuvita Andriani Kusumadewi, Shaffina Alya Ainun Naim

Abstract

Digitalisasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu isu terkini pada UMKM di Indonesia, khususnya pada UMKM yang ada di Kampung Bothokan, Kelurahan Pajang, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Kelompok KKN 48 FKIP UNS 2023 melaksanakan program pengabdian masyarakat berupa sosialisasi untuk membantu masyarakat Kampung Bothokan dalam memahami literasi digital sehingga dapat memacu digitalisasi UMKM guna meningkatkan pemasaran secara digital. Kegiatan ini dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan observasi terus terang dan angket sebagai teknik pengumpulan data. Populasi pada kegiatan ini yaitu masyarakat Kampung Bothokan. Sampel yang digunakan diambil dari masyarakat Kampung Bothokan yang mengikuti kegiatan “Paham Literasi Digital, Pacu Digitalisasi UMKM” dengan menggunakan teknik purposive sampling. Kegiatan ini mampu meningkatkan daya pemasaran UMKM masyarakat Kampung Bothokan. Dampak dari kegiatan ini yaitu meningkatnya pemahaman masyarakat mengenai literasi digital dan memacu digitalisasi UMKM. Selain itu, kegiatan ini menumbuhkan motivasi dan ide masyarakat Kampung Bothokan dalam pengggunaan teknologi digital pada UMKM. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Kampung Bothokan.

Full Text:

PDF

References

Arisetyawan, K., Rachmawati, L., Nur, S., Anggrahi, A., Adha, N., Firmansyah, A. H., Ardini, C. A., & Adinata, A. (2023). Sosialisasi Digital Marketing UMKM Potensi Ekonomi Desa dalam Optimalisasi. 7(2), 239–247.

Desai, V. (2019). Digital Marketing: A Review. International Journal of Trend in Scientific Research and Development, Special Issue-FIIIIPM2019, 196–200. https://doi.org/10.31142/ijtsrd23100

Irianto, H., Viesta, A. Dela, Nugroho, A. T., Wahyuni, T., Prabowo, W. C., Hamid, I. N., Anufah, T. N., Permatasari, H. I., Salsabila, A., Sofyana, S., & Hardiyanti, F. Y. (2022). Digitalisasi UMKM sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran dan Penjualan Online di Desa Tengklik. Journal of Cooperative, Small and Medium Enterprise Development, 1(2), 60–64. https://doi.org/10.20961/cosmed.v1i2.66865

Santina, R. O., Hayati, F., & Oktariana, R. (2021). Analisis Peran Orangtua Dalam Mengatasi Perilaku Sibling Rivalry Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Mahasiswa …, 2(1), 1–13. file:///Users/ajc/Downloads/319-File Utama Naskah-423-1-10-20210810.pdf

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (11th ed.). Alfabeta.

Syamsudin, A. (2014). Pengembangan Instrumen Evaluasi Non Tes (Informal) untuk Menjaring Data Kualitatif Perkembangan Anak Usia Dini. In Jurnal Pendidikan Anak (Vol. 3, Issue 1). https://doi.org/10.21831/jpa.v3i1.2882

Wijoyo, H., Vensuri, H., Widiyanti, M., Sunarsi, D., Haudi, Prasada, D., Kristianti, L. S., Lutfi, A. M., & Akbar, I. R. (2020). Digitalisasi UMKM (R. Aminah (ed.); 1st ed., Issue 1). ICM Publisher.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.