PEMANFAATAN PROGRAM RUMAH CERDAS BAGI ANAK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KESADARAN URGENSI PENDIDIKAN DI KELUARAHAN BEJEN, KECAMATAN KARANGANYAR, KABUPATEN KARANGANYAR

Cantika Dita Kusuma, Aryanti Nurhidayati, Mahardika Sri Chanda Devi Sudhano

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan anak-anak TPA Al- Mukhlis di Lingkungan Wonorejo, Kelurahan Bejen, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar. Kegiatan pengabdian dilaksanakan melalui metode bermain dan belajar, memberikan materi, praktek pembelajaran, pendampingan belajar anak, serta evaluasi kegiatan. Anak-anak sangat antusias dan sangat aktif dalam kegiatan Rumah Cerdas ini, Bahkan banyak anak meminta penambahan jam didalam Rumah Cerdas ini, karena menurut mereka kegiatan Rumah Cerdas yang kami buat itu efektif dan meng-asikkan. Dampak dari kegiatan Rumah Cerdas ini adalah anak-anak mampu untuk mengkondisikan pikiran anak bahwa belajar itu menyenangkan dan asik serta mampu untuk mengkondisikan jam belajar anak secara rutin di luar jam sekolah. Kegiatan ini juga mampu meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan anak-anak TPA Al-Mukhlis dalam berfikir dan mempunyai banyak wawasan. Kegiatan Rumah Cerdas di TPA Al-Mukhlis ini sangat bermanfaat dan diharapkan dapat berkelanjutan. 

Full Text:

PDF

References

Afandi, A. (2020). Participatory Action Research (PAR) Metodologi Alternatif Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat Transformatif. In Workshop Pengabdian Berbasis Riset Di LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (Vol. 53, No. 9, pp. 1689-1699).

Oktariani, O., & Ekadiansyah, E. (2020). Peran literasi dalam pengembangan kemampuan berpikir kritis.Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi dan Kesehatan (J-P3K),1(1), 23-33.

Manurung, L. W., Sihotang, S., & Hasugian, E. V. (2022). Bimbingan Belajar Gratis sebagai Upaya Social-Distancing bagi Siswa di SMP Negeri 2 Lintong Nihuta. 3(April), 239–246.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.