KULIAH KERJA NYATA (KKN) DALAM PEMANFAATAN PAPAN MULTIFUNGSI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIKA DI DESA COKROYASAN
Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat melalui KKN memiliki latar belakang yang dilihat dari pentingnya media pembelajaran sebagai salah satu alat. Alat tersebut digunakan untuk menyampaikan pesan pembelajaran yang berfungsi mempermudah siswa dalam memahami materi. Banyak media pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam memahami materi matematika khusunya materi FPB dan KPK, salah satunya yaitu papan multifungsi (MUSI). Tujuan program kerja pemanfaatan papan musi untuk anak- anak SD di Desa Cokroyasan adalah untuk mengenalkan papan musi sebagai media pembelajaran matematika, meningkatkan pemahaman anak-anak terhadap mata pelajaran matematika salah satunya materi FPB dan KPK, meningkatkan daya tarik dan motivasi belajar anak di masa pandemi, serta membantu anak- anak dalam membuat media pembelajaran matematika yang dapat mereka gunakaan saat belajar. Program kerja ini dilaksanakan menggunakan metode interaktif dengan jumlah peserta 12 anak SD di Desa Cokroyasan. Hasil dari program kerja pemanfaatan papan musi dalam pembelajaran matematika ini diperoleh rata-rata nilai post tes sebanyak 90,83. Terdapat 11 anak yang tuntas kriteria ketuntasan minimal (KKM) dan anak belum tuntas kriteria ketuntuasan minimal (KKM).
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, H., Sofiyan, dan Alpidsyah P. 2019. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi FPB dan KPK di SD Negeri 02 Langsa. Journal of Basic Education Studies, 2(1): 142-151.
Hidayat, A., Friska, Y., Anggraini, A., Syafi’I, M. T., & Kusumaningsih, A. 2020. Tingkat Pemahaman Numerik dan Keterampilan Berbicara Bahasa Asing Anak Didik Al-Kamilah. Prosiding Senantias 2020, 1(1), 749-758.
Wahid, Abdul. 2018. Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Istiqra’, V(2).
Yudhi, Prima. 2017. Analisis Kebutuhan Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Realistik Matematics Education (RME) pada Materi FPB dan KPK untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. XI (74): 146.
Refbacks
- There are currently no refbacks.