PEMBELAJARAN INTERAKTIF SEBAGAI WUJUD OPTIMALISASI SISTEM PENDIDIKAN DI MASA PASCA-PANDEMI PADA ANAK-ANAK SEKOLAH DASAR DESA NGILIRAN, KEC. PANEKAN, KAB. MAGETAN
Abstract
Pengabdian masyarakat merupakan salah satu wujud penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 112 periode Juli-Agustus 2021 berupa kegiatan pembelajaran dengan sistem pembelajaran yang interaktif di masa pasca-pandemi COVID-19 pada anak-anak Sekolah Dasar Desa Ngiliran, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan. Pengabdian dilakukan sebagai upaya mengembalikan semangat belajar anak-anak Sekolah Dasar karena terdampak pandemi COVID-19 yang mengharuskan untuk belajar dengan sistem daring (online). Pengabdian ini bekerja sama dengan beberapa pihak, di antaranya SDN Ngiliran, Mushola Baitul Mutaqin Desa Ngiliran dan Masyarakat Desa Ngiliran. Pelaksanaan kegiatan meliputi pembelajaran kognitif di dalam kelas SDN Ngiliran, pendampingan TPA di Mushola Baitul Mutaqin dan pendampingan bimbingan belajar di posko KKN. Metode pelaksanaan dilakukan secara langsung (offline) dan mengoptimalkan kegiatan praktik dengan menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan dilakukan dengan menggunakan alat peraga seperti globe, buku cerita nabi, media menggambar dan alat-alat peraga lainnya yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran baik formal maupun informal. Dampak positif adanya pengabdian ini yaitu anak-anak SD bisa kembali merasakan pembelajaran tatap muka secara optimal dan lebih bersemangat dalam menuntut ilmu, baik ilmu yang didapatkan melalui pembelajaran formal di sekolah maupun ilmu agama melalui pembelajaran informal di luar sekolah selama masa pasca-pandemi COVID-19.
Full Text:
PDFReferences
Badan Pusat Statistik. (2019). Kecamatan Panekan dalam Angka 2019. Magetan. Retrieved from https://magetankab.bps.go.id/publication/2019/09/26/28e8c74ffb034a9a6d2b4e08/kecamatan-panekan-dalam-angka-2019.html
Fauziah, K. N. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Materi Fotografi untuk Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan Kelas XI Multimedia di SMKN 1 Godean (Universitas Negeri Yogyakarta). Universitas Negeri Yogyakarta. Retrieved from https://eprints.uny.ac.id/64777/4/4. Bab II.pdf
Kusmadi, D. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran dengan Pendekatan Pemecahan Masalah dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan Keterampilan Intelektual Siswa SLTP Bandung (Universitas Pendidikan Indonesia). Universitas Pendidikan Indonesia. Retrieved from http://repository.upi.edu/981/4/T_PK_999612_Chapter1.pdf
Lestari, N. A., Kandowangko, N., & Lasut, J. J. (2016). Peranan Pendidikan dalam Meningkatkan Kehidupan Ekonomi Keluarga di Desa Buhias Mantehage. Jurnal Acta Diurna Komunikasi, 5(5), 1–10.
Muhardi. (2000). Keterpaduan Unsur Lembaga, Dosen dan Mahasiswa pada Perguruan Tinggi. MIMBAR, Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 16(1), 63–82. https://doi.org/10.29313/mimbar.v16i1.8
Pemerintah Desa Ngiliran. Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa Tahun 2019-2020. , (2019).
Pemerintah Kab. Magetan. Peraturan Daerah Kabupaten Magetan Nomor 15 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Magetan Tahun 2012-2032. , (2012).
Republik Indonesia. UU No. 12 Nomor 2012 tentang Pendidikan Tinggi. , (2012). Indonesia.
Sudin. (2004). Pengabdian Kepada Masyarakat Bagi Perguruan Tinggi Agama Islam. Aplikasia, 5(2), 161–172. Retrieved from http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8310/1/SUDIN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT BAGI PERGURUAN TINGGIAGAMA ISLAM.pdf
Zulfiati, H. M. (2014). Peran dan Fungsi Guru Sekolah Dasar dalam Memajukan Dunia Pendidikan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 1(1), 1–4. https://doi.org/10.30738/trihayu.v1i1.63
Refbacks
- There are currently no refbacks.