PENDAMPINGAN DAN PENGAJARAN PEMBELAJARAN ANAK DI ERA PANDEMI UNTUK MENGHINDARI GENERASI YANG KURANG KOMPETEN

Fatimah Mufidza Zulhaina, Nur Ahmad Fauzan, Sahirul Alim Tri Wibowo

Abstract

Salah satu permasalahan pada kelurahan tipes, Surakarta pada pandemi covid-19 sekarang ini dalam lebih tepatnya pada bidang pendidikan, yakni kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan secara daring. Namun tidak semua anak dapat belajar secara mandiri di rumah, tentunya membutuhkan orang tua atau orang lain untuk mengajari. Sehingga diperlukan suatu pendampingan belajar untuk anak-anak sekolah agar materi yang diajarkan dapat dipahami. Pendampingan belajar merupakan kegiatan yang dapat berperan penting dalam membantu masyarakat di bidang pendidikan yang bertujuan untuk memfasilitasi anak-anak yang kesulitan belajar atau mengerjakan soal latihan dan memotivasi agar semangat dalam menimba ilmu. Sehingga diadakan kegiatan pendampingan belajar oleh KKN ini yang memiliki tujuan agar dapat membantu siswa yang kesulitan dalam belajar mandiri serta memotivasi siwa agar semangat dalam menimba ilmu. Kegiatan pendampingan belajar dilakukan secara langsung pada masyarakat kelurahan tipes jenjang sekolah dasar hingga sekolah menengah pertama.  Hasil dari pendampingan belajar ini anak-anak pada kelurahan tipes, surakarta antusias dlam mengikuti kegiatan tersebut.

Full Text:

PDF

References

Al Hakim, R. R. (2020). Pencegahan Penularan Covid-19 Berbasis Aplikasi Android Sebagai

Implementasi Kegiatan KKN Tematik Covid-19 di Sokanegara Purwokerto Banyumas.

Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 2(1): 7–13.

Anwas, O. M. (2011). Kuliah Kerja Nyata Tematik Pos Pemberdayaan Keluarga Sebagai Model

Pengabdian Masyarakat Di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(5): 565.

Cluver, L., et al. 2020. Parenting in a Time of COVID-19. The Lancet, 395(10231): 64.

Dewi, F.P., & Hadi, S. 2019. Peningkatan Pemahaman Masyarakat Terhadap Covid-19 di

BTN Griya Nugratama Cianjur Jawa Barat. Prosiding PKM-CSR, 2.: 648 – 651.

Handayani, T., Khasanah, H.N., dan Yoshinta, R. 2020. Pendampingan Belajar Di Rumah Bagi Siswa SD Terdampak COVID-19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1):107-115.

Lisnawati, E., Niardiansyah, Yuliana, L., dan Hasan,F. M.2020. Pendampingan Belajar Dengan Pendekatan Lingkungan Bagi Siswa SD Saat Pandemi COVID-19,Jurnal Bermasyarakat, 1(1):9-14

Milman, N. B. 2015. Distance Education. Journal of International Encylopedia of The Social & Behavioral Sciences, 2: 567-570.

Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Pahmi, S., Suciani, A., Yulianti, R., Putri, C.S., dan Sagita, T.2021. Pendampingan Belajar Di Masa Pandemi COVID-19 Untuk Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar Siswa Di Desa Gegerbitung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1): 55-59.

Prasetyo, S. D., & Suherlan, Y. (2020). KKN UNS Era Covid-19 di Rt 03 Rw 07 Desa Panjer

Kecamatan Kebumen. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–11.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.