PENDAMPINGAN BELAJAR CALISTUNG ANAK PRASEKOLAH DI PAUD PERMATA BUNDA DESA MALANGJIWAN
Abstract
Pendidikan anak usia dini merupakan suatu upaya pembinaan dalam bidang pendidikan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia lima tahun. Hal ini dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Melalui hal tersebut diharapkan anak memiliki kesiapan untuk memasuki pendidikan lebih lanjut. Pembinaan kepada anak prasekolah secara efektif yaitu pembelajaran yang mengutamakan bermain sambil belajar dan belajar sambil bermain. Pengenalan membaca, menulis, dan berhitung (Calistung) dilakukan melalui pendekatan yang sesuai dengan tahap perkembangan anak. Pendampingan belajar Calistung bertujuan untuk meningkatkan minat dan kemampuan membaca, menulis, dan berhitung bagi anak prasekolah yang ada di Desa Malangjiwan. Program ini berfokus pada pengenalan huruf, angka, membaca dan berhitung secara sederhana bagi anak prasekolah sebagai bekal awal untuk persiapan masuk ke sekolah dasar. Kegiatan pendampingan diadakan secara luring di PAUD Permata Bunda dengan beberapa kegiatan utama antara lain pengenalan huruf, angka, latihan menulis, latihan mewarnai, bernyanyi sambil belajar, melakukan aktivitas kreatif, serta bermain. Kegiatan pendampingan dilakukan dengan pendekatan dan metode ajar inovatif sehingga dapat membangkitkan semangat belajar anak serta membuat anak-anak mulai antusias belajar.
Full Text:
PDFReferences
Basilaia, G., & Kvavadze, D. 2020. “Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus (COVID-19) Pandemic in Georgia”. Pedagogical Research. 5(4)
Istiyani, D. 2013. Model Pembelajaran Membaca Menulis Menghitung (Calistung) Pada Anak Usia Dini di Kabupaten Pekalongan. Jurnal Penelitian. 10(1):1-18
Marlisa, R. 2016. Tuntutan Calistung Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. 1(3):25-38
Yuliani, N. S. 2016. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Permata Puri media
Yuliatun. 2015. Model Pendampingan Guru Terhadap Kemampuan Membaca Anak (Studi Kasus di Raudlatul Athfal Membaul Falah Sidoejo, Pamotan-Rembang). ThufuLA. 3(1)
Refbacks
- There are currently no refbacks.