PENYUSUNAN KARYA INOVASI GURU SEKOLAH DASAR
Abstract
Kemampuan guru sekolah dasar harus selalu ditingkatkan melalui pengembangan keprofesian, salah satunya melalui karya inovatif guru. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan penyusunan karya inovatif guru-guru Sekolah Dasar di wilayah Nogosari, Boyolali. Kegiatan pengabdian dilaksanakan melalui metode focus group discussion, pelatihan, praktek menyusun karya inovasi, pendampingan, serta evaluasi kegiatan. Partisipasi dan antusiame guru-guru sekolah dasar dalam kegiatan pengabdian ini sangat baik, kelompok guru telah berkontribusi secara aktif selama pelatihan dan pendampingan. Dampak dari kegiatan pelatihan ini adalah guru-guru sekolah dasar mampu meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan menyusun karya inovatif yang mencakup menemukan teknologi tepat guna, menemukan/menciptakan karya seni, membuat/memodifikasi alat pelajaran/peraga/ praktikum dan mengikuti pengembangan penyusunan standar, pedoman, soal, dan sejenisnya. Kegiatan pelatihan melalui penyusunan karya inovatif bagi guru ini sangat bermanfaat dan diharapkan dapat berkelanjutan.
Full Text:
PDFReferences
Pedoman Pelaksanaan PK Guru. Kemdiknas. Jakarta. 2011
Kemendiknas RI, Buku 1: Pedoman Pengelolaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Jakarta, 2011.
Permenegapan RB No. 16 tahun 2009. Jabatan fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Jakarta. 2010.
Permendiknas Nomor 35 tahun 2010. Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Jakarta. 2011
Asmarnis. 2016. Media dan Efektivitas Belajar SIswa Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Berdaya Saing Tinggi. Jurnal Zarah, 4(1), No 1, 34-46
Aghni, R.I. 2018. Fungsi dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. XVI, No. 1 (98-107)
Seprianty. 2016. Penggunaan Alat Peraga pada Mata Pelajaran IPA sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 6 Karang Tinggi. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 128-134
Rahmawati, L.H. 2020. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scientific Approach Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Semester Genap Kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 8(3) 504-515
Syafaruddin, dkk. 2012 Inovasi Pendidikan Suatu Analisis Terhadap Kebijakan Baru Pendidikan. Perdana Publishing
Refbacks
- There are currently no refbacks.