HOME INDUSTRY PEMBUATAN PRODUK OLAHAN PANGAN KERIPIK BAWANG DAN PEMASARAN DIGITAL

Sukatiman Sukatiman, Emy Dian Tari, Mega Septiana Putri, Monica Febrianti Dewi, Muhammad Baharuddin Daeng Sitaba, Prisna Dwi Herfiani, RA Ulva Oktaviany Putri Ayu W, Rohmah Pangesti Suci, Roni Adi, Udik Prasetyo, Zayu Wilis Ekamahareni

Abstract

Desa Campurdarat merupakan salah satu desa yang terletak di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Potensi yang ada di Desa Campurdarat kebanyakan merupakan hasil pertanian. Namun, hasil pertanian tersebut belum dikelola secara maksimal, salah satunya yaitu hasil panen bawang merah. Oleh karena itu, objek dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat ini adalah pengelolaan hasil panen bawang merah. Hasil panen bawang merah di Desa Campurdarat merupakan sumber daya yang potensial, namun dalam pengelolaan bawang merah sendiri belum ada inovasi di dalamnya. Maka, dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Membangun Desa Universitas Sebelas Maret ini bertujuan untuk mengembangkan inovasi pengelolaan hasil panen masyarakat Desa Campurdarat yaitu bawang merah menjadi produk olahan keripik bawang dan memberikan pengetahuan baru mengenai pemasaran digital melalui aplikasi Instagram dan Facebook untuk memasarkan produk olahan keripik bawang, serta menambah pengetahuan tentang pengemasan produk yang tepat. Hasil kegiatan Pengabdian Masyarakat KKN Membangun Desa ini menunjukkan bahwa sosialisasi tentang Home Industry Pembuatan Produk Olahan Pangan Keripik Bawang dan Pemasaran Digital ini menunjukkan masyarakat memiliki keinginan untuk mengembangkan kreativitas untuk mengelola potensi yang tersedia dan memanfaatkan media pemasaran digital dalam proses promosi serta penjualan.

Full Text:

PDF

References

Amri, M. A., Nurrismiyandini, A., Dewi, M. C., & ... (2021). Optimalisasi Pemanfaatan Sumber Daya Lokal Berbasis Pengolahan Pangan di Desa Mantingan, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati. Jurnal Pusat Inovasi …, 3(1), 1–11.

Kane, Allan. 2020. SOCIAL MEDIA MARKETING AND ONLINE BUSINESS 2021. Independently Published : USA

Kurniawati, D., & Arifin, N. (2015). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial dan Minat Beli Mahasiswa. Jurnal Simbolika, I, 193–198.

Mukhsin. (2019). Manfaat Penerapan Marketing Online (Menggunakan E-Commerce Dan Media Sosial) Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM). Teknokom, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31943/teknokom.v2i1.25

Nardi Sunardi, Sarwani, E. Nurzaman AM, Pranoto, dan R. Boedi Hasmanto. 2020. Peran Digital Marketing dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan UKM yang Berdampak pada Kesejahtraan Masyarakat di Kab. Purwakata di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat. 2(1): 58-67.

Rahayu, R., & Day, J. (2017). E-commerce adoption by SMEs in developing countries: evidence from Indonesia. Eurasian Business Review, 7(1), 25–41. https://doi.org/10.1007/s40821-016-0044-6

Tri Atmoko, dan Dedi Rianto Rahadi. 2021. ANALISIS PEMANFAATAN FACEBOOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI PRODUK PERUMAHAN PT. MANDIRI AGENCY PADA MASA PADEMI COVID-19. Jurnal DIMENSI, 10 (1) : 213-221

Wantoro, R. P. (2020). MEDIA INSTAGRAM DALAM KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE ( Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun Instagram @ askxorg ). 1–16.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.